Jalan-jalan malam di Sukabumi, sambil merasakan udara dingin Sukabumi, dan jalanannya yang tidak macet.. bersama teman segenk atau pasa...

Kunjungi Kuliner Malam Sukabumi!

Thursday, November 30, 2017 Han Fauziyah 5 Comments


Jalan-jalan malam di Sukabumi, sambil merasakan udara dingin Sukabumi, dan jalanannya yang tidak macet.. bersama teman segenk atau pasangan sambil bergandengan.. menjadi sesuatu yang menyenangkan. Banyak kuliner Sukabumi yang wajib didatangi ketika malam hari, banyak banget lho kulineran Sukabumi yang bukanya dari magrib sampai jam 10 malam atau terkadang dini hari :)

Nah, kali ini aku akan menggandeng kalian untuk melihat suasana kulineran malam Sukabumi yang tidak kalah menarik dari Resto dan Cafenya~

1. WEDANG RONDE PARADISE


Di pinggiran jalan besar, yang sering dikenal dengan Kota Paris, terdapat satu tempat kulineran yang memanfaatkan lahan tempat parkir sebagai lahan berdirinya para tenant yang mampu mengisi perutmu. Namanya Wedang Ronde Paradise, kenapa namanya Paradise? Simple... karena pemilik ini katanya pemilik salon paradis, letaknya pun di depan Salon Paradise. Jadi jika siang tempat ini hanya sebuah tempat parkir untuk toko-toko termasuk salon Paradise disitu. Wedang Ronde Paradise ini berdiri cukup lama, dari 2010.
Di sini kalian akan melihat tenant-tenant yang terdiri dari beberapa gerobak abang-abang yahud yang menjajakan makananya, dari mulai Wedang Ronde sebagai pemikat dan si artis yang diunggulkan, ada sekoteng, dan jajanan lainnya.


Menikmati makanan di Wedang Ronde Paradise ini kita disediakan lesehan sangat sederhana, tidak memiliki sekat antara pengunjung satu ke pengunjung lainnya. Untuk yang tidak biasa dengan tempat seperti ini akan risih karena agak bersenggolan dengan orang sebelahnya, namun buat saya yang emang suka sekali tempat lesehan apalagi makanannya enak dan murah, dijabanin ajaaaa dan malah asik bisa bencengkrama dengan seru. Bahkan terkadang bisa mendengar cerita pengunjung sebelah yang terdengar super heboh :P

Cara makan di sini gimana?
Di Wedang Ronde Paradise tidak menyediakan meja banyak, karena lesehannya itu sebenarnya teras depan dari toko-toko, sehingga kalian hanya bisa dapat meja untuk yang duduk paling depan di area lesehan itu, untuk yang dibelakang kita bisa menaruhnya di lantai atau menggenggamnya di tangan... ya ala-ala lesehan saja :)

Tempatnya sendiri jangan diharapkan akan sebersih Resto atau Cafe ya, karena disini benar-benar kayak makan dipinggir jalan, sehingga sanitasi lingkungannya kurang, namun masih ok untuk didatangi.

Menu Wedang Ronde Paradis
Nah inilah menu-menu yang mampu memporak-porandakan pertahanan perut dan dompetmu! Makanan yang disajikan sangaat banyak. Untuk memesan menunya, kalian harus antri dulu di depan kasir dan memesannya, tentu saja harus langsung dilunaskan ya :)
Harganya terbilang murah, di ibukota jarang mendapatkan harga IDR 12k dan IDR 14k alias Rp 12.000 dan Rp. 14.000 untuk jajanannya, rata rata di atas IDR 12k :)
Nah di Wedang Ronde Paradise ini, dengan uang 50k kalian bisa menikmati 3-4 menu bahkan masih kembalian :D
Yuk icip icp review menunya dulu..

Wedang Ronde Solo


Wedang Ronde Solo

Nah inilah dia si artis unggulan setiap malamnya: Wedang Ronde Solo!
Wedang ronde ini disajikan di mangkuk kecil, dengan si bulat-bulat ronde warna-warni, disajikan dengan kuah jahe yang hangat dan menyenangkan di mulut~ rasanya sendiri seperti air jahe, enaaak, rondenya mirip mochi gitu, teksturnya kenyal, bentuknya bulat dan ukurannya kecil, isiannya kacang yang sudah berbentuk bubuk kasar.

Rating: 4/5


Sekoteng


Sekoteng
Di Wedang Ronde Paradise ini jual sekoteng juga lho... disajikan dalam mangkuk kecil, yang isinya seperti foto di atas hehe. Saya lupa banget foto sekotengnya, karena pas terakhir kemarin ke sana tidak memesan itu. Nanti akan saya update ya!

