Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons.  voucher mataharimall  dan ha...

Kendalikan Menu Makanmu Di Tanggal Tua

Friday, May 20, 2016 Han Fauziyah 35 Comments

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi


Disaat mengarungi kehidupan, kita akan menemukan hal tentang hidup dan permasalahan hidup yang dialami sendiri atau dialami orang lain. Setiap manusia memiliki pertahanan diri yang berbeda, tameng kasat mata manusia sudah terbuat dari sejak lahir dan ada pula yang dibentuk sendiri tanpa sadar atau sadar.
Terbentuk tameng bawaan lahir itu seperti adanya sistem imun yang mengalir di tubuh kita.. melawan racun-racun dan hal-hal yang dianggap asing yang akan melukai diri kita. Tameng kedua dalam hidup dibentuk karena sudah mengalami banyak cerita hidup sehingga diri sendiri membentuk pertahanan sekuat-kuatnya

Pertahanan diri akan terbentuk jika sudah mengalami sesuatu yang disebut 'bencana'..... seperti halnya tanggal tua. Tanggal tua.... tanggal tua...... direpeat berkali-kali........ rasanya benar-benar mengerikan, tanggal tua adalah 'bencana' internal yang semua kepala di penjuru Indonesia bahkan Dunia pasti mengalaminya. Tanggal dimana hari menuju gajian masihlah lama atau hari menuju uang bulanan masihlah menunggu pasrah diujung jalan minta dijemput... atau menunggu uang jajan dari Suami yang benar-benar masih lama ditemui.

Menceritakan tanggal tua, seperti menceritakan Mantan, ngenesnya terasa.. tapi ujungnya masih dikenang *ehem...
Tanggal tua biasanya mulai dirasakan 10-14 hari sebelum akhir bulan. Penghemat uang mulai terjadi, karena dompet dan isi tabungan mulai mengalami krisis moneter. Tingkat penghematan semakin ekstrim ketika mendekati seminggu akhir bulan..
Untuk anak kostan seperti saya, yang merantau ke Ibu Kota,.. dan mengalami sauna setiap hari... melewati 'krisis moneter' akibat tanggal tua tidaklah mudah. Rasanya selalu ingin kembali ke rumah dan berlindung ke ketiak emak. Tapi kalau mengingat umur dan ini waktunya mulai meraih mimpi... tentulah harus bertahan sekalipun tanggal tua selalu mencoba memporak porandakan pertahanan hidup.

KENDALIKAN MENU MAKANMU SAAT INI!

1. CEMILAN



Sebelum menemui tanggal tua, rasanya masih bisa melakukan banyak hal.. seperti membeli setumpuk novel, bisa kuliner di 1-3 tempat makan seperti Cafe atau Food Court, nonton Ada Apa Dengan Cinta 2 di Bioskop yang baru saja dilakukan...... dan bisa order kue kering favorit yang bisa dinikmati dikala membaca buku. Pada akhirnya akan menginjak tanggal di angka kepala 2 sudah semakin berhati-hati.
Saya adalah orang yang suka sekali ngemil, dan agak bahaya kalau harus beli cemilan tiap hari. PENGHEMATAN harus mulai terjadi.. termasuk MENGHEMAT SEGALA CEMILAN yang bersarang di Kostan. Biasanya cemilan bisa habis dalam 1 hari, cemilan di tanggal tua harus bertahan hingga 3-5 hari. HEMAT... HEMAAAATT...........

Membeli cemilan pun akhirnya harus memiliki aturan.. disaat tanggal sudah mulai masuk tanggal tua, belilah cemilan yang isinya banyak, berat... namun MURAH (wajib under IDR10k)! Kalau tidak menemukan, saya memilih untuk tidak membeli cemilan.. dan uangnya disisihkan untuk hal lain. Dengan hati yang menahan ingin cemilan.. tapi.... ya.............. anggaplah sedang diet >.<


