Bulan Desember banyak sekali menyuguhkan liburan long weekend. So... Liburan Long Weekend ke mana nih? Nah,,, gimana kalau kalian mele...

Melepas Penat Dengan Suasana Asri di Saung Abah Resto & Cafe

Kamis, Desember 28, 2017 Han Fauziyah 10 Comments

Saung Abah Sukabumi

Bulan Desember banyak sekali menyuguhkan liburan long weekend. So... Liburan Long Weekend ke mana nih? Nah,,, gimana kalau kalian melewatkan tahun baru di Sukabumi?
Ada satu tempat makan supeeeerrrrrrrr menyenangkan dan bisa melepaskan penat, dengan menghirup udara asri dan pemandangan alam di Saung Abah! Seperti apa sih memikatnya Saung Abah? Yuk ah intip~


KEASRIAN SAUNG ABAH


Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Saung Abah berdiri sejak tahun 2009, mengusung tema family resto dengan masakan sunda. Saung Abah berletak di daerah Selabintana Sukabumi. Kalian bisa melihat tagline menyalanya Saung Abah dengan mudah karena berdiri di pinggir jalan. Saung Abah bangunannya tidak akan terlihat jelas dari luar karena dikelilingi oleh pagar dari tembok, namun masih terlihat dari pintu masuknya, sehingga kalian disarankan untuk masuk dan melihatnya.

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Hal yang menyenangkan pertama yang akan kalian temui adalah: Tempat parkir luas!!! Yes! Kalian tidak akan pusing memikirkan tempat parkirnya deh, karena mobil pun dapat menampung banyak. Bisa banget deh membawa banyak anggota keluarga ke sini~
Bangunan Saung Abah didominasi dengan warna cokelat yang berkesan tentram dan hangat. Saung Abah yang menyajikan makanan Sunda ini memiliki desain yang terlihat sekali khas Sundanya. 

Saung Sunda memiliki dua dining, yaitu Cafe dan Saung. Nah.. Bangunan yang pertama kalian lihat adalah Cafe, Mushola dan tempat istirahat penjaga di Saung Abah ini. Saung Abah menyediakan tempat tinggal bagi karyawannya :)
Jarang sekali bukan restaurant seloyal ini terhadap karyawannya? :)

Saung Abah Sukabumi

Di dalam Cafe terdapat kasir, ruang dining, dan live music setiap weekend..... digunakan untuk para customernya yang ingin bernyanyi!! Luar biasaaa~ dan Saung Abah pun menyediakan jasa pengiringnya lho, jadi musiknya tetap ada pengiring. Customer bisa menyanyikan apapun termasuk dangdutan~ Asooooyyyy!!!!

Saung Abah Sukabumi

Dari bangunan Cafe, jika kalian keluar dan berjalan ke bawah untuk melihat tempat Saung-saung berada, karena Saung Abah merupakan tempat makan yang menyediakan banyak saung. Total saungnya semua ada 20. Nah sekarang yuk kita ke tempat saungnya~

Saung pertama yang akan dilihat adalah bangunan yang sangat menarik, mencolok dan memikat untuk disinggahi. Tempatnya terbuat dari bambu dan kayu, dengan latar banyak pepohonan di belakang.. saya suka tempat ini! Ini satu-satunya saung yang bukan Saung lesehan. Jadi bagi yang yang tidak bisa makan di lesehan namun ingin berkesan saung dan menikmati asrinya alam di Saung Abah, bisa booking tempat ini~

Saung Abah Sukabumi

Untuk menikmati saung lainnya, kalian akan melewati jalan setapak yang terbuat dari batu-batu kecil, dengan pembatas bambu sebagai pagar sepanjang jalannya.

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi


Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah dipenuhi dengan berbagai macam pohon dan tanaman. Sungguh... datang ke sini dengan jiwa yang penat karena kerjaan, kuliah, hanya melihat dan merasakan bangunan jakarta serta polusinya menjadi hal yang sangat menyenangkan ketika datang ke sini untuk melepaskan hal itu... bisa merasakan udara yang asri dan menyejukan memang harus dilakukan sesering mungkin. Datang ke Saung Abah harus banget menjadi prioritas untuk mengenyangkan perut sebari menghirup oksigen dari seluruh pepohonannya.

