Waw.... sudah masuk bulan Ramadhan lagi ya, benar-benar tidak terasa! Sudah 6 hari ya menjalankan puasa.. Marhaban ya Ramadhan semuaaaa! G...

Street Food Sukabumi yang Patut Diincar! [PART 2]

Tuesday, May 22, 2018 Han Fauziyah 5 Comments

Waw.... sudah masuk bulan Ramadhan lagi ya, benar-benar tidak terasa! Sudah 6 hari ya menjalankan puasa..
Marhaban ya Ramadhan semuaaaa!
Gimana nih puasa kalian guys? Lancar? Menu buka favorit kalian apa nih?
Nah..... aku punya nih beberapa jajanan Sukabumi yang akan jadi referensi kalian buat jajan pas buka puasa nanti.


15. BUBUR SUMSUM



Bubur sumsum ini semacam panganan yang enggak ada musim dan habisnya! Dulu jaman saya masih SD, sering sekali makan Bubur sumsum yang jualannya keliling gitu. Di Sukabumi akhirnya marak kembali, walaupun sebelumnya sempat langka. Bubur sumsum yang saya coba ini punya tekstur lembut! Gula dan candilnya berpadu dengan asik! Di dago, ada yang menggunaan candil dengan ubi sehingga warnanya ungu gitu tapi saat saya ke sana selalu sedang tidak jual.

Price: IDR 5k-10k
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi
- Jl. Ciwangi - Sukabumi

16. PISANG KEJU



Satu lagi si jajanan yang bikin mengenang jaman SD. Si pisang keju, dengan pisangnya di goreng lebih dulu, lalu digeprek hingga pipih, kemudian diberikan susu kental manis, gula bubuk putih, ceres dan si pemikat utama: taburan keju. Pisangnya manis, matang sempurna, lembut, empuk dan tidak kesat dan teruus bikin nagih. Bisa godain adek atau anak yang males makan buah dengan si pisang keju ini~~ pasti berhasil....

Price: 5-10k
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi

17. RISOLE


Untuk risoles, memiliki macam macam isiannya lho... kalian tinggal pilih mau yang kayak gimana... nah saya sendiri coba 3 jenis isian risoles yang menarik buat kalian coba juga~

Isian telur mayo



Isian telur mayo ini sebenarnya banyak isiannya, ada telur mayo, sosis, daging dll (kalau tidak salah ada 3-4 varian). Ukurannya sedikit kecil dari risoles yang lain, namun teksturnya paling empuk dan lembut. Disajikan dengan saus, mayo, dan salad yang berisi irisan kol dan wortel. Bumbu di risolesnya berasa banget guys, Adore so much sama risoles ini!

Price: 2,5k

Isian sayur
Risole ini isiannya menggunakan sayuran, yang didominasi oleh wortel, satu sayur lagi saya lupa >.<. Ukurannya lebih lebar dari si risole telur mayo di atas,  teksturnya empuk dan lembut. Bumbunya lebih terasa gurih sedaaap!

Price: IDR 2k


Isian makaroni lada hitam
Risoles ini bisa dibilang paling beda deh. Risolesnya paling besaaaarrr dan punya testur yang kenyal! Isiannya itu makaroni, dan beberapa irisan cabai. Risolesnya punya rasa lada hitam gitu, dan terasa pedasnya... bumbunya pun lebih dominan lhooo~~

Price: IDR 2k

ketiga risole diatas bisa dicoba di:
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi

18. JASUKE


Jasuke
Sudah pernah coba jasuke atau Jagung Susu Keju? Jasuke salah satu jenis sayuran yang asik buat dijadiin jajanan nih, adek saya pun suka lhoo...
Jagungnya direbus gitu, jadi tinggal ditambahin susu kental manis, ceres dan taburan keju yang cukup berlimpah. Rasa manisnya nyeees banget ke lidah, enggak bikin eneg juga!

Price: IDR 5-10K
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi

19. LUMPIAH BASAH

Harga stand Lumpuah basah dll


Ada satu tempat yang menyediakan seblak dan lumpiah basah, seblaknya sudah dibahas ya di SINI. Lumpiah basah ini menggunakan kulit lumpiah yang isinya tauge, telur, potongan bawang, dan aci yang dicampur dengan gula merah, tak lupa pilihan toppingnya seperti: ceker, bakso, tulang, sosis dll. Rasanya terasa enak, ada sensasi asin dan sedikit manis. Lumpiah basah sering disajikan menggunakan daun pisang.

Price: IDR 10k
Lokasi:

- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi

20. MAKARONI (BASAH)

Makaroni basah ini masih satu stand dengan lumpiah basah di atas. Makaroninya dibuat mirip-mirip sebelak, sedikit berair, dan bisa request mau pedas dan toppingnya menggunakan apa. Teksturnya dibuat sangat empuk. Biasanya disajikan dengan sayuran seperti sawi. Foto menyusul ya~~

Price: IDR 10k
Lokasi:

- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi

21. JAMUR KERIWIL


Si keriwil-keriwil garing dari jamur ini, bikin ngemil enggak berhenti! Jamur yang dipakai jamur tiram, digoreng hingga garing, dan kalian bisa menambahkan bumbu seperti pedas, keju, bbq. Kalian bisa beli berapa saja karena tidak ada patokan harga wajibnya. 

Price: IDR >4k
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi

22. CIMOL



Cimol Si imut kenyal ini eksis tiada henti hingga kini. Bentuknya yang mungil dan benar-benar habis dalam satu suapan ini, memiliki tekstur kenyal karena terbuat dari aci, ya namanya saja cimol atau Aci Gemol. Cimol ini diberikan bubuk pedas bahkan bisa memiliki rasa dan keasinan bisa kita request lho. Sama seperti halnya jamur, cimol ini tidak ada patokan harga wajibnya.

