Hai hai.. Kali ini saya akan membuat posting 'no kuliner' lagi. Tapi masih tetap tentang food. Post ini saya buat untuk kesehat...

Manfaat Minuman Air Seledri Untuk Ginjal

Selasa, September 15, 2015 Han Fauziyah 62 Comments

Hai hai..
Kali ini saya akan membuat posting 'no kuliner' lagi. Tapi masih tetap tentang food.
Post ini saya buat untuk kesehatan.
Sesekali saya buat posting kayak gini tidak apa kan? Soalnya kuliner terus pun harus tetap mementingkan kesehatan dan menambah wawasan hehe :)

Sebenarnya ada kebiasaan di keluarga saya itu minum "daun herbal", untuk mengobati dan pencegahan berbagai penyakit. Keluarga saya jaraaaang sekali mengkonsumsi obat-obatan, lebih memilih minum air putih yang banyak, vitamin C, susu dan air rebusan daun herbal.

Ada beberapa yang mau saya share, tapi berhubung foto di ponsel saya cuma minuman daun seledri, jadi saya baru bisa share ini dulu ya :D
Untuk selanjutnya saya pasti akan share di blog ini.



TENTANG SELEDRI




Seledri (Apium graveolens L) merupakan sayur dan tanaman obat yang biasanya dipakai untuk memasak (contohnya pada sop, baso dll). Seledri ini berasal dari Eropa Selatan, dan sekarang sudah ada dimana-mana.

Kandungan
Seledri ini memiliki senyawa kandungan utama yaitu butilidftalida yang merupakan pembawa aroma utama (makanya seledri aromanya harum sekali).
Kandungan lainnya adakah? TENTU SAJA!
Kandungan seledri sangaaaat banyak sekali! Menurut BPOM (2008) menyatakan seledri mengandung flavonoid senyawa apiin, apigenin, luteolin 7-O-apiosil, fenol, isoquersetin, saponin, umbiliferon, mannite, inosite, asparagin, glutamine, kolin, provitamin A (karotenoid), vitamin C, dan vitamin B.


Fungsi Dari Kandungan Seledri
FLAVONOID merupakan sekelompok besar antioksidan. Fungsi flavonoid itu untuk antioksidan, anti inflamasi, meningkatkan efektifitas vitamin C, mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit aterosklorosis (radang pembuluh darah akibat penumpukan plak ateromatus) dll.
Flavonoid itu banyak jenisnya, seperti jenis di atas, ada apigenin, apiin, fenol dll. Bedanya apa? Bedanya di struktur badannya dan fungsi yang dikhususkan.
Misalnya apigenin untuk pengobatan radang selaput lendir di hidung dan tenggorokan.

Minuman Fungsional
Nah untuk mengkonsumsi seledri ini, bisa langsung dimakan atau diolah lagi seperti dibuat minuman.
Jika sudah dibuat minuman ini disebut dengan 'Minuman Fungsional'.

Minuman Fungsional itu apa???
Minuman yang mengandung unsur-unsur zat gizi atau non zat gizi dan jika dikonsumsi dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh. Minuman fungsional merupakan jenis pangan atau produk pangan yang memiliki ciri-ciri fungsional sehingga berperan dalam perlindungan atau pencegahan, pengobatan terhadap penyakit, peningkatan kinerja fungsi tubuh optimal, dan memperlambat proses penuaan (Sumber 1).





MINUMAN SELEDRI

Well., Saya membuat minum seledri ini karena adik saya tiba-tiba membeli 2 ikat seledri saat belanja di Toserba dan ternyata sampai di rumah dia langsung mengolahnya menjadi minuman seledri.


NAH ini dia langkah membuat minuman seledri!!!

Proses yang dilakukan:
1. Ambil seikat tanaman seledri
2. Potong bagian akar tanaman seledri (atau potong setengah bagian dari tanaman seledri)
3. Bersihkan daun seledri dengan air mengalir, sisihkan
4. Ambil panci dan tambahkan air 5-6 gelas ukuran sedang
5. Masukan seledri ke dalamnya
6. Rebus daun seledri hingga mendidih
7. Ambil airnya, lalu tiriskan hingga dingin
8. Minumlah 1 gelas/hari

Lho tidak pake gula pasir? NO!
Tidak usah. Sungguh. Jika untuk kesehatan cobalah untuk meminumnya dalam rasa asli daun tsb.



dan.... inilah visualnya









Minuman daun seledri ini warnanya 'Dark Sea Green', tidak keruh (tidak ada partikel-partikel yang mengapung). Minuman ini encer, tidak kental sedikitpun. Aromanya khas seledriiii sekali dan agak pekat. Untuk rasanya tidak pahit, tidak bikin mual dan sedikit hambar.



