Kopitiam merupakan salah satu tempat ngopi anak muda Sukabumi, berdiri sejak tahun 2014. Tempat ngopi ini mengusung tema coffee bar di...

Coffee Bar: Kopitiam Suryakencana, Tempat Ngopi Anak Muda

Wednesday, June 01, 2016 Han Fauziyah 24 Comments

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam merupakan salah satu tempat ngopi anak muda Sukabumi, berdiri sejak tahun 2014. Tempat ngopi ini mengusung tema coffee bar di Sukabumi dan dibuat sederhana and cozy untuk chit-chat bareng teman dan pacar. Tempatnya mudah ditemukan, karena memiliki lokasi di pusat kota Sukabumi, dan memiliki signboard besar dan menyala di malam hari, sehingga mudah dalam menarik pengunjung. Kopitam letaknya satu area dengan tempat praktet Dokter gigi Dessi dan tidak jauh dari indosat.
Kopitiam ini mulai buka pada sore hari hingga malam. Untuk yang doyan nongkrong dan ngopi, Dominan tempat nongkrong ini dikuasai kalangan muda. Kopitiam ini asik banget untuk dijadikan pilihan.

(Baca Juga: Viesta Cafe & Coffee Bar, dan Praline Coffee)

KOPITIAM


Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Kursi dan meja yang digunakan di Kopitiam ini bermaterial kayu furnished, dengan warna yang mendominasi di keseluruhan interiornya yaitu cokelat dan hitam. Lantainya masih berupa ubin, bukan lantai berkeramik. Kesan warna Kopitiam terasa agak gelap, namun diberikan beberapa sentuhan manis seperti memajang beberapa interior.

Penataan ruangannya sangat baik dan tertata rapi, dulu pertama kali saya kesini tempatnya sangat kecil dan jarak antara meja ke meja sangat berdekatan. Pencahayaan ruangannya pun sangat cukup. Lampu yang digunakan di Kopitiam jenis lampu bulat warna kuning. Memberikan kesan hangat, nyaman, dan betah sekali kalau ngopi disini. Sanitasi ruang Kopitiam sangat baik, kebersihanya dijaga. Sanitasi pekerjanya pun cukup baik, mereka mengenakan baju dengan rapi dan memakan hair band di kepalanya.

Untuk pembuatan kopinya, bisa dilihat di area bar. Barnya memang bukan seperti bar dengan kursi tinggi dan mengelilingi meja, hanya semua spot yang menggunakan material seng *?* dan berukuran memanjang. Di bar itu pula tempat order dan cashier, serbaguna sekali kan hihi.

Disini tidak ada ruangan ber-AC, jadi pengunjung bebas merokok, tapi beberapa kali saya ke sini, saya tidak pernah terganggu adanya asap rokok, karena memang para pengunjung perokoknya tidak 'agresif' dan produktif dalam merokok. Jadi masih aman untuk hidung dan ruangan oun tidak berbau rokok. 

Kopitiam Sukabumi

Black board ini dipakai untuk menulis promo, karena setiap bulan biasanya Kopitiam mengadakan promo, seperti potongan harga atau diskon... atau buy one coffee X get cake or something sayang ga menyediakan biro jodoh *eh.

SRUPUT KOPINYA!


Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Disini order harus ke spot bar, dan disana tergantung papan yang berisi menu-menu yang disediakan, jadi jangan berharap ada buku menu #GoGreen >.<
Pilihan menu coffee di Kopitiam ini sangat banyak, ada jenis hot coffee, ice coffee, blended coffee, espresso, dan jenis minuman laiinya seperti juice and tea. Harga minuman disini range IDR 5k - 25k. Bean coffe yang dipakai di Kopitiam salah satunya papua wamena.
Makanan yang disediakan disini didominasi dengan makanan ringan untuk cemilan seperti cireng, siomay, nachos, ceker dll.. menyediakan makanan berat seperti pasta dan curry rice. Harga makanannya range IDR 10k - 40k.