Saungnya terbuat dari bambu, diisi dengan tikar, meja bambu, tempat tisu, dan satu kentongan berbentuk si Cepot yang berfungsi untuk memanggil Waiter. Setiap saung memiliki satu tempat cuci tangan yang bentuknya bukan dari wastafel namun kendi, uniikkkkkk maksimal! Bahkan disediakan sabun cuci tangan untuk setiap saungnya.
Saungnya benar-benar asik untuk dipakai berlibur dan makan bersama keluarga, teman bahkan pasangan kita. Kesejukan alami Saung Abah bikin betah banget berlama-lama disini. 19 Saung ini berbentuk lesehan, sangat menyenangkan untuk menselonjorkan kaki bahkan bisa tiduran hihihi~ hawanya enak banget buat tidur sih~
Hal asik lainnya yang saya nikmati ketika hujan~ suara hujan dan aroma tanahnya sungguh menenangkan, kapan lagi saya di Jakarta merasakan hal ini. 

Daya tampung saungnya maksimal bisa 15 orang. Bahkan kita bisa booking untuk acara-acara lho~ karena ada khusus bangunan yang disediakan untuk parasmanan.

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Selain saungnya dan pepohonannya yang memikat, ada satu kolam yang dikelilingi bebatuan yang sungguh indah. Menyegarkan bukan?

Ah ya, letak dapur di sini berada di bawah di area saung-saung, semua waiter disini mengenakan seragam rapi, mereka akan mengantar makanannya dengan mengangkat kedua tangannya ke atas hingga menyajikannya di atas mejamu. 

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi
Saung Abah
Saung Abah memiliki keunikan lain yaitu mushola kedua yang berada dekat di area saung. Ada bangunan kecil yang benar-benar sudah lama, terlihat dari kayu-kayunya yang sudah mulai melapuk dan berjamur, namun memiliki artistik sendiri yang memikat, bahkan sangat menarik saat difoto. 

KENYANGKAN PERUTMU~~


Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi

Buku menu Saung Abah dibuat sangat sederhana, diisi dengan deretan menu-menu yang sangat banyak, dengan deskripsi beberapa produk untuk menu paket, namun tidak memiliki visualnya. Menu-menu yang disajikan sangat menarik, dan banyak! Saya sendiri bingung ingin memilih makanan apa~

Menu yang disajikan di sini tidak hanya makanan sunda namun ada chinese dan western lho~ jadi buat anak yang susah makan tapi maunya makanan kayak pasta, sosis, dll... ada di sini~
Untuk menu special yang di unggulkan di sini adalah Nasi Liwet paket, terdiri untuk 4-6 orang dan bisa hemat lho karena harganya IDR 160-265k bisa sharing. Di dalam pilihan menunya ada pete! Bagi pecinta pete bisa coba aneka varian pete yang diolah di Saung Abah. Saung Abah ternyata memberikan banyak sekali varian terhadap menu-menunya seperti varian sambal, varian sauce untuk topping gurame, dan masih banyak lagi yang bisa membuatmu tergiuuuurrr~

Harga makanannya kisaran IDR 7k - 265k. Untuk snack dan dessertnya bisa memilih apa saja dengan kisaran harga IDR 15k-27k, dan minumannya punya banyak pilihan seperti kopi, teh, milkshake, soda, juice bahkan mix juice yang menariiiik~ dengan kisaran harga minumannya IDR 4k-20k.

Saung Abah Sukabumi

Setelah galau akhirnya.... inilah calon-calon makanan yang masuk ke dalam perut! Nasi liwet paket 4 orang, gurmae goreng, aneka sambal, dan colenak sebagai menu utama dan dessertnya~

Nasi Liwet

Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Nasi liwet Saung Abah sungguh menggoda iman takwa dan hati nuranimu, kawan! Kalian akan disajikan 3 potong ayam, 2 tempe, 2 tahu, potongan ikan gabus, sambal terasi yang digoreng hingga harum, dan lalapan seperti pohpohan, selada, dan timun.
Nasi liwetnya disajikan dalam panci atau pot khusus, dan di atas nasi liwet ada teri yang dibatasi dengan daun pisang. Terinya bisa diganti dengan ikan peda karena di sini memberikan dua option untuk lauk atasnya: teri atau peda. Saat daun pisang diangkat dari panci/potnya, aroma harum liwetnya semerbak mengisi seluruh rongga hidungmu!!! Errrr~~~ bikin enggak kuat deh buat nolak! Nasinya sangat pulen dan rasanya pun enak, bumbunya terasa!!!! Tempe yang disajikanpun tebal, lalapan pun sangat segar dan tidak layu.
Ternyata mereka selalu memasok semua bahan bakunya setiap hari lho, jadi benar-benar masih fresh! Sambal terasinya pun enak banget guys!!!! Ayam dibungkus daun pohpohan dan dicolek ke sambal terasi benar benar mantap!!!!

