Kalau saya biasanya mereview sebuah cafe atau restaurant yang memiliki interior 'wah', kali ini saya akan mereview cafe sederha...

Babap's Kitchen Hidden Gem Sukabumi yang Menggugah Seleramu

Kamis, April 21, 2016 Han Fauziyah 16 Comments

Babap's Kitchen Sukabumi

Kalau saya biasanya mereview sebuah cafe atau restaurant yang memiliki interior 'wah', kali ini saya akan mereview cafe sederhana di penjuru Kota Sukabumi-ku.. tempat kuliner yang benar-benar menjadi hidden gem luar biasa untuk pecinta kuliner seperti saya: BABAP'S KITCHEN.

Babap's Kitchen sebenarnya pertama berdiri itu tahun 2002, di sebuah sekolah menengah atas, yaitu SMA Negeri 3 Sukabumi, dan menamai dirinya 'Cafe'. Dulu belum memiliki tempat sendiri seperti saat ini dan bertahan di sekolah itu hingga tahun 2014, lalu tahun 2014 akhirnya mendirikan tempatnya dan berdiri sendiri tanpa instansi apapun.

Babap's Kitchen letaknya masih di pusat kota, namun tempatnya tidak mudah terlihat dari jalan raya besar, karena masuk daerah lagi, dan harus berjalan sekitar 100-200meter dari depan jalan raya ke dalam. Tidak ada Signboard menggantung yang terlihat di luar. Babap's tidak terlihat seperti tempat makan dari luar, karena tempatnya terhalangi oleh rimbunnya tanaman hijau. Babap's ini berada di suatu rumah yang di luar rumah itu benar-benar disulap untuk tempat makan sederhana.
Babap's mengusung tema kekeluargaan, dimana yang berkecimpung merupakan satu keluarga kecil, dan pengunjung pun diperlakukan seperti keluarga sendiri, bahkan biasa sekali untuk curhat disini. Saya pun salah satunya yang sering mengobrol tentang banyak hal dengan Om. Ah ya, saya dengar kalau Babap's Kitchen ini tidak menggunakan vetcin lho!

Babap's Kitchen Sukabumi
Om and I

Pemilik Babap's Kitchen adalah sepasang suami isteri, yang sering sekali dipanggil 'Om dan Tante' oleh para pengunjungnya (yang berawal dari para siswa SMAN 3), dan koki utama yang sangat handalnya adalah 'Om'. Nama asli om ini adalah Bia Subagja, dari sumber ternyata om ini seorang musisi legendaris di Sukabumi (country jack) lho.
Nah... Arti kata Babap itu sebenarnya panggilan om dari isteri dan anaknya, so Babap's Kitchen itu ya dapurnya Babap.
Om dan tante ini orangnya sangat humble, gahul dan mudah sekali akrab dengan anak muda, itulah mengapa om tenar sekali bagi kami (para alumnus SMAN 3), selain karena masakannya yang tooop, tapi juga karena karakter om yang mengenang sekali. Om pun memiliki kerjasama lho dengan pemilik K Viesta Cafe & Coffee House dalam pengadaan green bean coffee

HIDDEN GEM KU-SUKABUMI-KU


Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Kursi dan meja yang digunakan bermaterial kayu furnished. Penata ruangannya cukup, walaupun seperti terkesan sedikit berantakan disatu sudut tertentu, tapi sama sekali tidak mengganggu pengunjung. Untuk sanitasinya sendiri cukup bersih. Langit-langit atapnya terbuat dari bilik dan sudah mulai lapuk, karena bangunannya memang bangunan lama.

Di Babap's akan melihat beberapa kepala hewan seperti banteng, dan kerbau menghiasi dinding dan tiang, yang konon semua pajangan ini diberikan oleh para orangtua siswa SMAN 3. Kamu pun akan melihat beberapa foto anak-anak OSIS/MPK dan hasil-hasil lukisan siswa SMAN 3. Menu yang disediakan ditulis di black board menggunakan kapur, dan menu yang paling diandalkan pun ditulis di black board.

Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Dapur Babap's bisa jelas terlihat, Untuk penataan dapurnya memang terlihat agak sedikit berantakan tapi.... dari sinilah tercium aroma benar-benaaaar haruuuuum dan menggoda panca inderamuu. Ini sungguh! Setiap om masak bersama anaknya, sebari memesan menu atau menunggu pesana kita hadir, akan tercium sekali aroma terenaaaak yang hampir di hidungmu. Ini momen paling top kalau saya makan di sini, karena setiap kali om masak, saya selalu menutup mata dan menikmati setiap aroma yang tercipta.. jawaaara pokoknya!