PIZZA CARBONARA

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Pizza carbonara Kopitiam memiliki visual yang menarik sekali, but... ukurannya terlalu kecil, diameternya hanya satu jengkal telapak saya. Teksturnya sangat kering dan keras, tebalnya sangat tipis. Aroma pizzanya harum sekali, bener-bener fresh from the oven. Menggunakan topping melted cheese dan potongan beef. Setelah mencicipi, rasa pizzanya enak dan nagih! Terasa creamy dan ada sensasi 'krek' pada setiap gigitannya, karena benar-benar crispy dan seperti crackers. Buat saya ini unik dan kreatif, karena jarang sekali pizza yang bentuknya seperti ini! Hanya saja kekurangannya ukuran pizzanya terlalu kecil dan pinggir pizza terlalu keras. Hmmmm padahal enak sekali untuk dijadikan cemilan.

Price: IDR 40k
Rating: 4/5


Kopitiam Sukabumi

CEKER PEDAS


Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Saya girang sekali karena di Kopitiam menyediakan ceker. Visual cekernya cukup menarik, dengan taburan biji wijen, potongan daun dan bumbu cabainya. Cekernya ada 4 potong dan cekernya tidak gemuk-gemuk seperti ekspektasi saya. Cekernya kecil, kurus dan jumlahnya terlalu sedikit. Rasa cekernya enak, terasa gurih dan ada sensasi pedas disetiap gigitannya, daging cekernya empuk sekali, bahkan tulangnya pun empuk. Aromanya cukup menggiurkan, cekernya tidak berbau amis. Saya menikmati cekernya untuk cemilan. Semoga nanti cekernya bisa lebih gemuk lagi dan porsi lebih banyak hahaha.

Price: IDR 15k
Rating: 3,7/5

MALIBU COCONUT

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Saya penasaran sekali dengan malibu coconut ini, saya sudah biasa coba coffee campur alpukat, tapi untuk campuran coconut belum pernah. Akhirnya memutuskan untuk mengakhiri rasa penasaran saya. Malibu coconut ini ada 3 gelas: dua gelas kecil berisi coffee dan coconut, dan satu gelas berukuran sedang dengan isi es batu. Cara penyeduhannya simple saja, tuangkan coffee dan coconutnya ke dalam gelas berisi es batu, lalu aduk. Ah ya.. coconut yang dipakai ini air santan, dan teksturnya cair tidak kental.
Aromanya malibu coconut ini enak sekali, harum dan sensasi coffeenya terasa di pangkal hidung. Warnanya menjadi cokelat muda. Rasa malibu coconut ini terasa sekali coffeenya malah sangat dominan dan coffeenya light, tapi kita juga akan merasakan sensasi agak asam dari coconutnya namun tidak mendominasi. Saya berekspektasi akan ada sensasi sedikit gurih tapi ternyata tidak haha. Saya suka dengan malibu coconut ini!

Price: IDR 20k
Rating: 3,8/5

AVOCADO CREAM

Kopitiam Sukabumi

Avocado cream ini campuran coffee dengan alpukat. Tekstur avocado cream cair dan warnanya coklat muda. Aromanya enak dan asik banget. Coffee dicampur alpukat selalu menjadi favorit saya. Rasa avocado cream ini enak sekali, segar, dan nagih. Coffeenya light dan alpukatnya pun terasa sekali, ingredients utamanya berpadu dengan sempurna, top deh!

Price: IDR 20k
Rating: 4,8/5

HOT CHOCOLATE

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

God! Saya lupa banget tidak mencicipi cokelat ini zzzz.. Ini pesanan punya teman saya, dan saya lupa mencicipinya.. maafkan! Saya tidak bisa review minuman ini, nanti akan saya edit jika ke sana lagi dan mencicipi minuman ini hahaha. Peace!

Price: IDR 14k

ICE JAMAICAN COFFEE

Kopitiam Sukabumi

Kopitiam Sukabumi

Jamaican coffee ini minuman yang direcomendation dari baristanya untuk saya yang kepengen coffee tidak terlalu manis namun enak. Visual jamaican coffee ini menarik hati, mata langsung berbinar lihat minuman cantik ini. Saya sampai ga tega buat mengaduk minumannya hahaha.
Aromanya enak, harum dan asik banget! Minuman ini memiliki 2 warna yaitu cokelat dan putih, namun setelah diaduk menjadi cokelat muda. Rasa minumannya...... ENAK! SUPER ENAK! Jamaican coffee memberikan sensasi yang sangat nagih sekali di lidah! Rasa coffeenya light, dan ada sensasi soda (seperti khas soda di AW). Perpaduan yang perfecto dan lezatos! Terima kasih barista sudah membuat kopi yang extraordinary ini!!
RECOMMENDED! SUPERRR!