MANFAATNYA MINUMANNYA APA?
Setelah adik saya minum malam hari, manfaatnya langsung dirasakan. Adik saya sebelum minum ini tidak bisa Buang Air Besar selama 3 hari, dia pun orang yang jarang sekali minum air putih jadi jarang mengalami Buang Air Kecil.

Nah setelah minum ini, semalaman dia terus buang air kecil, dalam semalam dia buang air kecil hingga 5x, lalu pagi harinya pencernaannya lancar~, dia bisa Buang Air Besar dan perutnya terasa ringan dan nyaman.
Ini merupakan efek yang langsung dirasakan adik saya.

Saya pun minum segelas, pencernaan saya lancar saat itu, jadi setelah saya minum efek yang saya rasakan berbeda. Saya merasakan perut saya lebih dingin dan tidak panas (saat itu saya dalam kondisi perut terus sakit perut). Karena saya tipe yang sering minum dan agak beser, jadi saat minum ini saya tidak terasa perubahan signifikan karena memang saya sering sekali ke kamar mandi >.<


MANFAAT MENURUT SUMBER:
  • Jika minum 1 gelas sehari, minuman daun seledri ini akan membantu mengurangi racun yang menumpuk dan keluar melalui air seni kita. Selain itu seledri memiliki efek pencahar alami, untuk meringankan sembelit. Sehingga dapat membantu mengendurkan urat saraf yang sudah bekerja terlalu keras dalam pencernaanya. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman. Hal bermanfaat selanjutnya adalah efek diuretik dari seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu. (Sumber: Disini


DIURENTIK???? APA ITU?
Diurentik adalah obat yang memungkinkan ginjal untuk mengekskresikan urin lebih banyak, sehingga mengubah keseimbangan cairan sedemikian rupa sehingga volume cairan ekstra sel kembali menjadi normal.

  • Magnesium dan zat besi yang terkandung dalam seledri bermanfaat memberi gizi pada sel darah, membersihkan dan membuang deposit lemak, dan membuang sisa metabolisme yang menumpuk (Sumber: 2)

HANYA ITU MANFAATNYA? ADA YANG LAIN?
Yup. Ada.
  • Menurut hasil penelitian, dapat menurunkan tekanan darah (hipertensi) setelah diberi minuman seledri 2x sehari selama 21 hari. (Sumber: 3)


Banyak sekali bukan manfaatnya??
Sesekali cobalah membuat minuman fungsional ini di rumah, dan utamakan kesehatanmu. Sehat itu sebenarnya murah kok, kita hanya perlu memanfaatkan sumber dari alam dan mengkonsumsinya setiap hari.





Silahkan dicoba ya :)
Ayo hidup sehat serba herbal dari sekarang~



















Sumber:
1. Sampoerno dan Ferdiaz, 2001. Kebijakan dan pengembangan pangan fungsional dan suplemen di Indonesia. Prosiding Seminar nasional Pangan Tradisional basis bagi industri pangan fungsional dan suplemen. Jakarta
2. Bangun, A.P. 2004 Menangkal Penyakit Dengan Jus Buah Dan Sayuran. Jakarta PT. Agro Media Pustaka
3. Harminlah., dan Ekwantini R.D,. 2010-2014. Jus Seledri (Apium graveolens) Menurunkan Tekanan Darah Tikus Rattus Strain wistar Dengan Hipertensi. Yogyakarta. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

62 komentar :

  1. seledri banyak manfaatnya, ya. Sayangnays aya gak kuat kalau sama seledri. Pasti langsung sakit kepala, deh. Walopun cuma mencium aromanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,, itu selalu kayak gitu ya kalau berhadapan sama seledri? Makan bakso ga pernah pake seledri dong ya? *eh. Untuk manfaatnya sih sebenernya bisa pakai alternatif bahan lain kalau tujuannya buat pencernaan hihihi :)

      Hapus
  2. aku sih sukaaa sama seledri tapi kalau di bubur atau bakso, ngga tau nih kalau dibuat minum gini
    jadi pengen coba deh, banyak manfaatnya yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun awalnya memaksakan minum ini lho hahaha. Sampai merem-merem minumnya, tapi ternyata ga seekstrim minum rebusan jahe lhoo :p
      Ayooo dicobaaaa~~ :D

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Mbaaa.. Masih sering minum air rebusan seledri ga? Aku ga minum daun seledri jadi susah kencing. Itu diminum seumur hidup boleh ga mba kira2?