KEUNIKAN MENU BABAP'S


Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Di Babap's tidak ada buku menu, adanya dalam bentuk seperti itu, dan itu pun hanya ada satu, tidak disediakan permeja.
Menu yang disediakan benar-benar unik dan tidak biasa, setidaknya sejauh ini baru di Babap's menyediakan menu seperti sup jahe, mie regor, macaronet, dan kepo (ini seriusan nama menunya). Selain menunya unik, babap's pun memberikan nama-nama menu yang unik juga, seperti kepo, ceker legoy (yang artinya lada bagoooooyyyy), dan optimus prime. Untuk harganya semuaaaa murah! Under  IDR 23k, dengan range untuk makanan IDR 10k - 22k, dan minuman IDR 4k - 18k.
Seriously, benar-benar amaze sekali.. harga murah dan makanannyaaaaaaaaaa beraroma enak sekali, kalau ke sini siap-siap saja perutmu menggelinjang hebat >.<

Babap's Kitchen Sukabumi

Hainan Chicken Rice


Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Hainan chicken rice merupakan salah satu makanan yang berasal dari Negeri China. Ini salah satu menu terbaru Babap's. Hainan chicken rice ini  aromanya benar-benarrrr enaaaaaaaaaaaaak sekali dan lembuuut!!! Di sajikan bersama kuah gurih dari bawang bombay dan bawang daun (foto kuah ada di foto makanan pertama), kecap (terbuat dari kecap manis-asin-dan inggris), dan veggie (ketimun). Visualnya pun oke. Kualitas ayam dan timunnya pun sangat baiiik.
Nasinya digoreng dengan kecap inggris, dan rasanya gurih-manis, rich sekali,, benar-benar enaaaak!!!!! Ayam yang digunakan merupakan bagian dada, dan terasa gurih.. yang paling jawara itu disaat saya mencampur kecap itu ke atas daging ayamnya... mantap!! RECOMMENDED!

Price: IDR 22k
Rating: 4/5

Mie Goku


Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Porsi untuk mie goku ini lumayan banyak, dengan kuah kental dan tambahan topping seperti sosis, veggie (sechim), baso dan irisan bawang bombay. Untuk mie goku ini bisa diatur kepedasannya. Looks yummy sekaliii..
Sosis yang digunakan tidak sembarangan lho, sosisnya bermerek dan berkualitas baik. Mienya kenyal dan empuuuk dan bentuknya agak lebar, well untuk rasa mie goku ini rasanya enak, gurih dan sedikit pedas, untuk saya yang penyuka pedas, level kepedasannya masih kurang hahaha. 


Price: IDR 17k
Rating 3/5

Pancake Salt


Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Menu yang menggugah panca indera lainnya yaitu pancake salt ini atau pancake asin. Really delicious one. Dari jaman saya sekolah, ini salah satu menu favorit saya (selain mie regor, macaronet, dan panchor). Visualnya sudah berubah dari jaman saya umur belasan hahaha, dulu bentuknya tidak digulung seperti ini, hanya dilipat dua dan diberi saus di atasnya berbentuk smile, really cute.. tapi sekarang mengingat pelanggan setia om pun sudah beranjak dewasa semua, om membuatnya lebih 'sesuai umur' hahhahaah.
Pancake asinnya benar-benar haruuuum sekali, sebelum saya memakannya saya benar-benar tergila-gila dengan aromanya sampai sayang untuk dimakan hahhaa. Pancakenya memiliki tekstur yang sangat lembut, diberikan lelehan (sepertinya) mentega, saus dan mayonnaise di atasnya. Di dalam pancakenya diisi dengan keju. Rasanya gurih dan creamy, enaaaak sekali! RECOMMENDED!

Price: IDR 18k
Rating: 4/5

Babap's Herbal Tea


Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's herbal tea ini paling enak diminum kalau cuaca dingin dan perut sedang bermasalah. Terbuat dari rempah-rempah Indonesia seperti sereh, jahe, kayu manis, star (?), dan kapulaga. Rasa manisnya pas dan ada rasa sedikit pahit.. herbal tea ini benar-benar menenangkan perut. Ini minuman favorit saya kalau saya mampir ke sini, tapi tahun lalu sepertinya disajikan dalam gelas lebih besar... 

Price: IDR 12k
Rating: 4/5

Optimus Prime



Babap's Kitchen Sukabumi

Babap's Kitchen Sukabumi

Selain hainan chicken rice, menu terbaru lainnya yaitu optimus prime! Keren sekali kan namanya? visualnya pun super awesome! Optimus prime ini minuman cokelat, dan diberikan kitkat cokelat, ice cream cokelat-strawberry-vanilla... disajikan dalam gelas berukuran besar... SUPER MANTAB!
Rasa manisnya pas, tidak bikin saya eneeeg, benar-benar enak pokoknya! RECOMMENDED!

Price: IDR 18k
Rating: 4/5

Sago Mango



Babap's Kitchen Sukabumi

Minuman jawara lainnya yang bikin saya akhirnya tergiur memesan sebagai penutup kuliner malam itu: Sago Mango.. berkat ngeces lihat meja-meja di sebelah memesan ini, saya dan teman terbaik saya ikut memesan (maaf kami memang gampang ecesan >.<).
Visualnya benar-benar yum! Perpaduan warna kuning muda-orange-dan-putih. Sago mango ini diberikan jelly berbentuk bulat. Teksturnya kental, rasanya asaam, sedikit gurih (saya menebak ada sedikit tambahan santan hmm) dan segaaar sekali! RECOMMENDED!

