Halo.. Saya mau review makan siang kemarin (maaf baru sempat posting sekarang >.<).  Hmm... awalnya saya mencari ayam Crispi daer...

Ayam Buhun dengan Bumbu Rempah Indonesia

Minggu, Agustus 23, 2015 Han Fauziyah 0 Comments

Halo..
Saya mau review makan siang kemarin (maaf baru sempat posting sekarang >.<). 
Hmm... awalnya saya mencari ayam Crispi daerah Jl. Sindangsirna, ternyata hari Sabtu jadwalnya tutup. Akhirnya saat balik arah saya melihat kedai kecil yang menjual "Ayam Buhun, Ayam Panggang Bumbu Rempah" di Balighonya.
Dikarenakan sudah sangat lapar, waktu sudah menunjukan pukul 12.00 WIB, dan perut keroncongan dari pagi dikarenakan tidak sarapan... akhirnya belok ke kedai kecil Ayam Buhun itu.





KEDAI KECIL DI KOTA BANDUNG


Tempatnya kecil, hanya memiliki 1 bangku panjang dan satu meja panjang di dalamnya, dan 2 bangku panjang di luar. Tempatnya di desain dengan sangat biasa, beberapa sertifikat "Ayam Buhun" dipajang di dinding, lalu ada kaca berbentuk persegi panjang di dinding, sehingga pelanggan bisa berkaca sebelum/sesudah makan.
Dapur untuk mengolahnya pun kita dapat melihatnya, dengan ukuran kecil yang hanya disekat oleh papan dan hiasan lukisan.
Saat saya ke sana mereka masih menyiapkan bumbu. Untuk sanitasinya sendiri hmmmmm cukup dan penataan ruanganya tidak tertata.



AYAM BUHUN, ENDEEES!
Mari kita pesan~~


Menunya tidak dalam bentuk buku tapi ditempel di kaca dan hanya selembar kertas HVS putih, dan beberapa list menu serta harganya, tanpa keterangan foto.

Untuk harganya lumayan, untuk sepotong bagian ayam paha/dada dihargai IDR 15k (belum termasuk nasi ya). Akhirnya saya memesan Ayam Panggang Buhun dan Ayam Buhun Goreng Kriuk


Di kedai ini menggunakan piring rotan dan diberi kertas nasi seperti itu, ada lalapan yang terdiri dari ketimun, potongan tomat dan kol. Untuk sambalnya ditaruh dalam wadah ukuran kecil terbuat dari kayu.

Untuk lalapan yang dipakai, kualitasnya baik, karena masih segar dan tidak memiliki cacat dalam fisiknya maupun terkontaminasi dari mikrobiologi (dalam artian tidak busuk).

Nah sekarang ayo kita review ayam buhun goreng kriuknya ~~~



Pertama saya nyobain itu kriuknya.. kriuknya enyaaaak banget, teksturnya garing, renyah dan gurih! Saya pun tergoda icip ayam gorengnya. Duuh ayam gorengnya pun enaaak! Tekstur dagingnya empuk, benar-benar matang (tidak ada darah yang terlihat pada daging), terasa bumbunya sampai ke dalamnyaaaa! Sedaaap sekali.
Dalam pengolahan ayam sebelum digoreng, di buhun ayamnya terlebih dahulu diberi bumbu seperti rempah bawang merah dll. Sehingga ketika digoreng bumbunya sudah meresap ke dalamnya.

Rating: 4/5



Nah ini adalah ayam buhun panggang pilihan saya.
Pertama yang saya cicip itu karamelnya. Aaaarrghhhh ini super endeees! Tekstur karamelnya sangat kental, warnanya merah tua-kehitaman, rasanya sangaaat enak dan banyak sekali terasa rempah-rempah di dalam karamelnya, rasa karamelnya pun terasaaa pedassnyaa (untuk kepedasan memang bisa request). Karamelnya dibalur ke seluruh bagian paha ayam ini, saya excited sekali melihat ayam saya penuh dengan karamel seperti ini.
Ayamnya pun dipanggang dengan sangat baik, benar-benar empuuuuuk dan matangnya full! Bumbunya pun meresap ke daging ayamnya. Nyam.... nyam..

Rating : 4,2/5


Nah ini dia sambalnya!!!
Sambal yang digunakan ini adalah sambal terasi, disini disebut dengan sambal dadak. Sambelnya memiliki tingkat kepedasan yang luar biasaa! Saya menyerah memakan sambal ini karena perut saya tidak akan kuat. Tapi saya memang mencoba sedikit. Sambalnya enaak, karena tingkat pedesnya ini malah membuat makan menjadi lebih lahap dan enak.

Rating : 4/5



Sanitasi Ruang: ***
Sanitasi Pekerja: ***
Service: ****
Halal: Belum Dilabeli MUI


Akhirnya saya menemukan kedai sederhana dengan cita rasa luar biasa, enedees dan top markotop!!
Saya nanti akan memposting lagi tempat makan sederhana lainnya yang pernah saya kunjungi sebelumnya.
See you~~











AYAM PANGGANG BUMBU REMPAH KARUHUN
Jl. Sindang Sirna I No. 576, Bandung
Telp : 085774763762

0 komentar :

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...