    BalasHapus
  5. Enter your comment...Aku pernah cek darah di lab... creatininku 1.1 trus aku minum air seledri selama tiga hari doang, tiap pagi 1 gelas. dan dah seminggu aku cek darah lagi, Alhamdulillah ternyata creatininku turun jadi 0,9...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah alhamdulilaaah!!!! Berarti ada pengaruh yang baik ya. Terima kasih sudah mampir dan mencobanya

      Hapus
    2. Creatinin suami sy 1,7.apa bisa turun lg klo minum rebusan daun seledri??
      Apa klo kita rutin minum rebusan daun seledri bisa menyebab kan darah rendah mjs

      Hapus
    3. Creatinin suami sy 1,7.apa bisa turun lg klo minum rebusan daun seledri??
      Apa klo kita rutin minum rebusan daun seledri bisa menyebab kan darah rendah mjs

      Hapus
  6. wah rumahnya asik banget langsung pemandangan alam

    BalasHapus
  7. seledri memang terbukti sangat baik untuk ginjal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon jawaban nya suami sy 1bulan lalu cek lep creatinin nya 1,9.minum obat tmbh fitamin dokter.kemaren cek lep lg.creatinin ny 1,7.tp minum obat terus tiap hri.klo minum rebusan daun seledri apa bisa turun lg.apa boleh minum rebusan daun seledri sambil minum obat dokter.klo minum air seledri tiap hr bisa membuat drh jd rendah.dan jd bahaya.mks info nya.

      Hapus
    2. Mohon jawaban nya suami sy 1bulan lalu cek lep creatinin nya 1,9.minum obat tmbh fitamin dokter.kemaren cek lep lg.creatinin ny 1,7.tp minum obat terus tiap hri.klo minum rebusan daun seledri apa bisa turun lg.apa boleh minum rebusan daun seledri sambil minum obat dokter.klo minum air seledri tiap hr bisa membuat drh jd rendah.dan jd bahaya.mks info nya.

      Hapus
  8. Apa bisa menghancurkan batu ginjal yang sudah besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau batu ginjal bisa dicoba merebus daun tempuyung. sudah ada penelitiannya bagus untuk batu ginjal. diminum selama sebulan, 2 gelas setiap hari. tidak diberikan gula. saat hancur nanti saat buang air kecil akan keluar melalui urin dan ada bercak seperti kapur, yang menandakan batunya keluar melalui serpihan :)

      Hapus
  9. Klo bolh tau minumnya sblm mkn ap sesudah,, jam makanberapa kira"
    Trs ibrat satu iket seledri airnya berapa,, buat ibu ggl injln mohon inponya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin sih saya sebelum makan... karena rasanya tidak asam dan sepat. jadi insya allah tidak ganggu magh, karena saya memiliki magh...
      di atas sudah dijelaskan.. 1 ikat saya pakai 5-6 gelas ukuran sedang. atau untuk ukuran gelasnya bisa diukur sendiri :)
      barangkali ingin tidak terlalu pekat... atau ingin sangat pekat..

      Hapus
  10. Maaf.....tpi pernah saya buat rebusan seledri...tapi warnanya ko agak coklat seperti teh.....apakah itu berpengaruh pada kasiat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau terlalu lama didiamkan bisa jadi memang jadi cokelat, soalnya daun sirsak pun warna awal agak hijau didiamkan jadi cokelat pekat. karena sudah ada kontak dengan udara dan Itu karena efek salah satu kandungan dari seledrinya, jika tidak salah karena saponin dan flavonoid.
      tidak ada pengaruhnya. masih sama kok berkhasiat.

      Hapus
    2. Saya juga rebus seledri warnanya coklat kaya teh

      Hapus
  11. Boleh nggak minumnya sesudah makan sebelum tidur

    BalasHapus
  12. Mbak mau nanya seikat seledri itu kira2 brp batang?
    Dan kalau di konsumsi pagi hari sblm minum air putih atau sesudah minum air putih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ga pernah hitung batang. ya kira-kira kamu saja itu maunya pakai berapa. feelingnya jalan aja.
      boleh sesudah atau sebelum.

      Hapus
  13. Mbak mau nanya seikat seledri itu kira2 brp batang?
    Dan kalau di konsumsi pagi hari sblm minum air putih atau sesudah minum air putih?