Price: IDR 164k (4 Orang)
Rating: 5/5

Gurame

Saung Abah Sukabumi

Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Gurame berukuran besar berpose dengan sempurna di piring berwarna putih, membuat gurame terlihat lebih mencolok. Guramenya disajikan degan saus kecap yang diberikan banyak potongan cabai atau cengek. Guramenya memiliki tekstur yang crunchy banget guys! Seriusan enggak lembek! Bumbunya pun terasa pas dan tidak berlebihan. Duuuuh ini enaaak banget ya ampuuun~~~
Biasanya suka dapet gurame benyek gitu, eh di Saung Abah guramenya benar-benar bikin nagih!! Warna keemasannya pun cantik banget! Dengan daging tebal dan dicolek ke dalam saus kecapnya, bikin makan semakin nikmat tidak duanya~~

Price: IDR 17k/Ons
Rating: 5/5

Colenak

Saung Abah Sukabumi

Colenak salah satu snack yang bisa dibilang jadi andalan Saung Abah ini. Disajikan dalam 5 potong yang bisa kalian icip-icip. Uniknya colenak dari Saung Abah ini, colenaknya ada 2 isian di dalamnya yaitu tape dan pisang! Teruuuuss..... diberikan topping gula merah lho guys, ditambah serundeng pula!!! Wiiiihhh.... baru deh nemu colenak inovasi unik ini di Saung Abah! Tesktur colenaknya sangat super luar biasa lembut! Rasa manisnya pun alami dari gula dan si pisangnya.. hmmmm bisa bayangin enggak nih kelembutan tape dan pisang, ditambah si manis menggoda gula merah dan gurihnya serundeng... wih yang menimbulkan sensasi bahagia di mulutmu!!!!!

Price: IDR 15k
Rating: 5/5
Varian Sambal 

Saung Abah Sukabumi

Orang sunda yang doyan sambal, eh ralat.... orang Indonesia yang doyan sambal, bakal tergiur dengan varian sambal yang disajikan Saung Abah. Saya memesan semua varian seperti sambal terasi dadak, sambal cikur, sambal oncom dan sambal tomat.

Price: IDR 9k

Saung Abah Sukabumi
Sambal Tomat
Sambal tomat Saung Abag memiliki warna yang beaneka ragam seperti ada unsur hijau, orange dan merah. Sambal tomatnya terasa tomat dan tentu saja masih terasa pedas. Sambal tomatnya dicampur dengan bawang merah, cengek, dan cabai lainnya. Tingkat pedasnya sendiri masih dapat ditolerasi bagi yang tidak terlalu suka pedas banget.

Tingkat Kepedasan: ***

Saung Abah Sukabumi
Sambal Cikur
Aroma sambal cikur paling terasa dibandingkan sambal tomat. Terlihat ada cikur yang disajikan ditengah sebagai tandanya. Sambal cikur ini punya tikat pedas yang luar biasa guys!!!! Buat yang masih belajar makan pedas hindari yaaaa, ini khusus buat yang kuat pedas poool!!!!

Tingkat Kepedasan: *****


Saung Abah Sukabumi
Sambal Terasi Dadak. (This pic taken by @ganifebrian)
Sambal terasi dadak ini berbeda dengan sambal terasi goreng, visualnya pun lebih pucat dan aromanya tidak sekuat yang digoreng. Terasinya terasa deh pada sambal ini, sambal ini pun menggunakan bawang dan tomat lho~ rasanya pun tidak terlalu pedas... jadi tidak akan membuat mulut kalian terasa terbakar.

Tingkat Kepedasan: **

Saung Abah Sukabumi
Sambal Oncom
Ingin makan sambal namun tidak ingin ada sensasi cabai pedas apapun? Kalian bisa coba sambal oncom nih. Sambalnya terbuat dari oncom, bawang.. dan memiliki tekstur tidak basah. Ini enaaaak guys!!!

