Siapa yang tidak kenal Mang Kabayan, tokoh Sunda yang memiliki karakter polos, lucu, cerdik, dan kadang pemalas. Tokoh Kabayan ini suda...

Si Mang Kabayan Di Dataran Sunda Sukabumi

Friday, April 29, 2016 Han Fauziyah 11 Comments

Mang Kabayan Sukabumi

Siapa yang tidak kenal Mang Kabayan, tokoh Sunda yang memiliki karakter polos, lucu, cerdik, dan kadang pemalas. Tokoh Kabayan ini sudah ada sejak abad ke-19 hingga saat ini. Nah ternyata tokoh Kabayan ini menjadi suatu inspirasi untuk pendiri Mang Kabayan, seorang lelaki kelahiran Bandung yaitu Rabbyanto Lamuel (saya kira awalnya pendirinya bernama khas Sunda seperti Udin atau Asep *eh), berdiri pertama di Cirebon pada Mei 1996. Pada tahun 1997/1998 terjadi krisis moneter dan berlarut cukup lama.
Akhirnya pada tahun 2004 Mang Kabayan pertama membuka cabangnya dan menjadikan Cibubur sebagai pusatnya Mang Kabayan. Tahun 2010 Bapak Rabbyanto sudah bisa go franchise. Sekarang sudah banyak sekali cabangnya di mana-mana, seperti Jakarta, Bintaro, Depok, Serpong, dan Sukabumi.



SUASANA SUNDA YANG TERUS MENGALIR

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan merupakan frenchise dan sudah berdiri di Sukabumi sejak 2014, tempatnya sangat mudah terjangkau karena berada di pusat Kota Sukabumi. Mang Kabayan Sukabumi memiliki signboard di depannya sehingga mudah sekali terlihat dari jalan raya. Tempatnya bersebelahan dengan Coffee Toffee dan dekat Milan Pizzeria Cafe. Lahan parkir mang kabayan sempit, hmmm karena berada di area jajaran pertokoan.
Ah... Saya lupa untuk memotret keadaan tampak depan Mang Kabayan, nanti akan saya update jika ke sana lagi (untuk kunjungan yang ke 4 kali).

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Dari tampak depan Mang Kabayan ini seperti memiliki tempat yang kecil tapi.... itu menipu, nyatanya tempatnya luas sekali ke belakang, dan banyak sekali pengunjung yang memilih untuk duduk di belakang bersama dengan keluarganya. Rata-rata pengunjung ke sini adalah sebuah keluarga kecil sampai keluarga besar, dan kadang ada acara reunian bersama teman seangkatan.

Saat memasuki restaurant, akan terdengar melodi-melodi indah dari musik Sunda yang disetel, mengalun dengan sangat merdu sekali. Selain disambut dengan musik, pramusaji pun dengan sigap menyambut, dengan seulas senyum dan berbicara "Wilujeng Sumping" atau kadang "Selamat datang", dan "Berapa orang pak/bu?" sambil berjalan dan mengikuti pengunjung (karena kadang ada pengunjung yang sudah naksir kursi yang dituju seperti lesehan). Pramusajinya menggunakan seragam (kalau tidak salah ingat) kemeja berwarna hitam.

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi
No Smoking Area

Mang Kabayan Sukabumi
Lesehan

Mang Kabayan Sukabumi

Bangunan Mang Kabayan didominasi dengan warna cokelat, krem dan cokelat tua. Beberapa material Mang Kabayan menggunakan bambu. Ada ruang khusus yang dibuat untuk no-smoking area, ruangannya kecil tapi muat hingga 12 orang. Disini ada spot lesehan dan itu yang paling laris manis. Lesehannya ada sekitar 4 ruangan.
Di atas jam setengah 5 sore, akan dinyalakan lampu-lampu yang berwarna kekuningan, dan memberikan nuansa agak temaram sehingga membuat suasana lebih nyaman, apalagi ditambah alunan seruling dari lagu-lagu Sunda yang disetel. Benar-benar mantaaap sekali!

Di Mang Kabayan ini terlihat beberapa tanaman hijau yang menghiasi lorong dan beberapa spot lainnya. Di sini pun ada spot taman, agak cukup luas. Ditanami beberapa tumbuhan hijau dan ada air mancur kecil yang berbentuk kendi-kendi kecil. Di taman pun terdapat lampu-lampu tanam sehingga mampu menerangi area sekitar.
Sanitasi ruangannya sangat baik sekali, penataan kursi dan mejanya pun sangat rapi tidak sangat berdempetan. Sanitasi pekerjanya pun baik dan rapi.