2. MENU MAKAN MURAH MERIAH


Nasi Goreng - IDR 12k
Di tanggal tua, menu harus berubah agar pengeluaran merosot drastis dan dompet tetap terisi walaupun tidak berisi lembaran warna biru dan pink lagi hmm. Menu makan yang pasti diincar anak kostan seperti saya saat tanggal tua adalah: 1. Tempat Makan Pinggir Jalan. Kenapa? Karena pasti MURAAH BOS! Salah satu makanan yang jadi inceran mata, hidung dan perut itu adalah Nasi Goreng. Aroma bumbunya yang memporak porandakan nafsu makan yang liar, berhasil menuntun kaki hingga belok ke arah abang-abang nasi goreng. Sepiring nasi goreng yang porsinya banyak seperti gunung hanya dibandrol 12.000 rupiah saja dan mampu memenuhi rongga-rongga perut dan tidak mengalami kelaparan sepanjang malam. Tempat makan pinggir jalan biasanya membandrol harga under 15.000 rupiah/porsi.


Nasi Bakar IDR 5k

Makanan pinggir jalan pun berlaku ketika pecarian harta karun sarapan. Mencari makanan murah tapi tidak membahayakan perut (karena saya punya maag kronis hmmm), dan..... JENG JENG..... saya menemukan penjual 'Nasi Bakar' di Jakarta.. di Kota saya Sukabumi ini disebut dengan nasi leumeung. You know what... it's kinda crazy karena harganya yang hanya 5.000 rupiah mameeenn!! Boleh saja harga murah tapi nasi bakarnya ini dibuat padat, harum dan tentu saja sudah dicampur lauk sesuai keinginan seperti ayam, cumi, atau ikan peda. Saya bisa menghabiskan 1-2 bungkus. Really cheap!! Selain nasi bakar ini, biasanya di tanggal tua saya sarapan Nasi Uduk pinggir jalan yang harganya hanya 8.000 rupiah, itu sudah ditambah telor balado lho hihi.
Saya ngga berani mencari makan di atas 12.000 rupiah jika sudah tanggal tua >.<

Mencari makan murah meriah di tengah hiruk pikuk Jakarta yang terasa seperti sauna dan biaya hidup yang besar tidaklah mudah, hmmm... saya pernah mengalami kebobolan uang karena makan sepiring kangkung (ukuran small) dihargai hampir 20k. Sedih....
Bersyukur sekali akhirnya ada tempat makan yang mempermudah pencarian makanan murah meriaaaaahhhh! Ayo kita sambut dengan penuh histeriiis: 2. Warteg !!!

Menu Warteg
Warteg selalu dan pasti memiliki pilihan makanan yang beragam dan menggoda. Harganya tentu saja MURAH MURAH MURAAAAAHHHHHH! Hohhoho. Di tanggal tua, eksistensi makanan warteg selalu mengisi diary kehidupan makanan sehari-hari, dari terbit matahari di Timur hingga say good bye di Barat. Begitulah arti Warteg untuk saya yang mengalami krisis hebat di tanggal tua. Saya bersyukur Warteg dekat kostan memiliki sanitasi yang terpercaya, dan makanannya bersih dan tidak diacak-acak, ya kau tahu pasti makanan diacak-acak mudah basi >.<
Carilah Warteg yang bersih dan makanannya enak. Itulah prinsip saya sejak menjadi anak kostan terlantar di Kota Seberang.

Menu Warteg 1 - IDR 9-10k

Menu Warteg 2 - IDR 11k
Di Wartegpun saya masih bisa lebih menghemat lagi, dengan memilih lauk seperti sayur saja, nasi satu porsi (karena harganya beda sedikit dengan setengah porsi).. dan minum air mineral atau teh tawar gratis. Minta kuah dan sambal agar nasi lebih enak, apalagi jika hanya memilih satu lauk saja, ini membantu sekali. Teh tawar biasanya memang gratis, saya akan minta refill jika diperlukan.. karena harganya tetap saja gratis hoho.
Lauk seperti telor asin, kikil dan soto ayam di Warteg harganya masih waras untuk dompet, tagihan tidak pernah lebih dari 12.000 rupiah. Isi dompet aman, perut tenang beberapa jam ke depan.

