Kemarin beberapa hari lalu, baru banget pulang dan melakukan keliling Sukabumi (yang sebenarnya yang didatangin itu-itu aja hahaha). Sa...

Street Food Sukabumi yang Patut Diincar! [PART 1]

Friday, September 22, 2017 Han Fauziyah 26 Comments

kuliner sukabumi

Kemarin beberapa hari lalu, baru banget pulang dan melakukan keliling Sukabumi (yang sebenarnya yang didatangin itu-itu aja hahaha). Saya keliling cari cemilan yang selalu jadi idaman tiap pulang.. Street food Sukabumi itu banyaaak banget deh! Bahkan ada satu jalan di daerah kota Sukabumi, yang sepanjang itu benar-benar makanan semua!! Nah.. kali ini, saya akan mengajak dan menggandeng kalian untuk melihat Street food Sukabumi yang enak enak!!! Let's Gooooo!

1. Tahu Pedas

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi

Tahu pedas ini dibuat tentu saja dari tahu, nah,,, si isian tahunya ini benar-benar tebal lho guys! Tahu ini akan memenuhi tanganmu untuk 1 pcs tahunya.. saking tebelnya! Isian tahunya ada sayuran kayak kol, dll. Tahunya punya ketebalan yang super, kira-kira 4-5,5cm. Dibalut dengan tepung dan digoreng hingga luarannya kering. Pas masuk mulut, makannya harus benar-benar beberapa kali gigit hahaha.. Rasa tahunya ini supeeeerrrr pedas! Terasa juga gurih, asin dan nikmat...... yang kuat pedas, bisa makan tahun ini banyak-banyak deh!!!!!!!

Price: IDR 3,5k alias Rp. 3500
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

2. Tahu Krispi

kuliner sukabumi

Nah... untuk cemilan satu ini, masih tentang tahu.. tapi dia berbentuk imut-imut. Tahunya kecil dan bisa sekaligus makan. Tahunya tidak ada isiannya kayak si tahu pedas, tahu krispi ini isiannya kopong alias kosong. Teksturnya crunchy, dan krispinya pun beda dengan tahu jeletot. Rasanya asin banget! Hhahahaha... kayaknya cocok jadi lauk juga nih, dan wajib deh jadinya kalau makan ini harus sharing ya biar enggak darah tinggi karena makan garam kebanyakan :). 

Price: IDR 1k alias Rp. 1000
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

3. Cilor

kuliner sukabumi
Cilor
Cilok... Cilor... merupakan cemilan bernama mirip-mirip namun beda jenis. Cilor ini telur gulung yang dicampur dengan aci. Cilor yang saya makan ini punya tekstur yang crunchy, biasanya yang jualan cilor itu rata-rata teksturnya basah gitu. Cilornya pun agak besar lhooo... Rasa asinnya pun pas deh! Dicemilin enggak cukup 1 tusuuuuk!

Price: IDR 1k alias Rp. 1000
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

4. Bapeda

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi
Bapeda
Mirip dengan cilor atau telur gulung ya? Bapeda ini sebenarnya memang memiliki bahan baku sama dengan cilor dan telur gulung yaitu dari telur puyuh. Bedanya, bapeda menggunakan tepung aci/kanji sebagai campuran di dalam adonannya, dan ditambah bubuk cabai jika ingin pedas. Sehingga bapeda memiliki tesktur yang sedikit kenyal dan sedikit lengket. Teksturnya yang lembab dan tidak kering ini, menjadi keasikan sendiri saat ngemil ini. Rasanya sedikit terasa pedas, dan bumbunya pas.

Price: IDR 1k alias Rp. 1000
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

5. Seblak


kuliner sukabumi

Seblak merupakan salah satu olahan dari kerupuk yang direbus. Isiannya itu banyak sayuran sechim, kol.., telur dan bisa memakai topping macam-macam seperti ayam, ceker ayam, ati ampela, dll. Setiap topping yang digunakan harganya pun berbeda. Saya tuh paling doyan seblak sukabumiiii iniii, kenapa...? Soalnya seblak ini punya kuah yang sangaaaat sedikit, dan kental. Warnanya cokelat gelap. Bumbunya kerasa dan rasanya manis-pedaaaaassss banget! Untuk yang enggak bisa makan pedas, bisa request dikasih cengek sedikit aja.

Price: IDR 8k-13k alias Rp. 8000-Rp 13000
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

6. Cilok

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi
Cilok

Ahhh... ini dia cemilan tidak tertandingi dari kota manapun di lidahku!! Cilok Sukabumi ini punya visual dan rasa yang khas! Warna sedikit lebih gelap dan banyak bintik-bintik dari efek bumbu yang dipakai. Rasanya benar-benar terasa bumbu dapur atau bumbu rempah lho! Tidak asin tapi enaak banget! Teksturnya yang kenyal tapi enggak bikin rahang sakit saat mengunyahnya.