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu gejrot emang paling nikmat untuk diicip-icip sampai habis di malam bahkan kondisi apapun! Tahunya disajikan di mangkuk kecil, kadar level pedasnya bisa request ke babang Tahu gejrot. Saya memilih level sangat pedas. Saat tahu gejrotnya hadir, saya mencicipinya dengan semangat. Tekstur tahunya lembut, rasanya manis, asin, dan pedasnya kurang hahaha, malah lebih terasa manis, buat saya yang doyan pedas, kurang poool pedasnya :p

Rating: 3/5

Pisang Goreng+Topping (Keju)



Ini paling surgawi buat panca indera penciuman saya!!!!! Ya allah, pas babang pisang gorengnya beraksi menggoreng pisang, haruuuuumnya enggak nahan! Semerbak mengudara sangat luar biasa menggoda!!! Sampai enggak kuat buat nahan, akhirnya pesan pisangnya, tak lupa ditambahan parutan keju. Pisangnya punya tesktur yang garing di luar, namun sangaaaat empuk dan lembut di dalam, pisangnya pun manis, tidak sepat, dan nikmat bangeeet!
Lagi jaman pisang goreng di Jakarta, nah di Sukabumi pisang ini sudah lumayan lama hadir dan menggoda~ :D

Rating: 4.6/5

Otak-Otak



Untuk tenant otak-otak, siomay dan sate taichan jenis pembayarannya berbeda, kita bisa langsung bayar karena disini pembayarannya terpisah dengan si Wedang Ronde, namun masih masih lokasi. Harga yang ditawarkan masihlah murah dan terjangkau, dari mulai kisaran IDR 15k-20k, untuk sate taichannya harganya IDR 2k/tusuk, namun karena saya enggak coba, jadi belum tahu ya hehe.
Nah kemarin lihat otak-otaknya.. terus kepincut mau beli tapi perut sudah enggak muat. Otak-otaknya digoreng super gariiing gitu! Belum coba jadi rasanya belum tahu gimana hehehe. Nanti akan coba diupdate ya untuk rasanya... sebentar lagi saya pulang ke Sukabumi :)

Sosis Bakar




Sama halnya dengan sate taichan, sosis bakar pun kita langsung bayar ke babangnya, tanpa harus ke kasir. Sosis yang dipakai ukuran jumbooo~ dioles-oles pakai bumbu yang tebel, dan mantaaap banget! Asiknya lagi dibakarnya tidak sampai banyak gosong-gosong gitu.. rasanya enaaak~ saya coba yang keju, dan supeer sekali!!!!

Price: IDR 12-15k
Rating: 4/5

Lokasi Kuliner Wedang Ronde Paradise:
Jl. Nasional III (Kota Paris) (Depan Salon Paradise dekat Batagor Ihsan), Kebonjati - Sukabumi

2. BANDROS ATA

Bandros Ata salah satu bandros terfamouuuuuuusssssss di Sukabumi, saking famousnya nama bandros ini dikenal sudah sampai luar kota. Bandros Ata punya lokasi tidak jauh dari Wedang Ronde Paradise, berjualan di trotoar dan menjajaki makanannya disitu, dengan beberapa meja plastik dan kursi panjang yang terbuat dari kayu.

Kenapa sih Bandros ini terkenal banget?
Wah.... kalian harus coba banget sih bandrosnya! Tekstur bandrosnya supeeerrrr lembut, harganya murah, bandrosnya tebeeeel, dan mereka inovasi bandrosnya menjadi rasa cokelat. Tempat Bandros Ata ini pun karena dibuka dari jam 21:00 sampai jam 05:00 pagi, bisa menemani kalian yang pulang kemalaman dan pengen menghangatkan diri di udara malam Sukabumi.

Selain menjual bandros, menjual beberapa minuman juga seperti cokelat hangat, susu, energen, dan minuman STMJ. Buat para pelancong, wajib deh ke sini!
Fotonya menyusul ya.... karena ponsel lowbet, enggak bisa foto. Sekalinya ponsel hidup, malah enggak jadi ke Bandros Ata >.<.

Lokasi:
Jl. Gudang No. 1 (Dekat perempatan lampu merah), Kebonjati - Sukabumi

3. SEKOTENG SINGAPORE



Sekoteng Singapore menjadi tujuan destinasi pertama jika ingin makan sekoteng di malam hari. Sekoteng Singapore ini dulu berjualan dari jaman masih digerobak dengan hanya makan di trotoar berbekal meja dan kursi plastik, hingga menjadi satu kedai kecil yang seluruh kedainya dicat kuning tua, dengan meja dan kursinya bermaterial kayu didesain mengelilingi dinding, memuat agak banyak pengunjung, dan masih ada kursi dan bangku plastik yang sudah disiapkan di depan jika kedai full table.


Sekoteng Singapore

Sekotengnya menawarkan dua rasa: Panda dan Jahe. Favoritku pandan. Di dalam sekotengnya terdiri dari roti, kacang hijau, butiran mutiara, kolang kaling, dan beberapa ingerdients lainnya yang saya tidak tahu namanya >.<
Disajikan masih sangat panas, aroma pandanya tercium namun tidak pekat. rasanya supeeerrr enaak banget! Susunya tidak berlebihan sehingga manisnya sangat pas!!! Semangkuk mampu membuatmu bertahan sebagai pengunjung tetapnya! Saya adalah salah satu korbannya :D

Lokasi:

Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kebonjati - Sukabumi


Jadi, kuliner malam malam yang menjadi destinasimu nanti?
Kusarankan.... KETIGANYA DICOBAAA~ >.<


Sampai jumpa di kuliner selanjutnyaa.
Chuu~

5 comments :

  1. Benar-benar menggoda selera... Tapi harganya lumayan juga dibanding daerah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.... seriusan? Cool!! Tinggal dimana kah? Yuk yuk share kulinerannya juga :D

      Delete
  2. Sekoteng dan tahu gejrot tetap jadi kuliner sukabumi terfavorit sampai sekaranggg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekoteng Sukabumi emang enaaak banget yaa!
      Favoritkuuu jugaaa~

      Delete
  3. Wedang rondenya mantep mbak,apalagi disantap pas musim ujan gini. Hehhehe

    ReplyDelete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...