FAMILY AND DINNER

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Di buku menu bisa dilihat cover halaman depannya tokoh Kabayan dan Neng Iteung (pujangga hati aa Kabayan). Buku menu Mang Kabayan diisi dengan 4 lembar atau 8 halaman, terdapat beberapa visual menu yang ditawarkan, menu disini semua merupakan menu makanan sunda dan olahan seafood. Beberapa makanan sundanya seperti aneka pepes, nasi timbel, nasi liwet, dll. Menu Kabayan kalau dilihat dari menunya lebih didominasi dengan makanan olahan seafoodnya.
Daftar harga setiap makanan ada di halam terakhir. Harga makanan kisaran IDR 7k-80k. Untuk minumannya yaitu kisaran IDR 2k-30k.

Mang Kabayan Sukabumi

Gurame Asam Pedas



Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Presentasi ikan gurame ini sangaaaaat top, saya suka bagaimana mereka menyajikannya dengan sebaik ini, looks good sekali! Disajikan dalam tungku dan keadaan api masih menyala, sehingga keadaan makanan selalu panas. Untuk ikan guramenya berukuran besar, dengan daging yang berlimpah. Aromanya enaaaaak sekaliiiii! Saya yang tidak bisa memakan ikan tawar (apalagi dibentuk seperti sop seperti itu) jadi terpikat untuk memakannya, dan...... aromanya berhasil membuat saya tergoda mencicipi!
Di masak dengan bumbu seperti jeruk, nanas, daun jeruk, belimbing wuluh, dan cabai. Rasanya... hmm nanggung, konsep sebenarnya ingin dibuat pedas-manis tapi tidak terasa pedas dan manis, bahkan tidak terasa gurih dan asin sama sekali. Sangat disayangkan rasanya tidak sesuai ekspektasi. Padahal visual dan aromanya sudah super great sekali >.<  kalau sedikit lagi ditambah garam, gula, dan cabai, pasti akan lebih mantaap!


Price: IDR 80k
Rating: 2,6/5

Cumi Goreng Tepung



Mang Kabayan Sukabumi

Cumi goreng tepung ini memiliki tekstur yang kering, menggunakan tepung maizena,  Jumlah porsinya pun lumayan. Digarnish hanya menggunakan veggie tomat, ketimun, dan daun selada, mutu veggienya masih sangat baiiik. Tak lupa semangkuk kecil sauce cabai. Saat mencicipi rasanya cuminya gurih, asin dan teksturnya benar-benar crispy. Enak buat disandingkan dengan nasi hangat!


Price: IDR 47,5k
Rating: 3,2/5


Kerang Dara Saos Padang



Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Rasanya beruntung sekali mendapatkan menu ini, karena ini stock terakhir kerang dara di Mang Kabayan bulan April, dan baru distock lagi kalau tidak salah awal Mei. Porsi kerangnya lumayan banyaak. Kuah saos padanganya benar-benar menarik, warnanya itu yang agak nyala dan agak kental. Kualitas kerangnya masih baik, tidak berbau amis. Rasanya manis, gurih, dan pedas! Enak sekali pokoknya bumbunya! Walaupun pedas, tapi tidak berhenti untuk mencicipi kerang daranyaaa!



Price: IDR 35k
Rating: 3,5/5

Udang Telor Asin



Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Menu yang laing saya tunggu-tunggu itu ini, udang telor asin!
Porsinya lumayan banyaaak, aromanyaa enaaak sekaaali, sungguh aroma bumbu telur asinnya terasa! Teksturnya agak wet dan bumbunya sedikit tebal. Rasanya gurih sekali dan asin, serta benar-benar pedas!!! Saya ga nyangka akan ada sensasi pedas di menu ini. Hmmm... tapi saya cukup menikmatinyaaa, walaupun kepedasan bahkan mengigit potongan cabai hahaha.


Price: IDR 55k
Rating: 3,5/5


Tahu Isi



Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Ini menu favorit Bapak saya kalau pergi makan ke resto sunda: tahu isi. Tahu isinya ada empat potong, tekstur luarnya terlihat crunchy, isian tahunya ada veggie seperti buncis, wortel, bawang daun, dan ada jamur kuping. Isiannya agak wet. Mutu pada isiannya terlihat masih sangat baik, sayurannya pun terasa masih segar. Rasa tahunya enaak, gurih dan asinnya pas. Satu potong tahu isi dibuat sangat 'berisi' sehingga satu orang satu tahu benar-benar sangat cukup.


Price: IDR 35k
Rating: 3,3/5


Pepes Jamur



Mang Kabayan Sukabumi

Pepes jamur ini saat dibuka bentuknya memang agak berantakan, jadi fotonya ya... hmmm seperti itu haha. Jamur yang digunakan jenis jamur kancing dan jamur tiram. Porsinya sedikit, dan teksturnya wet dan berbumbu sekali. Rasanya pedaaaas, asin dan lumayan enak. Hmm... saya pikir pepes ini tidak akan pedas, karena biasanya beli pepes jamur tidak sepedas ini.