Price: IDR 1k/2pcs alias Rp. 1000/2 pcs (Lima ratusaaan!)
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

7. Martabak Mini Jepang

kuliner sukabumi
Menu Martabak Mini

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi

Jajanan terfavoritku lagi yaitu Martabak Mini! Martabak mininya murah meriah banget, dari mulai harga 3 rebuan sampai cuma goceng. Adonannya ada 3 macam: original, tasty pandan dan black sweet cokelat. Aroma tiap adonannya cukup harum namun tidak menyengat dan memang harus diciumin sangat dekat. Pilihan toppingnya beragam dari mulai pisang, cokelat ceres, kacang, keju dan kismis. Teksturnya super lembut lho, ukuran martabaknya kisaran 10cm x 10cm. Rasanya punya tingkat manis yang pas dan enggak berlebihan sama sekali! Pisang yang digunakannya pun matang dan manis lho, namun belum benyek gitu. Parutan kejunya pun loyal deh!

Price: IDR 3k-5k alias Rp. 3000-Rp 5000
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

8. Ceker Pedas

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi


kuliner sukabumi

Siapa yang doyan cekeeeerrrr???? Sayaaa!!!
Saya bisa dibilang maniakceker banget hahahah. Makan ceker itu enggak bisa banget pakai nasi, jadi sering jadi cemilan gitu. Nah... nemu ceker pedaaaaas itu seneng banget. Ceker yang dijual gendut-gendut dan dagingnya seriously banyak! Satu porsi ada 5 ceker yang dikasih, kuahnya sangat kental dan rasanya pedas-manis. Pedesnya pun buat yang penyuka pedas pasti enggak akan terasa pedas di awal makan, tapi jika terus memakan cekernya, pedasnya bakal kerasa banget lama-lama deh~

Price: IDR 10k alias Rp. 10.000
Lokasi: Jl. Ahmad Yani (Dago) - Sukabumi

9. Es Durian

kuliner sukabumi
Cendol Durian
Ada satu pedagang cendol yang sudah lama banget berjualan di daerah Cikiray Sukabumi. Saya sendiri sering beli.. saya suka cendolnya karena pakai gula merah asli.. si cendol ini pakai 3 butir duren yang bukan jenis monthong... entah jenis durennya apa.... hmmm. Durennya memang tidak terlalu manis, namuuun.... saya tetap suka cendolnya! Karena gula merah yang dipakai dalam kuahnya bikin rasa cendolnya manis dan legit!!! Markotoopppp tenan!

Price: IDR 10k alias Rp. 10.000
Lokasi: Jl. Cikiray - Sukabumi

10. Suki Telur Gulung

kuliner sukabumi

kuliner sukabumi
Telur Gulung
Telur gulung biasanya emang cuma jajanan telur yang digulung saja, nah... yang ini telur gulungnya beda, ada sukinya gitu yang ditusuk-tusuk, banyak pilihannya.. Si sate sukinya nanti digulung-gulung pakai telur. Untuk sukinya sendiri karena enggak masuk pendingin alias kulkas, jadinya enggak segar gitu pas dimakan >.<

Price: IDR 1k alias Rp. 1000
Lokasi: Jl. Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

11. Combro

Combro selalu jadi cemilan paling menyenangkan. Maaf banget fotonya belum bisa dicantumkan karena masih mencari file combronya.. >.<
Combro di Sukabumi yang jadi favorit saya itu punya ukuran mungil, teksturnya crunhy dan sedikit lembut dan masih sedikit terasa tekstur parutan kelapanya. Isian oncomnya benar-benar lumayan banyak dan terasa banget kalau dimakan. Rasa asinnya pun pas dan menyatu banget deh sama si oncom yang sedikit pedas.

Price: IDR 1k alias Rp. 1000
Lokasi: Jl. Ahmad Yani (Dekat Sansui) - Sukabumi

12. Stick Udang

kuliner sukabumi
Stick Udang

Stick udang ini bentuknya panjang-panjang berwarna putih, teksturnya garing banget dan crispy, rasanya asin-gurih.. paling enak dan menantang kalau dikasih banyak bubuk cabai gitu.. rasanya jadi nyees pedaaas!!!!!!

Price: IDR 5k alias Rp. 5000
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dago) - Sukabumi

13. Banana Nugget

kuliner sukabumi

Banana Nugget yang lagi happening banget ini udah sampai ke Sukabumiiii!
Banana nugget itu jadi olahan pisang yang sebenarnya digoreng, tapi pisang ini dibalut dengan tepung roti. Tepung yang mirip dipakai untuk nugget. Jadi pas digoreng, pisangnya terlihat seperti nugget. Ada rasa original dan cokelat, toppingnya pun banyak ada almond, dll.. untuk topping ada tambahan charge Rp. 5000.
Untuk tesktur pisangnya tidak terlalu empuk, dan rasa pisangnya tidak terlalu manis. Sepertinya pisangnya belum benar-benar masak. Untungnya dibantu si cokelat yang manis.... :)
Jadi lumayan juga buat dicemilin sambil belepotan cokelat di mulut. Nyaaam~

Price: IDR 12k alias Rp. 12000
Lokasi: Jl. Ir Hj. Djuanda (Dekat dago) - Sukabumi

14. Permen Kapas

kuliner sukabumi
Permen Kapas

Lho... kok permen kapas ini jadi street food Sukabumi sih? Kenapa?
Soalnya.... saya baru pertama nemu permen kapas bisa SEREBU! ahahahah... Permen kapas ini ukurannya imut-imut, karena memang dikhususkan buat anak-anak TK, jadi mereka tidak kebanyakan makan gula :)
Seribuan untuk permen kapas, kapan lagikan nemu?

