Beberapa hari lalu, saya diundang di acara Demo Masak Pasta San Remo , yang diadakan di Hard Rock Cafe Pasific Place pada tanggal 25 Okt...

Pasta San Remo dengan Gandum Pilihan Terbaik!

Tuesday, October 31, 2017 Han Fauziyah 4 Comments


Beberapa hari lalu, saya diundang di acara Demo Masak Pasta San Remo, yang diadakan di Hard Rock Cafe Pasific Place pada tanggal 25 Oktober 2017 di hari "World Pasta Day Celebration"! Saya yang memang suka pasta karena mudah banget membuatnya, bahkan bermodalkan magicom pun bisa dinikmati dengan tenang tanpa harus cari kompor bagi anak kostan. Nah saat mendengar kabar ini saya benar-benar excited, dengan berbaju rapi dan siap melihat demo masak pasta oleh Chef terbaik mereka, saya siap pula menyisihkan perut saya untuk pastanya, walaupun sedang diet.... saya rela diet sore itu gagal demi sesuap pastanya >.<




Sore itu, Hard Rock Cafe sangat tenang di bawah langit biru yang masih terlihat cerah dengan semburat menuju sore hari. Desain Hard Rock yang menawan, dengan spot outdornya yang bikin betah, membuat saya nyaman duduk ditemani sebuah buku sambil menunggu acara hari itu mulai, karena datang terlalu cepat. Interior Hard Rock pada indornya dipenuhi dengan beberapa frame yang beberapa terkesan jadul, dan interior unik lainnya, dan banyak interior yang memberikan kesan "music dan musisi" yang terasa kental.


Setelah jam 4 sore, Hard Rock mulai terlihat sibuk dengan orang-orang hilir mudik mempersiapkan acara yang dinanti-nanti, bersama para blogger dan media. Acara pertama disambut oleh MC yang sangat seru dan membuat suasana hidup, dengan perkenalan setiap blogger dan media, diadakan game yang sederhana yang bikin kita enggak ngantuk sama sekali!


Ibu Jenny

 Setelah acara perkenalan, kami akhirnya dikenalkan produk pasta San Remo ini oleh ibu Jenny. Udah ada yang tahu pasta San Remo?? Nah... karena kenal makan tak sayang, yuk kenalan dulu dengan Pasta ternama ini.

San Remo merupakan Pasta yang berasal dari Australia dengan resep tradisional yang diciptakan oleh Luigi Crotti sejak tahun 1936. Pasta memang berasal dari Italia, namun San Remo ini kenapa bisa dari Australia ya? Jadi.... dulu itu para imigran Italia membawa gandum ke Australia dan menamamnya. Sudah 80 tahun, San Remo sudah memproduksi pasta yang lezat untuk keluarga kalian dengan menggabungkan metode tradisional Italia dengan teknologi paling modern. Hingga saat ini San Remo sudah menerbangkan sayapnya hingga 50 Negara lho.


Gandum. Source: Google

Apa sih yang membedakan Pasta San Remo dengan pasta lain??


Pasta San Remo terbuat dari 100% gandum durum semolina, tepung gandum durum ini terbuat dari 83% endosperm biji gandum. Proteinnya sangat tinggi, karbohidrat dan mengandung kaya vitamin B. Karbohidrat yang terkandung di dalam pastanya merupakan karbohidrat kompleks yang memiliki kadar Indeks Glikemiks (IG) rendah, sehingga tidak akan memberikan tekanan pada gula darahmu lho guys. Selain itu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, memiliki warna keemasan, memberikan tesktur lebih kenyal dan al dente pada pastanya. Bedanya dengan pasta yang memiliki campuran tepung non-gandum-durum, tidak akan memiliki tekstur kenyal yang sempurna, seperti yang dimiliki pasta San Remo. Pasta San Remo pun bebas dari Genetically Modified Organism (GMO). Apa itu GMO? GMO menurut jurnal yaitu merupakan organisme yang telah mengalami modifikasi bahan genetik.
Ah ya, gandum durum itu tidak akan membuat tekstur pasta sangat mengembang lho, sekalipun kalian terlalu lama merebusnya, beda dengan tepung terigu :)



Untuk para muslim, tidak usaha khawatir dengan kehalalan pastanya, karena pasta San Remo sudah di sertifikasi halal oleh Australian Federation of Islamic Council Inc (AFIC) yang sertifikasi ini sudah diakui oleh LPPOM MUI.