Price: IDR 12k
Rating: 4/5





Sebenarnya saya sudah mencoba hampir semua menu seperti macaronet, panchor, sup jahe, pancake manis, mie regor, dan ceker legoy. Semuanya enaaaak! Tapi karena tidak ada dokumentasinya, saya akan ke sana lagi demi kalian (ini sih bohong, ini doyan aja) :p



Tax: 0%
Service: *****
Sanitasi ruang: ***
Sanitasi pekerja: ***
Halal: Belum dilabeli HALAL MUI
NO PORK and NO HAM





Nah sekian dulu kuliner dari Sukabumi ini. Sampai jumpa di kuliner kuliner selanjutnyaaaaaaa, CHU~









BABAP'S KITCHEN
Jl. Gotong Royong No. 16 (Bhayangkara) - Sukabumi
OPENING HOURS: 11.00 - 21.00 WIB (Senin tutup)
Telp: 0857-93-888-390 (Menerima Catering Service)
TWITTER
INSTAGRAM

16 komentar :

  1. Fotonya meuni menggiurkan semuanyah, ahai
    Optimus primenya sampek tumpe tumpe itu yg di dalem herbal tea rempahnya banyak banget, pas buat ujan2 ni
    Berhuhung aku ga suka nasi hainan kayanya yg menarik tuk dicicip mie gokunya ^______^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Optimus primenya jawaaaraaa emang, saking banyaknya tumpeh tumpeh ke mana mana hihi. Waaah sayang sekali ga suka nasi hainan >.< padahaaaal enak sekali. Mie gokunya pun layak buat dicobaaa kok!

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. wah tempatnya hommies banget deh mbak, foto makananya juga menggiurkan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanannya pun aslinya benar benar menggiurkan lhooo~

      Hapus
  3. Gilaaa makin keren gini reviewnya, sampe ada sejarahnya juga lah =))

    Udah bisa ngajuin proposal nih untuk bisa review tempat makan yang nantinya beberapa menu bakal bisa di free-kan teh!

    Ada juga profesi blogger yang review hotel, yang nantinya dia bisa tinggal disitu free.

    Ini ada tipsnya mungkin dari sini. http://www.keluargabiru.com/2016/03/tips-menginap-gratis-di-hotel.html

    Selamat mencoba, dan harus cobain pokonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAH ADAM! Lama tak bersuaaaa! Baru aja mau ngeline kamu lho, dari kemarin ga sempet terus. Huhu

      Wehee belum sehebat review para blogger lain kok. Masih amatiran nih.

      Duh kalau yang kayak gitu sih biasanya harus yang udah terkenal reviewnya bagus dan pageviewnya udah tinggi, Dam.

      Itu linknya??? Wah nanti aku cek deh pas online di laptop hihi.
      Makasih banyak daaam!

      Hapus
    2. Wah kebetulan gini ya, ada yang menggerakan jari saya buat komen disini, udah rejeki kali yah xD

      Harus pede sih kalau kata saya, dan kalau nunggu page view mah seakan (di atas langit masih ada langit) cobain aja mending.

      Hapus
    3. Kekekeke emangnya pernah mampir seblumnya dan jadi silent reader?

      Iya sih bener hahahaha. Tapi aku selalu ditarget postingan aja sih minimal 1 tiap bulan (target awal sih seminggu 1 postingan lol).
      Aku cek malam ini linknya yaaa

      Hapus
  4. Nama menunya keren-keren banget!
    Mie goku-nya keliatan kayak mie golosor (?)
    Tapi apa itu nggak rebutan kalau menunya cuma ada satu dan nggak ada bukunya?
    Kedengerannya udah kayak kantin SMA 3 gitu XD
    Kalau niat banget sih Babap's kitchen ini sebenernya bisa jadi tempat hits. Makanannya udah keren banget.. Tempatnya keliatannya masih terbatas. Emang butuh modal gede, ya. Coba aja ada investor yang liat dan bentukin tim yang asyik selain Babap, istrinya dan anaknya~
    Tapi ya ini pilihan mereka kali ya.. Jadi sederhana!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekeke itu bukan mie golosor, kayak macem mie yang mirip mirip lebarnya kayak kwetiaw tapi warna mienya kuning puceeett (mengingat mie golosor kan kuniiing sekali warnanya).
      Ga rebutan sama sekali lho menunya hahaha, soalnya tiap ada pengunjung yang dateng dan duduk, menunya itu langsung dikasih ke pengunjung baru Lol.
      Benar, kalau bisa didekor dengam sangat ciamik, dijamin tempatnya ngehits bangeeet... dibuat sederhana seperti itu aja pengunjungnya udah banyak (bahkan pernah sampai jam 12 malam) :)

      Hapus
  5. Yang star itu namanya bunga lawang. Pajangannya lucu-lucu banget, deh. Jadi pengen memiliki hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah akhirnya tahu namanya hahaha. Terima kasih mbak Myra sudah dibenarkan ;D
      Pajangannya emang lucu lucu apalagi yang topeng :)

      Hapus
  6. ngeliat herbal tea nya kok jadi pingin terbang kesana ya? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooo terbang ke sini, aku siap jadi culinary guidenyaaaa kekekee

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...