Price: IDR 1k alias Rp. 1000
Lokasi: Jl. Ciandam, Cibeureum - Sukabumi


Saya akan mengupdate street food ini secara berkala alias kalau nemu jajanan enak lagi di Sukabumi. Rata-rata yang saya ditulis di atas ini, sudah berjualan dari jaman saya masih SMP dan SMA. Hayooohh... dari berapa tahun lalu tuuuh :D
Lokasi hampir semua di daerah Dago Sukabumi, karena disitu memang lokasi banyak banget berdirinya sekolah, ada SD, SMP dan SMA. Jadi memang pusat jajanan banget. Buka dari pagi  kisaran jam 9 pagi hingga malam hari (biasanya ada yang sampai jam 9 malam).

Karena jajanan Sukabumi melimpah ruah, akan saya buat Part 2 nya ya!

26 comments :

  1. Wah jadi pengen nyobain jajanan disukabumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah..... kayaknya aku harus ajak kamu lebih sering ke Sukabumi buat makan jajanan di atas:D

      Delete
  2. Aya keneh Cilok Jepret & kue tiktik, ditambah oleh-oleh khas ti Sukabumi "Kue Mochi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUHEHEHEHE muhun masih keneh aya. Makin seueur malahan nu icalan cilok jepret mak.
      Mun oleh-oleh mochi mah teu tiasa di lebeutkeun kana posting ieu mang hehehe.. Nu ieu mah da inpo kangge jajanan pinggir jalanna we :D

      Delete
  3. Cilor itu Aci dikasih Telor yak... enak banget....

    ReplyDelete
  4. DUH jadi laper, pengen nyobain semuanya,

    tapi paling pengen nyobain ceker pedas sih, ditempat ak tidak ada yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah cobain semuaaa.
      Cekernya mantaaap bangeeeet lho!!! Mampir ke sukabumi yaaa

      Delete
  5. Teh, upami "Kue Mochi" mah ulah dilebetkeun kana posting nya'ah moal karaos, mending lebetkeun kana patuangan supados raos. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. muhun bade dilebetkeun ka patuangan :D

      Delete
  6. Yaampun sempolnya...e cilor ding, mirip cilung ya hanceuuu
    Iiihhh fotonya menggiurkan semua
    Es duren juga #langsung kalap

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh cilung tuh apa say? aku ga tahu...
      kamu harus datang dong ke Sukabumi.
      kita jajan bareng huhehehheheheheh

      Delete
  7. Omg, makanannya pada menggoda hahaha.. Dr semua, aku sukanya cm ama yg gurih2 mba.. Kalo yg manis kyk banana nugget, permen kapas, martabak mini, aku ga suka.. Lidah dr dulu lbh suka ama yg gurih dan pedasss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhehehehe makanan yang pedes, gurih emang lebih enak dan nagih. apalagi itu ceker sama seblaknya... dooooohhhhh makannya bisa 2 porsiiiii!!!!!!!

      Delete
  8. wah banyak juga ya jajanan di pinggir jalan, jd kangen ke sukabumi , dulu aku kkn di sukabumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, itu belumm semua hehehe. nanti akan dibuat part 2 nya :D
      wah iya? di mananyakah?

      Delete
  9. wow!!! makananya enak-enak banget ya teh. jadi kabita eum..Bw teh dan salam kenal saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kabita bisa dicoba nih ke sana mainn..

      salam kenal juga ya :)

      Delete
  10. ah tidak... aku nyasar ke sini malahan penuh makanan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat referensi buat jajan pak heheheheheh

      Delete
  11. Kemarin, saya baru aja ngobrol ma suami dan anak-anak tentang rencana traveling. Pilihannya explore Bogor atau Sukabumi. Dan yang bikin saya pengen ke Sukabumi, salah satunya karena suka baca postingan di blog ini. Jadi terkompori hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaaaahhhhh seriusan mbak?!!!! aku seneng banget nih dengernyaaa~~~~~ >,<
      Semoga beneran jadi ke Sukabumi ya, kabari akuuuuu.... hihihi...
      di sana jajanannya manteppp mbak, apalagi jajanan pinggir jalannya :D

      Delete
  12. aku ngekek loh pas tau di Sukabumi namanya bapeda, kalo di tempat lain mah namanya papeda, hihi.. jajanan di jl juanda banyak banget pilihannya yah, ngileerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa di Sukabumi beda sendiri gitu namanya >.< hahahha
      Surgawi para pecinta kulineeerrr~

      Delete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...