3. PUASA FEAT DIET


Menu Sahur
Tanggal tua mendadak membuat saya menjadi wanita shalehah, karena jadi rajin puasa padahal uang  memang sudah menipis oke ehem saya bercanda, saya sering melakukan puasa di setiap tanggal tua, entah itu membayar hutang puasa atau puasa sunnah. Tujuan pertamanya memang untuk berniat puasa, kedua bisa menghemat pengeluaran yang tidak mudah dikendalikan karena nafsu yang buas akibat ingin belanja sana-sini, jadi puasa benar-benar menekan ego dan nafsu liar saya itu. Ketiga...... puasa bisa dilakukan untuk diet. Ya tanggal muda sudah dengan sangat berjasa menambah lemak di setiap sisi perut depan-belakang-kanan-kiri, dan mengisi bagian-bagian lemak paha, betis dan pipi. Terima kasih tanggal muda, secara senonoh menambah lemak yang tidak diinginkan! akhirnya tanggal tua ini menyelamatkan bentuk tubuh yang buncit menjadi sedikit lebih seksi normal dan proporsional.
Menu sahur yang paling dikonsumsi di tanggal tua adalah roti tawar. Tiga potong roti tawar+selai strawberry. Ini merupakan metode penghematan, karena 1 bungkus roti isi 10 lembar roti hanya 11.000 rupiah, bisa dipakai untuk sahur sekitar 3x sahur, dan selai strawberry satu jar bisa digunakan selama sebulan lebih dengan harganya hanya 15.000 rupiah hohoho

4. MIE MIE ... MIE



Hi menu Tanggal Tua!
Menu paling mujarab dan selalu hadir disetiap tanggal tua adalah olahan terigu ini, yup... MIE. Mie salah satu menu paling sering dijumpai anak kostan jika dompet sudah mengalami stroke berat sedangkan sabun mandi dan pasta sudah habis. Mie pasti akan dikencani jika sudah menginjak tanggal 23-29.. luar biasa sekali popularitas mie ini di jagat raya tanggal tua anak kostan >.< culture yag sulit dilepaskan apalagi dilupakan. Saya anaknya genk mie banget, dan tanggal tua membuat saya semakin setia mengkonsumsi mie.

5. EMPAT SEHAT, LIMA (SELALU) SEMPURNA


Dopping Vitamin dari Pisang - IDR 2k

Hal yang sering saya lakukan di tanggal tua adalah tetap menerapkan empat sehat lima (selalu) sempurna. Saya tetap mengkonsumsi buah yaitu pisang yang dapat dijumpai di warteg, dengan harga yang hanya 2000 rupiah/buah. Biasanya saya selalu beli 1-2 buah perhari, walaupun tidak mengkonsumsi setiap hari tapi setidaknya tetap mengkonsumsi.
Susu pun tidak terlupakan, dengan susu yang saya minum harus mengandung banyak sekali vitamin dan mineral dengan harga yang biasanya dibeli kisaran 3500-7000rupiah/kotak atau perkaleng.

Konsumsi buah dan susu dapat membantu meningkatkan kadar vitamin dan mineral dalam tubuh, apalagi kedua zat itu merupakan hal minor yang masuk tubuh. Hal ini bertujuan agar badan tetap sehat, tidak sakit. Ya bayangkan saja jika ditanggal tua harus sakit, berarti harus membeli obat.. dan uang harus terkuras.. ya kalau ada uang sih masih bersyukur, bagaimana jika sudah tidak ada? Hmmmm...........
Pada akhirnya menghindari pengurasan uang karena obat-obatan. Apalagi saya tipe yang tidak mau mengkonsumsi bahan kimia hmmm....


FAKTOR LAIN DI TANGGAL TUA

Setiap hal pasti memiliki pengaruh terhadap faktor lain, itu sulit dipungkiri... ya seperti misalkan selingkuh berakibat ke faktor lain yaitu ketahuan kemudian ditinggalkan lalu menyesal... syukuriin ajaaa *eh
Sama halnya seperti mengendalikan makanan di tanggal tua, ketika menekan habis-habisan pengeluaran untuk makan padahal sisi liar kita sebenarnya ingin makanan selalu enak seperti nangkring di Cafe dan mencicipi steak import, tapi apalah daya jika lembaran penghuni dompet tidaklah setuju dan berteriak meronta. Akhirnya yang dapat dilakukan hanya menekan pengeluaran untuk makan dan mengendalikan menu makan di tanggal tua.