Price: IDR 25k
Rating 5/5



Saya sudah beberapa kali ke Kopitiam, dan tidak mengecewakan.. saya sudah mencicipi beberapa menu makanannya, tapi hanya bisa diposting dua, karena fotonya hilang entah kemana hmmm...
Kopitiam ini asik banget buat dipakai ngopi dan nongkrong bareng teman segenk dan atau dalam misi pengenalan lawan jenis hahaha..
Saya ingin ke kopitiam suryakencana lagi untuk mencicipi coffee yang lain :)



Tax: 0%
Sanitasi Ruang: ****
Sanitasi Pekerja: ****
Service: ****
Halal: Belum dilabeli MUI
NO PORK and NO HAM





See you on the next posting, guys! Chuu~










KOPITIAM SURYAKENCANA
Jl. Suryakencana - Sukabumi (dekat Indosat)

24 comments :

  1. Hai hans.. ngopi yuk?
    hahaha dari sekian banyak kata kopi tiam aku nggak menemukan apa sih kopitiam itu ?
    Bukannya kopitiam itu adalah nama dari sebuah jenis kopi yah?

    Nah di jakarta juga banyak kopitiam.. tapi aku nggak ngerti apa beda kopitiam sama kopi biasa..
    dan kenapa kopitiam selalu tempatnya hits hits gitu lho, cozy.. hehe.
    Kayak yang kamu post disini..

    jadi pengen ngopi.. dan nongkrong.. dan nyemil..
    dann..
    eh hemat eh. anak kosan wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAYUUUK!!! aku jabanin kalau ngajak makan dan ngopi hhihihihih...
      Kopitiam itu berasal dari kata kopi-tiam (bahasa Tio Chiu) yang diartikan sebagai warung kopi. Begitulaaah. Bukan jenis kopi.. lebih ke tempat yang menyediakan kopi hehe.

      Hahahahah kopitiam ngehits soalnya dari jaman dulu banyak warung kopi atau kedai kopi namainnya kopitiam. Jadi semacam budaya yang terus ngalir gitu :)
      jadi nghitsnya mungkin karena 'kepercayaan' yang ada nama 'kopitiam'nya pasti kopinya enak.
      padahal banyak juga nama kedai kopi lain yang menyuguhkan kopi yang enak-enak..

      hahahahahaah TANGGAL MUDAAAAAAA HARUSNYA AKAN ENAK LIIIIIIIIIII :D
      jangan hemat dulu lah untuk taggal muda hahhahah

      Delete
    2. Ooh aku kira kopitiam itu jenis kopi lho
      Hahaa oiya ya ini tanggal kejayaan anak rantau

      Btw aku di jakarta barat, emang beneran mau ngajak kulineran ?
      situ kan di sukabumi

      Delete
    3. hahahah kejayaan niiih. tapi belum apa-apa bokek duluan LOL.
      aku ngekost di Jaksel dari maret kemarin. Sukabumi rumah tetap, pulang kalau mau aja hahaha.

      kalau kamu mau diajak kuliner... hayuk hahahaha

      Delete
  2. Asik nih tempatnya. Bisa jadi referensi kalau mau bikin usaha dengan konsep tata ruang yang begitu. *Otak dagang..
    Selain hidangan, lay out tempat adalah yang saya perhatikan sih. Buat belajar. entah kenapa saya kayaknya ada ketertarikan dengan hal itu..

    Btw jadi pengen ngopi-ngopi ganteng di situ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa,,, bisa tuh dicoba cara penataan ruangnya, apalagi ini pun berubah setelah hampir 2 tahun berjualan lho, dulunya lebih sederhana sekali... tapi rameee banget pengunjungnyaaa :)
      bisa dicoba dengan layout sederhana dulu kalau modalnya ga besar.. asal peracikan kopinya enak pengunjung akan selalu kembali lagi :)

      huhhehehe coba-cobaa. asik disitu ngopinyaa :D

      Delete
  3. kesasar di Blog yg bikin laperr..
    nuansanya coffee barnya cakep juga, suatu saaat bisa mmpir ke sini klo ke suka bumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kekeke maaf yaa.. yang punya blog sering kelaparan, jadi ngajak readers kelaperan juga biar nemenin :p
      ayooooo ke Sukabumiiiiii :D

