GRAND OPENING MARGONDA Coffee Toffee membuka cabangnya di Depok, dibuka akhir Maret 2017. Saya diundang untuk mengikuti grand opening...

Grand Opening Coffee Toffee Margonda Depok

Thursday, May 18, 2017 Han Fauziyah 7 Comments


GRAND OPENING MARGONDA


Coffee Toffee membuka cabangnya di Depok, dibuka akhir Maret 2017. Saya diundang untuk mengikuti grand openingnya, Lalu tulisan ini baru sempat saya bereskan setelah 5 minggu menjadi draft karena kurangnya foto interiornya huhu. Akhirnya memilih untuk membereskan saja tanpa foto interiornya >.<

Coffee Toffee pertama berdiri sejak tahun 2005/2006 dibawah manufactur PT Coffee Toffee Indonesia. Pertama didirikan itu di kota Surabaya oleh Bapak Odi Anindito. Bermula dari kedai kecil di pinggir Surabaya yang menjual kopi takeaway, hingga sekarang menjadi puluhan cabang dimana-mana, salah satunya Margonda Depok.


Coffee Toffee memiliki mutu kopi grade A, dan selalu konsisten menyuguhkan kopi lokal alias dari Indonesia saja, dengan biji kopi andalannya yaitu Arabika. Semua biji kopinya sendiri bermacam-macam asalnya, dari Flores Bajawa, Bali Kintamani, Sulawesi Toraja, Sumatra Gayo, Jawa (contoh: Malabar Bandung) dll. 

Tingkat pemanggangan biji kopinya rata-rata medium. Body yang dihasilkannya yaitu: medium, good dan heavy.
Flavor yang dihasilkan setiap biji kopi setiap daerahpun ternyata macam-macam lho, ada rich flavor, tobacco, citrus. Tingkat keasamannya pun rata-rata medium acid.
Aroma setiap biji kopinya pun beraneka ragam, ada sweet soft, chocolate, smooth aroma (seperti herbal) dll.
Menarik bangetkan? Ternyata biji kopi dari setiap inchi negeri Indonesia ini, memberikan hasil kopi yang sangat beragam!! Super amazing!

Kopi yang disajikan macam-macam pilihannya, dari mulai blended, ice coffee, coffee latte, hot coffee dll. Selain kopi pun menyajikan juga chocolate, green tea, teh dll. Harganya kisaran IDR 18k - 30k.


COFFEEPEDIA



In Frame: Me

Salah satu acara yang diadakan Coffee Tofee kemarin salah satunya yaitu Coffeepedia, dimana kita akan diajarkan cara menyuguhkan kopi, dari mulai takarannya dll.
Ternyata.... bukan hanya biji kopi, tingkat pemanggangan biji kopinya saja yang menentukan hasil kopinya... tapi dari cara penyuguhan, alat penyeduhan, air yang terlalu mendidih beserta jumlah takaran airnya pun dapat memberikan hasil body yang berbeda lho, bisa terlalu heavy body atau medium.

Kemarin saya membuat kopi dengan takaran 24 gram bubuk kopi, lalu air panas dengan jumlah (kalau tidak salah ingat) 200ml. Proses penyeduhannya menggunakan kertas saring tebal yang khusus. Saat proses penyeduhan, kopi sudah di dalam tempatnya, dan saya hanya menuangkan air panasnya sebanyak 2x penyeduhan. Saat proses penyeduhan kertas saring harus selalu basah dan tidak boleh hingga kering, air pertama penyeduhannya itu saya lupa berapa takarannya (maaf >.<v) , setelah penyeduhan lalu tunggu 30dtk, kemudian dilanjutkan penyeduhan kedua.. penyeduhan kedua itu jumlah air lebih sedikit dari penyeduhan pertama bertujuan agar hasil body lebih pekat. So.. jumlah total air yang digunakan yaitu 200ml.
Hasil pertama kopi yang saya dicicipi oleh pecinta Kopi yang bisa banget bedain tesktur dan aroma kopi.. dan katanya kopi yang saya buat ternyata punya body yang terlalu heavy. Hahahahaha.

FOOD EUFORIA



Selain kopi, Coffee Toffee pun menyediakan makanan, ada western dan Indonesia. Dari mulai makanan berat hingga ringan. Snack-snack pendamping ngopi pun lumayan banyak disediakan. Harganya sendiri dari range IDR 15k - 50k.




Ketiga makanan di atas yaitu: Chicken Curly (IDR 32-34k), Beef Samosa (IDR 24-26k), dan Chicken Quesadillas (IDR 35-36k).
Saya hanya mencoba chicken curly dan beef samosanya saja.

Chicken Curlynya menurut saya, terlalu banyak tepung... jadi ayamnya sendiri tidak terasa, dan kurang gurih dan hambar :(
Beef Samosanya... ENAAAAK!! Saya suka teksturnya yang padat, penuh daging, dan terasa banget bumbunya!
Chicken Quesadillas, kata teman saya ini lebih enak dari beef samosa lhooo~~~ chickennya berasa dan nagih!

Setelah mampir ke Coffee Toffee dari mulai cabang di Sukabumi, sekarang depok.. saya selalu suka dengan kopinya!!! Greenteanya pun enak!!

Selamat Ya Coffee Toffee!!
Atas dibukanya cabang baru Margonda!

See you guys in another post!




COFFEE TOFFEE MARGONDA
Jl. Margonda Raya No. 432 - Depok
OPENING HOURS: Everyday - 10AM-10PM

7 comments :

  1. Selalu menarik kalau cerita tentang kopi. Karena di Indonesia, punya banyak macam kopi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu menarik pula mbak untuk dicicipi setiap kopinya :D

      Delete
  2. baru ngeh ternyata makanan yang disediain banyak yaa -_- aku keasikan ngobrol sampe ga nyicipin haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaahhahahahahhha seriusan ga nyicipin sama sekali??? Ya ampoooooooooonnn >.<

      Delete
  3. wah ada kopi favorit saya disitu, Linthong Sumatera :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah favoritnya kopi sumateranya. aku belum cobaaa malah :(

      Delete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...