Price: IDR 15k
Rating: 3/5


Kangkung Kriuk



Mang Kabayan Sukabumi

Mang Kabayan Sukabumi

Kangkung kriuk ini porsinya lumayan, daun kangkungnya ada besar dan kecil. Mutu kangkungnya terlihat masih baik. Rasanya asin dan teksturnya kering dan crispy. Enak untuk dicemilin dan dicocol sambal.. sambil mengobrol bersama keluarga benar-benar pas!

Price: IDR 25k
Rating: 3/5

Sambal Mangga



Mang Kabayan Sukabumi

Porsi sambal mangga ini sedikkkit sekali, disajikan dalam mangkuk kecil untuk sambal. Tekstur mangganya masak, masih terasa kokoh. Rasa mangganya asam dan bumbunya sedikit pedas. Sampai sekarang saya masih penasaran nama jenis mangga yang digunakan, karena sangat tidak asing di lidah.


Price: FREE
Rating: 3,3/5


Es Cingcau Hitam



Mang Kabayan Sukabumi

Es cingcau ini menggunakan porsi cingcau yang lumayan banyak, sebelum diminum harus diaduk terlebih dahuu karena gula cairnya berada di dasar gelas. Tekstur cingcaunya masih sangat bagus, tidak hancur. Rasanya segaaar sekali, manisnya pun sangat panas dan tidak bikin giung. Es cingcau ini bikin ketagihan, karena bena-benar bikin adem di tenggorokan! Top!


Price: IDR 17k
Rating: 3,4/5

Es Kelapa Lieur




Mang Kabayan Sukabumi

Es kelapa lieur ini khas Mang Kabayan, maksud dari lieur itu artinya pusing, haha. Es kelapa ini sebenarnya rasanya seperti es kopyooor, dengan manisnya yang pas, dikombinasi dengan ice cream strawberry. Benar-benar segar... perpaduan es kelapa kopyor dengan ice cream strawberry....... aaahhhh


Price: IDR 37k
Rating: 3/5




Untuk nasi perporsi harganya IDR 6k, untuk teh tawar harganya IDR 2k, tapi refillnya gratis. Rata-rata entah kenapa makanan yang dipesan semua didominasi dengan pedas. Hmmm....
Tapi saya menikmati hampir semuaaaaaa hidangannya. Luar biasa!







Tax: 10%
Sanitasi Ruang: *****
Sanitasi Pekerja: *****
Service: *****
Halal: Belum dilabeli Halal MUI
NO PORK, HAM, LARD






Sampai jumpa di postingan kuliner selanjutnya. Terima kasih sudah membacanya!











MANG KABAYAN SUKABUMI
Jl. Suryakencana No. 12
Telp:  (0266) 218-880

11 comments :

  1. ini sih cocok banget di lidah aku orang sunda pastinya ya, ah jadi ngeces :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah orang sunda juga? Ternyata kita segenk *eh

      Delete
  2. Kyaaaaa
    Mana tahan ini mana tahan
    *bekepin mulut biar ga brutal ngences ihihi
    Itu gurame asem manise sweger pisan kayak pecak kali yakk

    Klo yang menu seafood aku milih yang udang telor asin ah, blom pernah nyoba soalnya yang sensasi telor asin #eh mang siapa yang mau kasih elo mbul hihik

    Kangkung kriuk wah semacam kayak bayam kriuk kalik yak
    Totally mantaabbbbbbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah ga tahaaaan sini loncat ke Sukabumi, aku siaap menangkaaap! :D
      iyaa guramenya segeeer, cuma kurang gurih aja dikit hhahaha.
      Duh aku pun paling doyan yang udang telor asiiin! Sini.... aku kasiihhh, bonnya aja :p
      iyaaaa mirip baget bayam kriuk!

      Delete
  3. Wah rasanya pasti edun euy jadi kabita nih kebetulan di sukabumi ada rumah teman saya sepertinya dia bisa mengantarkan saya kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah kalau gitu bisa banget mampir ke Mang Kabayan Sukabumiii :D

      Delete
  4. makanannya sukses bkin saya ngiler Mbak, saya belum pernah makan makanan sunda soalnya he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwwaaaah kalau gitu harus baet coba makanan sundaaa! :D enaaaaaakkkkkk~~~

      Delete
  5. Huwaaaaaa yang pertama aku jatuh cinta dengan suasana dan tempatnya. Fasilitasnya keliatan adem, apalagi pas kamu tulis kalo di sana bakal terdengar alunan musik Sunda. Nambah kesan adem. Uwuuwuwuw pengen ke sana ya.

    Demi apa aku dari kemarin pengeeen banget makan kerang. Pas main ke sini, baca ini, eh malah ngeliat hidangan kerang. Hahahahaa
    Aku lapar bener. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaahhhhhh coba cari secepatnya resto mang kabayan. biasanya suasananya samaaa... apalagi makan disana tuh bikin tenang banget gara-gara alunan musiknyaaaaa >.<

      gimana-gimanaaa???
      udah kecapai makan kerangnya??? hihihi


      maaf ya baru bales. aku ga sadar ada komen dipost ini lagi >.<

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...