Price: IDR >2k
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi


23. MARTABAK IMOET

Martabak imoet punya bentuk lebih mungil dan imoet seperti namanya dan jika dibanding martabak mini yang pernah saya bahas di SINI . Martabak ini kalau dikira-kira punya diameter 3-4cm. Bisa 1-2 kali suap dalam sekali makan. Martabak imoet punya aneka toping lebih unik dan banyak dibandingkan dengan martabak mini, seperti toping matcha, selai strawberry, capucino, cokelat bulet gitu, selai blueberry dll. Fotonya menyusul ya, saya pernah posting di Instagram saya, tapi lupa menaruh filenya difolder mana >.<

Price: IDR 1,5-2k
Lokasi:
- Jl . Ahmad Yani (Depan Bucherri) - Sukabumi

24. ONDE-ONDE



Dari jaman dulu, dimana onde onde masih berukuran besar, sekarang super mini.... masih jadi jajanan yang paling digemari saat jajan. Ukurannya yang mungil benar-benar bisa dalam satu kali suap. Tekstur onde onde yang garing, membuat sensasi suara 'kres' saat memakannya. Biji wijennya yang berlimpah membuat onde-onde lebih enak dan asik dikunyah~

Price: IDR >3k
Lokasi:
Jl. Cawingin (Dekat Lee Ming Foto) - Sukabumi



25. MOLEN


Biasanya tukang onde-onde pun sering berjualan molen dana satu gerobaknya, Ukuran molen yang dibuat mini, kadang saat membeli onde-onde bisa dicampur dengan molen. Biasanya pisang yang dipakai itu masak hingga matang. Pisangnya rata-rata manis namun tidak berlebih, tekstur pisangnya tidak lembek dan masih kokoh. Balutan tepung luarnya dibuat garing. Nikmat banget kalau udah beli molen!

Price: >3k
Lokasi:
Jl. Cawingin (Dekat Lee Ming Foto) - Sukabumi

26. PUKIS

Ada satu tempat yang menjual pukis enak guys. Pukis yang dijualnya punya tekstur supeeer lembut, rasa manisnya enggak bikin eneg, benar-benar pas! Topping yang dijualnya pun ada 3 varian: keju, nanas, dan cokelat. Topping keju dalam bentuk keju potongan, nanas dalam bentuk selai dan cokelat dalam bentuk cokelat cair. Ukuran pukisnya cukup besar dan cukup padat. Bisa nih dicoba untuk nyogok calon mertua kalau kalian bosen bawa martabak :p

Price: IDR 2-3k
Lokasi:
- Jl . Ahmad Yani (Depan Supermal/Citymal) - Sukabumi


27. CAKWE

Cakwe yang terbuat dari adonan terigu, lalu digoreng sampia keemasan. Cakwe ini memiliki tekstur empuk dan bentuknya yang panjang dan sedikit gemuk, dulu cakwe yang dijual lebih besar dari sekarang hmmm... Paling enak cakwenya itu dicolek ke dalam sausnya. Mantep!

Price: IDR 2k
- Jl . Ahmad Yani (Sebelah Supermal/Citymal) - Sukabumi

28. PISANG IJO

Pisang ijo

Pisang Ijo
Pisang ijo yang menjadi khasnya Makassar, dapat kalian jumpai di Sukabumi. Es pisang ijo ini bisa bayangin ga sih segernya kalau diminum untuk buka puasa? Dengan pisang ijonya yang lembut dan manis, lalu tambahan jelly dll di dalamnya? Hmmmm.... nikmatnya janga diragukan!

Price: IDR 5-7k
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi


29. PEMPEK


Tempat makan pempek di Sukabumi cukup banyak yang jual. Harganya oun beragam. Pempeknya memang tidak akan seenak seperti yang dijual di kota aslinya Palembang, namun cukup terasa ikan tenggirinya. Teskturnya yang garing, ditambah potongan timun dan kuah cukanya yang terasa senesasi asam-pedas, bikin makan ini jadi fun!

Price: IDR 1-15k (tergantung tipe pempek)
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi
- Jl. RE. Martadinata, Cikole - Sukabumi (Sebelah Yogya dan Sebelah RM Athiam)

20. ES MARKISA

Markisa
Nah..... satu lagi kesegaran yang tidak mudah ditolak, yaitu minuman markisa!
Markisa yang dijual masih terdapat banyak butiran buah markisanya lho, rasanya yang dominan asam benar-benar enak ditenggorokan! Apalagi jika disajikan dengan es batu~~~ uhhhh..


Price: IDR 4-6k
Lokasi:
- Jl.Ir. Hj. Juanda (Dago) - Sukabumi
- Jl. Ciwangi - Sukabumi (dekat Lee Ming Photo)



Nah... itulah beberapa jajanan yang bisa kalian coba saat buka puasa nanti, jadi... apa ada yang kalian incer nih buat dibeli??  Ada ide lain untuk jajanan Sukabuminya?

Jangan lupa dibaca ya yang dibawah ini:



(BACA JUGA: Streets Food Sukabumi yang Patut Diincar! [PART 1])


See you in another post~
Chu~

5 comments :

  1. Lengkap bgt dah asli bikin ngiler maksimal. Terutama es pisang ijo sama lumpia basah yg jajanannya jarang ada dijakarta. Apa hrs ke sukabumi ya walllaaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah di jakarte emang suseh yeh nemu yang diatas. suka sedih aku tuh....
      hayuk jajan bareeenggg~

      Delete
  2. Keren bikin kepengen nyoba semua

    ReplyDelete
  3. Semuanya suka, tapi paling pengen sama lumpia basah. Udah lama banget gak menikmati lumpia basah :)

    ReplyDelete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...