Parfum - Pasta Gigi - Sabun

Di tanggal tua saya sering sekali mengalami banyak hal seperti kehabisan deodorant, handbody, sabun, pasta gigi, detergent, sampo, parfum dan alat-alat makeup lainnya. Miris guys..
Posisi dimana kalau hal-hal itu tidak dibeli pastilah menyebabkan bau yang tidak sedap terhadap aroma badan... apalagi Jakarta membuat setiap jengkal kulit ini memproduksi keringat berlebihan. Tidak mandi di Jakarta sama saja seperti menyuruh menjadi lajang selamanya. Perumpaman apaan itu GA ENAK! BIG NO! Whatever lah ya perumpamannya apa.... yang pasti itu seperti sesuatu yang tidak mau terjadi, apalagi dirasain.
Rasanya mandi 1x sehari di Jakarta saja saya merasa senewen, gerah banget dan rasanya badan bau ketek dan ogah banget buat dipegang-pegang.. gimana mau cari jodohkan .
Agak stress rasanya kalau sampo sudah tinggal setetes penghabisan, deodorant sudah tinggal sekali oles lagi ke ketiak, dan harus menghemat sabun cair dengan aturan 1-2x pump setiap mandi. Kalau badan ga wangi, rasanya percaya diri mendadak merosot tajam menuju jurang.

Menyuci baju ga pake jasa laundy, tapi nyuci sendiri.. lebih hemat! Tapi.... susahnya cuci baju di tanggal tua ialah mengalami krisis detergent yang sudah habis, menyebabkan cucian menumpuk.. dan akhirnya baju di lemari menipis.
Akhirnya memutuskan menghemat pemakaian baju dengan memakai 2x pakai, setiap udah pakai baju, baju ditaruh digantungan belakang pintu, atau sengaja dijemur. Tujuannya agar tidak berbau apek.. ya efek ga bisa nyuci karena hemat detergent di tanggal tua, atau sering kehabisan detergent.

Di tanggal tua, tubuh pasta gigi yang gendut menjadi lebih cungkring seperti terkena anoreksia karena isinya terkuras habis. Sampai harus menggunting kemasan dan mencolek-colek sisa pasta gigi yang masih menempel sedikit di kemasannya. Benar-benar sampai titik darah penghabisan.

Banyak hal yang dirasakan ketika tanggal tua, termasuk hemat diet kantong plastik.. memilih bawa kantong plastik sendiri dari kostan, hemat 200 rupiah per setiap kunjungan ke supermarket hoho..
Uang receh yang selalu menumpuk di dompet akhirnya diirik-lirik manja oleh mata ini, dan dipergunakan untuk setiap urusan hidup di tanggal tua.. seperti membeli makan, dan melakukan transaksi apapun hahahaha.. HIDUP UANG RECEH!


Saya memilih untuk tidak meminjam atau berhutang kepada teman atau tetangga, YA... saya membayangkan tidak sudi tidak relanya saya kalau uang di tanggal muda harus terbang ke dompet teman atau tetangga. Hati ini pastilah meraung-raung menyedihkan...
Jadi lebih memilih (sangat) menderita di tanggal tua, walaupun harus sering berpuasa, makan di warteg atau mengkonsumsi sepiring mie instan.

Rasanya akan sangat mudah jika melewati tanggal tua bersama Matahari Mall, apalagi banyak sekali diskon yang bertebaran... duh bisa hemat pundi-pundi rupiah di tanggal tua!!! Bisa beli beberapa baju dan sepatu yang sedang diskon besar-besaran, dan membeli stock makanan untuk dikostan!! Membayangkannya saja saya sudah melayang-layaaaang!!


"Berhemat-hematlah dahulu, bersenang-senang kemudian.
Bokeklah dulu.... punya duit akan datang"



Inilah bagaimana saya bertahan di tanggal tua.. Inilah #KisahTanggalTuaku yang miris dan berlaku tiap bulan, karena expirednya belum diketahui kapan.
Ayo kirimkan cerita tanggal tuamu di blog dan #JadilahSepertiBudi dan menangkan hatinya Matahari Mall dan Shop Coupons! Barangkali iphone akan jatuh ke tanganmu! KEEP FIRE BLOGGER!