Tingkat Kepedasan: *

Beverage

Saung Abah Sukabumi
Juice Mango Vanila Smoothies
Pilihan minuman akhirnya jatuh ke pilihan juice. Juice Saung Abah punya pilihan yang menarik, seperti juice monberry, juice pelangi, juice mesir dan juice mango vanilla smoothies. Saya mencoba 2 pilihan: Juice mango vanila smoothies dan juice pelangi.
Juice mango vanila smoothies ini disajikan dalam gelas tinggi dengan lemon yang berpose sebagai garnish. Juice campuran mangga dengan vanilla essence dan ada sensasi perasan lemon. Aroma vanilla essencenya terasa lho guys, dan teskturnya yang kental, dengan rasa perpaduan lemon dan mangganya enak dan sungguh unik di lidah! Belum pernah saya mencoba perpaduan ini~ manisnya pun cukup!

Price: IDR 16-20k
Rating: 4,3/5

Saung Abah Sukabumi
Juice Pelangi


Saung Abah Sukabumi
This pic taken by @ganifebrian

Juice pelangi ini benar-benar memiliki visual seperti pelangi guys, Merah-kuning-hijau! Jadi juice ini menggunakan 4 buah dalam satu genggaman gelas ini. Lapisan pertama berwarna merah dibuat dari pepaya dan strawberry, lapisan kedua terbuat dari mangga dan lapisan ketiga terbuat dari alpukat. Teskturnya kentaaaal, rasa manisnya pas... dan saya suka sensasi yang diberikan pada setiap lapisannya.. Untuk menyatukan rasanya kalian bisa aduk juicenya ya~~~

Price: IDR 19k
Rating: 4,8/5


Setelah akhirnya melepaskan penat, dan mengenyangkan perut di Saung Abah, saya benar-benar akan selalu kembali untuk menikmati saungnya yang sangaaat cantik, dan hidangan sundanya yang memberikan kesan dilidah dan di hati. Menariknya Saung Abah sungguh membuat makan benar-benar ala sunda di saung! Menjadi daya tariknya sungguh seperti magnet! Sudut-sudut Saung Abah ini sangat menarik untuk difoto, dan sangat instagramable guys!
Saya akan kembali dengan menu-menu lain yang ingin saya coba~

Sanitasi Pekerja: *****
Sanitasi Ruang: ****
Service: *****
Halal: Belum dilabeli MUI,
No Pork, Alcohol dan Lard

Yuk guys lewati liburan tahun barumu di Saung Abah!!!
and... See you guyss!!!!

Chu!

Saung Abah
Jl. Selabintana KM 5 - Sukabumi
OPENING HOURS: 11.00-21.00 WIB (Last Order 20.30)
TELP: (0266) 5248-207
FACEBOOK
INSTAGRAM

10 komentar :

  1. Ya allah mbak menunya bikin ngiler .....

    BalasHapus
  2. Kece nih restorannya, asri banget, dan pasti udaranya seger banget yaaaaa.. Makanannya pun enak-enak sekaliiiiii... nanti mampir ah kalo ke sukabumi, makasi sharingnya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. asri dan adeeeeemmmm banget!!!!!! wajib deh ke sana kalau ke Sukabumi, nyaman banget buat dipakai liburan..... :D
      Makasih juga udah komeeeen yaaa :D

      Hapus
  3. Aghhhh, itu sambel kucir yg paking pedes pgn aku cobaaa :D. Suka ih mba liat tempatnya.. Adem gini, aku yakin selera makan mah makin lahap. Daridulu aku slalu suka makanan sunda. Sambel ama lalap aja, plus pete lah, udh cukup buatku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah sambal kucir? yang manakah??
      bagus ya tempatnyaaaaa... aku pun betah dan suka bangeeet, apalagi buat foto-foto!
      Hihihihihi sambalnya banyak lagi disini, petenya jugaaahhh hihihi...
      mampiiiirrrrr~

      Hapus
  4. Kesukaan anak saya nih kalau makan sambil lesehan gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus coba nih mbak mir ke sana,,, super enak banget deh! dari suasana... pelayanan, dan makanannyaaa~

      Hapus
  5. Wah tempatnya keliatannya sejuk yaaa ^^
    Kayanya bakal coba kesana deh lebaran tahun ini kalo mudik ke rumah nenek :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah semoga bisa ke sana ya. tempatnya superrrr cool lho! bawa semua keluargamuuuu >,<

      Hapus

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...