    BalasHapus
  14. Pagi mba, mana yg efeknya lebih baik. Diblender jadi jus seledri atau direbus jadi ramuan rebusan seledri? Terima kadih

    BalasHapus
  15. Apakah tdk ad efek samping bola terus minum daun seledri

    BalasHapus
  16. iya ga ada efek samping nya y mba

    BalasHapus
  17. Papa saya sdh cuci darah 2 kali tp utk menurunin orium creatininnyaa dan klu control berikutnya creatininnya turun maka gak cuci darah lagi...
    Yg mau sy tnya yg sdh cuci darah bs gak minum rebusan seledri?
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok untuk di coba minumin..saya jg punya pengalaman tmn harus cuci darah, dia minum obat yg dibeli dr riau. Dan hasilnya alhamdulillah, gak perlu cuci darah lg

      Hapus
  18. Kalau minum dijus dan dicampur dengan tomat dan wortel gimana? Terimakasih

    BalasHapus
  19. Mba setelqh minum air rebusan seledri trsbt..brp jam kemudian bisa di cek kembali kadar asam urat nya dalam hitungan jam atau hari

    BalasHapus
  20. Mba setelqh minum air rebusan seledri trsbt..brp jam kemudian bisa di cek kembali kadar asam urat nya dalam hitungan jam atau hari

    BalasHapus
  21. Aku minum rebusan daun selesri rh buang air kecil nya KO berbusa ITU kenspa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu efek racun yg di kluarkan melalui urine..

      Hapus
  22. Sy jg konsumsi rebusan daun seledri pagi dan mlm hri, pdahal sblmx susah bnget BAB, infeksi saluran kemih trus perut sering skit sm pnggang dan tekanan jg sring naik, alhamdulillah skrng udah membaik 🤗

    BalasHapus
  23. Kl tekanan darah lagi rendah boleh ga minum ramuan ini

    BalasHapus
  24. Kaki sy sering terasa sakit dan agak bengkak
    Bagian pingang pun suka terasa nyeri
    Yg sy rasakan ini apa mengarah k gijalkah

    BalasHapus
  25. kenapa ya setelah saya minum air rebusan seledri malam hari saya kencing mengeluarkan darah kemudian vagina terasa nyeri sampai skrg setiap kencing terus ada darahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu mah..lebih baik konsultasi dokter mb

      Hapus
  26. Bismillah.... Semoga dg mengkonsumsi air rebusan daun seledri kita semuanya dapat diberikan kesehatan oleh Allah SWT.
    Aamin yarobal alamin 🙏

    BalasHapus
  27. Mba saya mau tanya, bapak saya terkena batu ginjal tpi masih gejala saja. Apakah bisa daun sledri ini di minum? Klo bisa Brapa kali minumnya nnti mba?

    BalasHapus
  28. Mba saya mau tanya, bapak saya terkena batu ginjal tapi msih gejala saja dan tensi. Apakh daun sledri ini bisa di minum? Klo bisa brapa kali minumnya?

    BalasHapus
  29. Saya sudah sering minum,cuman sekedar share pengalaman aja,rasa.nya emg bener hambar cuman aroma.nya yg gak enak, jadi cara saya minum,biasa.nya saya sambil liat trailer film action di youtube ssambil minum.ny,jadi bisa mengalihkan aromanya..wkwkwk

    BalasHapus
  30. rasanya kaya minum semangkok kuah bakso... wkwkwk

    BalasHapus
  31. Apkh rebusan daun seledri bs untuk obti ginjal bengkak

    BalasHapus
  32. Air rebusan seledri yg sudah di.masak lgs di masuk kan ke kulkas untuk di minum tiap hati
    Pagi harisa saya minum air yg dr kulkas tersebut perut saya kok jd agak mual dan perih ya ?
    Knapa ?

    BalasHapus
  33. Mbak saya punya darah rendah boleh g minum air seledrinya

    BalasHapus
  34. Saya punya penyakit mag bolehkan minum rebusan daun seledri

    BalasHapus
  35. Mba sy punya riwayat gerd dan darah tinggi. Brpa kali minum rebusan sendri dlam sehari...... Baru bisa normal darahnya minum smpai brpa hari......

    BalasHapus
  36. Sya mau tanya,kenapa rebusan air seledri yang tdinya warna hijau pekat brubah jdi warna agak kuning,stelah dismpan selama 4 hari didalam kulkas,apakah itu tidak apa2 untuk ttap d konsumsi,,,,terimakasih

    BalasHapus

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...