Ini kisahku, lalu kisahmu? Ayo ceritakan dan perlihatkan!

35 comments :

  1. Ya Alloh haaaan haha meski idenya irit tapi tetep ya, itu castangelnya maoookkk banget

    Nasi bakar 5 k wow, ada isinya apa polosan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide irit teteeep makan yaaaaaa hahahahaha.
      masih ada nih kastengelnya, diirit-irit sampai tanggal muda LOL.

      adaaaaaa nitm, jadi suwiran ayam/cumi/ikan peda.. ada orek tempe sama potongan cabe. ENAAAAK BANGET!!!

      Delete
  2. teeehh aku jadi pengen makanan-makanan yang teteh uploaaddd padahal kan lagi #tanggaltua hiks hiks..

    aku mah kalo lagi ga ada uang banget diem aja di rumah ngemilin nasi putih wkakakak.. Tapi sayangnya semenjak hamil laper terusss :(( gabisa kontrol makanannn huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggal tua menyedihkan ya, Mi... isi kostan aku pun sisa-sisa cemilan yang harus dipertahankan sampai tanggal muda huwaaaahhh.

      duh aku juga pernah tuh cuma makan dan cemilin nasi+garam, atau nasi+kerupuk doang..... jaman masih ada magicom.. sekarang mah ga ada. bener-bener harus beli banget keluar huhuhuhuhuh sedih bangett.

      aaaaahhhhhh udah naik berapa kilo itu mi? ngidam apa aja selama hamil?

      Delete
    2. oh teteh teh ngekos,, kirain teh tinggal di rumah ortu... duh sedih banget yaak kalo mau hemat tapi mau gamau mesti jajan keluarrr kudu pinter milih makanannya :D

      ajaibnya baru naik 1kg teh hani. padahal aku makan terus udah kayak orang kelaperan ga makan 3 hari.. ngidam apa yaah? sejauh ini belum ada yg aneh-aneh sih dan belum ngerepotin si aa. heheh paling tiba-tiba pengen cendol elisabet (tapi belinya harus yg di jl. kalipah apo), terus baso malang keliling, terus kemaren pengen jambu batu hihi..

      Delete
    3. Enggak aku ngekos Mi. Di Jakarta hahaha. Terlantar di Ibu Kota rasa sauna tiap hari.
      Nah itu mi.... susah kalau ga ada magicom, hematnya ujung ujungnya harus jajan keluar. Zhebeeel.

      Waaah kayaknya badan kamu kayak saudara aku mi, dia udah 7 bulan aja cuma naik 4,5kg. Jadi hamilnya tuh kecil gitu, ga bengkak bengkak. Padahal makanya juga banyak hahaha.
      Duh jadi takut nih posting makanan depan ami, kalau ami ngidamnya makanan Sukabumi kasian suami kamu mi >.<
      Ripuh ga Mi ngidam? Duh penget lihat ami kalau perutnya udah agak buncit.

      Sekarang stay di rumah aja apa gimana? Kerja masih?

      Delete
  3. Maakkk.... Itu masi bakar yg jual ada di mana? *mendadakngiler

    Strategi ngadepin tanggal tuanya banyak banget mak. Mantapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekekeke. Itu ada di daerah mampang prapatan Jakarta Selatan. Buka dari pagi jam 6 sampai jam 8 aja. Soalnya cepet habis.

      Itu strategi berdasarkan mirisnya hidupku ini, Mak. Hihihi
      Salam kenal ya! Terima kasih sudah mampir dan komen :D

      Delete
  4. Han suka makan banget ya, cemilan sampe jadi yang pertama. :D

    Huahahahaha. Aku juga suka mendadak jadi perempuan sholehah kalau tanggal tua, Han. Puasa. Enak. Bisa ngehemat, trus dapat pahala deh. Kalaupun pas tanggal muda, dibawa puasa juga enak. Buka puasanya bisa makan makanan rada mahal. Nikmat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha sukaaaaa banget cha aku ngemil. Susah tobatnya. Palingan dikurangin aja. Duh...