      Delete
  4. Saya memang bukan pecinta kopi sejati, sometimes aja itupun yang sudah dipermak, tapiiii saya cinta banget desain-interiornya tiap kopitiam, yang manapun pokoknya ^^ dibanding menghabiskan kopi, lebih lama mandangin bangunannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe kalau saya pecinta kopi tapi ga konsumsi setiap minggu. kopi permak emang enaaaakk sih hihihi...
      wah sama bangeeet, lebih lama mandangin interior bangunannya dan betah karena itu hahah >.<

      Delete
  5. Tempatnya pewe gitu ya, Han. Dan aku setuju sama yang kamu bilang soal ceker. Visualnya ceker itu cukup menarik. Trus deskripsi kamu soal pizza-nya.... AAAAAAAAK! Jadi kepengen. Enak banget kayaknya. Nggak papa ukurannya rada kecil deh pinggirannya rada keras. Aku suka yang keras-keras. Apalagi kalau bikin si Abang keras. Eh. Astagfirullah :(

    Yang Avocado Cream, aku jadi inget temenku deh, Han. Dia pecinta alpukat garis keras. Kayaknya dia bakal ketagihan kalau minum itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeees cha, emang pewe dan bikin betah. Iya visual cekernya cukup menarik tapi terlalu kurus aaja hahaha.
      Ih ih ichaaa hahahaahhahah doyan banget sama yang 'keras-keras', ehem, kalau gitu sini coba pizzanya cha. Keras banget itu pinggirannya hahahahah.

      duh itu enak cha, harus ajakin temenmu ke sukabumi deh.. :D
      aku aja ketagihan kok. padahal masih doyan alpuket garis lembut lol

      Delete
  6. meski keliatan yummy banget
    sayang di perut aku kopi ga bisa masuk han, seringnya bikin maag kambuh kalo ga mules hihi

    ada minuman selain essense kopikah?
    kalo kafe kopi dominannya cemilannya kueh-kuehan ya
    e surprise juga ada ceker egeggeg

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaahhh seriusan??
      ada kok yang selain kopi, kayak taro or redvelvet, green tea, blackforest atau juice.

      iya rata-rata tempat ngopi kan banyak bakery or patiserrie, tapi disini makanan cemilan tradisional kayak cireng, ceker ada hihihihi...
      favorit cekeeeeerrrr :D

      Delete
  7. Penempatan foto pertama yaitu secangkir hot chocolate yang sangat menggoda itu adalah sebuah keputusan tepat Han! Eye catching, dan seterusnya gua jadi betah baca ampe bawah, soalnya disuguhin banyak foto-foto kuliner dan interior yang kece.

    *Ah, jadi kepengen kesana*

    Ya, kopitiam itu adalah istilah untuk warung kopi, dan setahu gua itu disadur dari negeri jiran. CMIIW. Kalo di deket kantor gua, ada Killiney Kopitiam. Meski gua baru dua kali kesana, at least bisa ngerasain nongkrong-nongkrong di kedai kopi hehe.

    Wow, desain interiornya oke juga ya, menampilkan kesan cozy. Jadi, Kopitiam Sukabumi ini udah mengalami perubahan, begitu? Berarti mereka mengikuti perkembangan pasar, toh yang diincer kan anak muda, yang memang suka akan tempat-tempat nyaman dan keren.

    Wah, alhamdulillah ya Han, meski ruangannya tidak ber-AC, para pengunjungnya ngga lantas merokok dengan agresif, hal yang sangat gua jauhi kalo emang ada hehe. Gua ga tahan sama asap rokok, bisa-bisa malah ngedumel sendiri bukannya menikmati hidangan :p

    Go green ga pake kertas-kertas menu segala, salut.
    Waduh, itu pizza carbonara-nya cuma seukuran satu jengkal tangan? Minimalis banget ya hehe. Dilihat dari tampilannya kayaknya oke tuh rasanya.