Jenis-jenis pasta San Remo ada banyak, apa saja sih?
* Long Pasta: dari spaghetti, instant spaghetti, angel hair, fettuccine, spinach fettuccine, linguine, vermicelli, dan spaghetti wholemeal
* Short Pasta: penne, spirals, small shells, rigatoni, bowties, fusilli, fusillini, elbows, macaroni, dan soup pasta
* Specialties: Instant Lasagna, Curly Instant Lasagna, Couscous, Egg Noodle Tagliatelle, Vegeroni Spirals Tricolori, dan Fettuccine all’ uovo
* La Pasta (pasta siap masak): Chicken Curry, Sour Cream & Chives, Macaroni Cheese,Mushroom & Herb, Carbonara, Alfredo, dan Four Cheese

Harga: 
Pasta: IDR 21k-22k
La Pasta: IDR 18k-20k


Selain pasta, San Remo pun menghadirkan saus juga lho, yaitu terdiri dari varian:
Bolognese, Napolitana, Bolognese & Mushroom, Tomato-Onion & Garlic, Spicy Tomato & Capsicum, dan Tomato & Basil. Harga sausnya IDR 50k.


Ada yang penasaran enggak nih kenapa ada hari pasta sedunia?
Jadi, pada Kongres Pasta Sedunia menetapkan pada tanggal 25 Oktober 1995 sebagai hari Pasta Sedunia, yang memiliki tujuan untuk mengenalkan pasta dan memberikan banyak informasi mengenai pasta sebagai makanan tradisional dunia.

Nah sekarang setelah mengenal San Remo, hayuk kita ke acara paling ditunggu!!! DEMO MASAK OLEH CHEF MADE!

Spaghetti Aglio Olio With Chicken




Spaghetti yang dibuat ini memiliki tekstur yang al dente! Spaghettinya kenyal! Dan rasanya supeeeer enak, pedas dan nagih deh! Ayam yang digunakannya pun empuk.

Bahan:
Spaghetti San Remo, olive oil, daging ayam (boleh ganti), cabai rawit, bumbu penyedap, bawang putih, daun basil.

Resep:
1. Rebuslah spaghetti di air mendidih (waktu ±3 menit) hingga tesktur al dente (85% menuju kematangan), lalu sisihkan
2. Berikan minyak olive oil (minyak ini cocok untuk memasak pasta) secukupnya pada wajan
3. Goreng ayam hingga berubah warna keemasan
4. Tambahkan bawang putih sesuai selera, aduk hingga ayam dan bawang putih sudah tercium sangat harum
5. Tambahkan cabai rawit sesuai tingkat kepedasan yang kalian inginkan
6. Tambahkan spaghetti yang sudah dimasak ke dalam wajan
7. Berikan bumbu penyedap, dan irisan daun basil ke dalamnya
8. Angkat dan sajikan ke dalam piring

Baked Penne Pasta With Chicken Sausage




Baked penne pasta ini terfavorit deh! Karena pastanya yang banyak keju benar-benar lumer dan creamynya pol tenan! Super enak! Kalau enggak inget lagi diet, saya pasti ambil banyak pastanya >.<