      Wkwkwkw kita sama bangett berarti ya cha, mendadak jadi wanita shalehah kalau di tanggal tua >.<
      Kalau tanggal muda aku puasa juga, dan beneeer banget itu cha, aku paling demen kalau buka puasanya enaaak dan rada mahal. Hahaha
      cuma ga sesering di tanggal tua hahaha, soalnya banyak khilafnya kalau tanggal muda. Doyan banget jajan duuuhhh maapkan aku....

      Delete
  5. Postingan ini sungguh menggoda iman. Jadi laper lagiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku laper juga niiih... Kita cari makan bareeeng yuk, Lii~~ :D

      Delete
  6. Iya bener. Makan di warteg emang hemat. Menunya juga menggoda.

    ReplyDelete
  7. Iya bener. Makan di warteg emang hemat. Menunya juga menggoda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sampai double comment gini saking sukanya sama warteg hihih :D

      Delete
  8. Aku bencideh.
    gamau aku main-main kesini lagi.

    Tiap kesini bawaannya laper. sebel.
    Bisa gak si, foto makananya jangan enak-enak. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuuuun Jangan bencih aku dooong... aku sogok makanan enak di warteg ya biar ga kapok ke siniiii :p

      Uhuk......
      Gimana ya........
      Kakau gitu fotonya nanti nasi sama kerupuk aja ya >.< hahaaaaa

      Delete
  9. asik, salah satu problematika utama dari tanggal tua memang adalah makanan. biasanya ini anak kost kalau tanggal tua kerjaannya galau meratapi mie instan. nasi goreng itu sebenarnya memang salah satu solusi terbaik sih di tanggal tua, apalagi kalau harganya dibawah 15k. kalau menu andalan saya di tanggal tua itu ketoprak. bukan main, ketoprak udah banyak gitu isinya... dibawah 15k pula. hahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeer... kalau tanggal tua soalnya anak kostan itu mendadak jadi kurang gizi soalnya konsumsi mie instan terus hahahaha.
      paling asik nemu makanan enak kalau harganya under 15k! surgaaaa deeeeh hahahahaahah.
      WAAAAH ketoprak juga bener-bener jadi andalankuuu kalau tanggal tua! duh lupa masukin ke list di atas >.<

      Delete
  10. Penyelamat di tanggal tua memang slaah satunya mie instan. Setuju hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeer banget mbak! mie instan itu favoriiit! ahhahaha

      Delete
  11. Replies
    1. Hihi nasi gorengnya emang enaak :D

      Delete
  12. udah dah, puasa aja udah, senin sahur - buka kamis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. duhhh hamba belum kuat ilmu menahan lapar kalau 4 hari puasa gitu >.<

      Delete
  13. Jadi ngiler rasanya liat foto makananmu han..
    Kreatif juga ide nulis mu, wih keren-keren
    saya gak kepikiran ternyata blog niche soal kuliner kayak kamu bisa memadukan 2hal berbeda menjadi satu contoh kayak gini nih antara lomba dan kuliner, sedapnya dapet.
    semoga menang yah, saya suka tulisanmu yang ini
    Btw, buatin cemilan juga dong han, laper tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhehehehehe makasiiih banyaaaakkk..
      saya cuma bisa ikut lombanya yang masih bisa dihubung-hubungkan dengan makanan :D
      semoga dikasih yang terbaik deh hehehehhehee..

      cemilan apa? saya cuma bisa bikin ceilan pisang goreng hahahahahahahahaha

      Delete
  14. irit opo buu, liat fotonya boros iler, hahaha.
    eh, ini belum ada pengumumannya kan. semoga menang ya en kemudian Han makan2 laghi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kekekekeek boros iler tapi aman ga isi dompetnya? ga langsung ngacir ke warteg sebelah kan? :p
      iya besok pengumumannya hahaha. pasraaaahhhhhhh.
      makan-makannya gorengan tauco aja 5 potong yaaa :D

      Delete
  15. Haii han.. it seems like aku udah ninggalin komentar disini, tp kok ngga ada yaa
    hahaa
    Yaudah aku komentar lagi