    Ah, unik juga ada ceker pedas segala. Baru ngeh ada kedai kopi yang nyediain ceker hehe. Untuk minuman, berarti yang paling recommended versi lo adalah Ice Jamaican Coffee ya, soalnya lo kasih rating 5/5, which is perfect (sampe lo pun ga tega untuk ngaduk minumannya haha). Ah sayang tuh Han, ga dicobain yang hot chocolate-nya. Dari tampilan, gua udah ngiler lihat si hot chocolate, penasaran bakal lo kasih rating berapa. Ayo lah diupdate kalo maen lagi kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. huheheheheh makasiih banyaaak Bay. You always gimme a jackpot setiap kali baca komentarmu.
      padahal awalnya kukira pake foto itu kurang menarik lho bay hahaha.
      ayoo dong ke Sukabumiiiiii... kalau mau ke Sukabumi kabariiiiiii deh, aku siap menemanimu sampai dengan selamat ke kopitiam :D

      oh dari negeri jiran ya Bay? aku cuma tahu dari bahasa Tio Chiu.
      huwaaah kantormua dimana Bay? di Killiney Kopitiam aku belum nyoba nih hihi. akhirnya kamu bisa nyoba nongkrong ngopi-ngopi ya :D

      iyeees. sekarang jadi tambah cozy banget.. dulu tempatnya kecil dan terlalu deket mejanya. terus karena emang kopitiam ini juga selalu ramai, bahkan suka sampai pasang kursi plastik di luar cafe, akhirnya bisa memperluas cafenya.. :)

      beneeer Bay, aku aja ga suka nyium bau rokok dan persis kamu juga, ngedumel gitu hahaha. malah aku kalau mau makan ujungnya pencet idung itu it's must karena ga kuat bau rokok. makanya berkali-kali ke Kopitiam untungnya selalu ga nyium bau rokok, kalaupun ada ya berjauhan juga duduknya dan ga agresif, bersyukur sekaliiii..

      iya sayangnya pizzanya kekecilan hahahah. padahal enaaak!
      ahahahahah di Sukabumi nih yang adain ceker, asik banget emang Bay,, apalagi buat orang yang doyan ceker kayak aku kekekeke.

      JAMAICAN DEBEST BANGET BAY. duh enaaak paraaaah!!!
      iya bay, nanti aku coba chocolatenya deh pas ke sana lagi. kalau udah ke sana lagi kukasih rating deh biar kamu ga penasaran hihihihih. padahal cover postnya minuman chocolatenya ya hahahahahah

      Delete
  8. rindunya jalan2 dan nongkrong di surya kencana, mungkin sekarang sdh banyak berubah ya dibanding dulu. dulu blm ada kopitiam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah dulu pernah ke sukabumi ya?
      sekarang suryakencana banyak bangeeeetttt tempat kulinernya, cafe, tempat ngopinya juga :D

      Delete
  9. Kopi memang menjadi pilihan minuman yang paling nikmat di dunia ini, para pecinta kopi berhasil meramu dan menciptakan inovasi dalam penyajian secangkir kopi.
    ditambah lagi sekarang kopi bukan hanya bisa dijadikan minuman, tapi juga sudah banyak sekali makanan yang berbahan dasar kopi. Kopi Ajib banget deh....

    Baca artikel ini rasanya minuman n makanan diatas seperti ada disebelahku yang siap di nikmati. jadi ngiler....xixixi

    Oh iy salam kenal ya mbak, mari berkunjung ke blog saya di http://www.amiraja.com/ . saya sudah Follow blog mbak, di tunggul Folbacknya ya mbak. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.. beer banget deh katamu... dari sekedar jualan kopi aja bisa jadi usaha besarrrr jugaaaa. apalagi aroma kopi tuh unik, beda beda... dan menarik banget untuk dicobaa!

      wajib coba ngopi di Kopitiam niiih
      kopinya seriusan enak enaak!!!

      terima kasih sudah komen, saya sudah follow dan akan segera mampir ke blog mbaaak :D

      Delete
  10. Varian campuran olahan kopinya sangat kreatif ya mbak. Tempatnya juga cozy, pas buat minum kopi bareng temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat ini emang selalu jadi favorit lhooo buat ngopi bareng temen...yuk mampiiirr juga :D
      kopinya benar benar enaaaak!

      Delete
  11. Akupun suka makan di kopitiam. Soalnya enak-enak hehe

    www.ernykurnia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaahhhh beeeenarkah???? :D
      asiiikkk ada teman juga yang suka mampir ke situuuuuu.

      aku blgowalking ke blogmu segeraaaaaa~

      Delete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...