Bahan:
Penne San Remo, olive oil, sosis ayam (boleh ganti), sayur (kacang polong, wortel, buncis, wortel), parutan keju permesan, parutan keju cheddar, white sauce (cream dengan bawang putih bubuk), garam, daun basil, irisan bawang putih dan bawang bombay.
Resep:
1. Rebuslah penne di air mendidih (waktu ±14 menit) hingga tesktur al dente (85% menuju kematangan), lalu sisihkan
2. Berikan minyak olive oil (minyak ini cocok untuk memasak pasta) secukupnya pada wajan
3. Goreng bawang bombay hingga harum
4. Masukan bawang putih (bawang putih mudah gosong, sehingga harus dimasukan setelah bombay)
5. Masukan sosis ayam
6. Masukan sayuran
7. Tambahkan garam secukupnya
8. Tambahkan irisan daun basil, kemudian aduk
9. Masukan white sauce sesuai selera (lebih banyak dapat memberikan rasa lebih creamy)
9. Masukan penne yang sudah direbus kemudian aduk hingga rata
10. Masukan taburan keju cheddar dan permesan
11. Sajikan penne di dalam mangkuk melamine, kemudian panggang di dalam oven selama  ±10 menit hingga keju meleleh
13. Tambahkan taburan tomat di atasnya


Fettucini Marinara

Chef Made


Nah menu terakhir itu Fettuccini Marinara.
Jika kalian mendengar kata marinara, ingatlah bahwa itu pasti berhubungan dengan seafood ya :)
Fettucininya disajikan dengan udang, teskturnya kenyal dan rasanya didominasi dengan asam dari tomat, terasa segar lhoo~

Bahan:
Fettucini San Remo, olive oil, udang dan cumi (boleh ganti), pasta tomat, paprika  hijau dan merah, irisan bawang putih, bumbu penyedap.
Resep:
1. Rebuslah fettuccini di air mendidih (waktu ±11 menit) hingga tesktur al dente (85% menuju kematangan), lalu sisihkan
2. Berikan minyak olive oil (minyak ini cocok untuk memasak pasta) secukupnya pada wajan
3. Goreng udang hingga warna keemasan, lalu masukan cumi-cumi kemudian sisihkan
4. Masukan bawang putih hingga harum
5. Tambahkan paprika
6. Masukan pasta tomat
7. Masukan udang dan cumi yang sudah digoreng sebelumnya
8. Tambahkan bumbu penyedap
9. Masukan fettucini yang sudah direbus, kemudian aduk hingga rata
10. Angkat dan sajikan di atas piring.


Akhirnya.... setelah sibuk melihat dan ileran selama demo masak, waktunya mencicipi sajian pastanya bersama blogger. Saya sendiri sangat menyukai pasta San Remo, yang memiliki tekstur kenyal yang menakjubkan! Saya ingin stock pastanya, apalagi tertarik dengan pasta bayamnya hihi..
Yuk coba juga pasta San Remo!!!

Ah ya, saya akan berikan 

Tips Untuk Pasta (Sumber buku masak San Remo):
1. Gunakan 1000ml air untuk tiap 100gram pasta
2. Tambahkan garam saat merebus pasta untuk mengeluarkan cita rasa asli dari pasta
3. Penyimpanan pasta:
* Pasta kering: simpanlah di tempat kedap udara, jauhkan dari suhu yang terlalu dingin dangan terlalu panas.
*Pasta matang: jika pasta matang, tiriskan airnya dan siram dengan air es, pastikan sudah 100% kering. Cipratkan miyak zaitun terlebih dahulu agar tidak melekat. Masukan ke dalam kontainer plastik kedap udara, simpan di kulkas dengan suhu 4 derajat celcius.
4. Cara menghangatkan pasta: Didihkan pasta di air yang benar-benar mendidih selama 1-2 menit.
5. Menggoreng pasta lebih baik menggunakan olive oil/minyak zaitun ya :)
6. Karakteristik tiap pasta berbeda. Pada pasta San Remo untuk jenis membutuhkan waktu masak: Vermicelli 6 menit, Spiral dan Vegeroni Spiralls 8 menit, Macaroni 10 menit, Elbows, fettucine, Linguine, Spinach Fettucine 11 menit, Bowties 12 menit, Shells 13 menit, Penne 14 menit,
*****
SAN REMO
INSTAGRAM
FACEBOOK
YOUTUBE 
WEBSITE

4 comments :

  1. Yummy...
    Mudah2an ntar mimpi makan semua jenis masakan yang di post di atas
    *ngarep
    *mbacasebelomtidur

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh jangan mimmpi aja ya semoga bisa icip beneraaan

      Delete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...