    Aku nggak mau ngasih semangat 'smoga menang' karna pengumumannya udah keluar..

    btw aku juga nulis tentang ini, ada beberapa point yang sama. Tapi aku suka kamu ekspose point tentang makannya haha.
    Manggut manggut gitu lho aku baca post ini..
    *dasar anak kosan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah jaringanmu lagi ngambek kali kemarin. jadi komentarnya ga ninggalin jejak nyata disini :p

      hahaha iya.. itu pemenangnya saluut deh aku. bagus banget artikelnyaaaa! patut dicontoh hihihi..

      duh aku belum sempet mampir nih ke blogmu.. dari kemarin nonton terus hahahaha...
      LOL. anak kostan juga nih? hhihihi...
      ala ala cari makanannya sama nih kayaknya.. >.<
      anak kost masih bisalah ya makan enak di tanggal muda hahahaha (SEKARANG TANGGAL MUDAAAA AYEEY) Selamat makan enaaak Li :D

      Delete
  16. You're right Han, setiap manusia memiliki pertahanan diri yang berbeda, khususnya kalo udah menghadapi sama yang namanya tanggal tua :D mau ga mau semua mesti bertahan dengan segala cara ngadepin tanggal tua.

    Iya tuh Han, sebelum tanggal tua bisa beli setumpuk novel dan kuliner di 1-3 tempat makan macem cafe dll, tapi kalo udah tanggal tua, mesti dipertimbangin lagi hehe. Paling enak nyemil untuk temen baca buku atau nonton film, atau ngeblog :D

    Nasi goreng pinggir jalan emang the best Han, nampol banget. Hm ya ya, nyari makanan murah meriah di kota Jakarta untuk bertahan hidup setiap harinya memang mesti pinter-pinter, kalo khilaf malah nguras dompet, dan kalo dapet yang murmer, dipastikan bisa bertahan lah :p

    Warteg juga jadi solusi yang mantep ya Han, dan kalo dapet warteg yang bersih dan makanannya enak, berasa dapet lotere hehe.

    Konsumsi empat sehat lima sempurna emang mesti diperhatiin juga, soalnya kita kan harus stay survive everyday. Kalo untuk gua, udah peraturan tidak tertulis dari kantor kalo tanggal tua dan tanggal muda mesti sehat fisik dan mental, soalnya tanggal-tanggal segitu deadline pekerjaannya ketat, high pressure, jadi konsumsi makanan sehat butuh banget :D harus ditunjang buah-buahan dan susu juga.

    Diet kantong plastik oke tuh Han, selain hemat pengeluaran, bisa go green juga.
    Keren tulisannya Han :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneeer bay, soalnya tanggal tua kok rasanya dilaluinya lamaaaa banget gitu ya, giliran tanggal muda kayaknya cepet berlalu. Ini aja udah tahu tahu tanggal 3 lagi aja hmmmm..

      kekekek kalau aku kadang rela dulu menderita bay demi satu novel dan kuliner bareng temen. jadi kadang memang dibuat sengaja hemat habis-habisan (walaupun tanggal muda), nanti kumpulin uangnya buat kuliner bareng temen atau beli setumpuk novel hihihi.
      iyeees ... Ngemil itu temen paling adem kalau lagi baca buku sama nonton... apalagi ngeblog hahahahahahahaha tahu tahu setoples udah habis. ampun!

      aku rasanya tiap minggu ada aja bay khilafnya hahahhhaahha.
      kayak tadi khilaf beli sate... tapi kok mahal banget, rasanya kemarin ga semahal ini, hmm... *curcol

      beneeeer! HIDUP WARTEEEGGG!!!

      wah bay, kamu harus sering konsumsi susu sama dopping vitamin tuh, aku aja doppingan terus kapsul yang vitamin gitu. soalnya kalau dari buah ga bisa menuhin 100% kebutuhan perhari.
      kalau vitamin C kamu memenuhi, ga akan cepet capek pas dikejar deadline kok :)
      semaaangaaat bay. makan yang banyak. Kayak aku. hahahahahaah.

      makasiiih bayuuu! :D

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...