안녕   ANNYEONG!! Okay. Actually, saya sebenernya buat post ini 2 minggu lalu. Tapi masih di simpan dalam draft... lalu tiba tiba hp Son...

Chingu Fan Cafe, Resto Korea yang Memiliki Banyak Fans

Sunday, September 06, 2015 Han Fauziyah 2 Comments

안녕 ANNYEONG!!


Okay. Actually, saya sebenernya buat post ini 2 minggu lalu. Tapi masih di simpan dalam draft... lalu tiba tiba hp Sony Xperia L saya hilang dan bertapa lagi di desa.. makanya saya baru bisa posting lagi di blog huhuhu maafkan.

YAAAAY! Finally saya baru saja mewujudkan wishlist 'Tempat Makan yang Ingin Dikunjungi'.
Hari ini saya ke Chingu Fan Cafe! YEAAAAH~~~~~~~~
Rasanya menyenangkan bisa ke sini, sebelumnya hanya bisa lewat Chingu saat masih di Jl. Prof. Eyckman. Sekarang saya bisa benar-benar mampir dan makan di Chingu!
Saya ke sini bersama dengan 4 wanita lainnya, 2 penggemar korea, 2 lagi bukan penggemar korea. Hahaha.

Saat saya ke sana, saya masuk waiting list.. karena pengunjung di sana sangat luar biasa banyak. Chingu Fan Cafe benar-benar memiliki banyak fans! Sekalipun memang Korea sudah banyak sekali peminatnya di negeri Indonesia, tidak semua resto/cafe lho yang bisa memiliki pengunjung sebanyak ini.

Akhirnya saya menunggu di dalam dan menikmati setiap interiornya...




INTERIOR CHIC BERNUANSA K-POP & K-DRAMA



Pertama masuk ke Chingu Fan Cafe, kita akan melihat sticker ini di lantainya yang mengartikan "Halo", pelayannya sendiri akan menyambut dengan berbicara "Annyeonghaseyo" pada pengunjung yang datang.





Di Chingu ada semacam "wishing tree" dari tumpukan kertas warna warni seperti ini. Pengunjung menulis apa saja di dalam kertas itu, ada permohonan, pujian untuk Chingu Fan Cafe, curhatan, bahkan ada yang menuliskan tentang artis korea favoritnya. Tulisan yang ditulis pun dalam bahasa indonesia bahkan hangul (tulisan korea). Wishing tree ini memberi kesan seperti di Korea (di Korea hal hal seperti ini banyaaak sekali) dan wishing tree ini terlihat sangat maniiis sekali karena ditaruh di dekat pintu depan untuk menyambut customer yang baru datang.






Nah ini dia tempat tunggu waiting listnya. Super unique and chic, kan? Chingu membuat interior yang memberikan kesan seperti Halte Bus. Dengan interior jalan dan ada tulisan 버스 (dibaca Boeseu) yang mengartikan Bus, dan haltenya pun diberi detail arah tempat.
Satu interior chic yaitu penunjuk arah di jalan, lengkap dengan Hangulnya, dan hal ini memberikan kesan seperti kita berada di Korea! Ah kreatif sekali!



Menggunakan Latar Art dari Drama "You Who Came From The Star"

Dinding Dipenuhi K-Drama dan K-Variety Show

Hangul Everywhere




Ini merupakan tempat makan di dalam Chingu Fan Cafe. Di tengah ruangan ada pohon imitasi yang membuat ruangan menjadi chic dan cantik sekali. Tempat duduk bernuansa kayu mengelilingi pohonnya. Ada beberapa lampu gantung dengan cahaya berwarna kuning, sehingga memberikan kesan nyaman sekali karena menjadi agak temaram. Sebagian dinding dilukisi doodle diambil dari drama "You Who Came From The Stars", bagian lain dihiasi poster K-drama dan K-Variety show berukuran kecil , ada yang dihiasi furniture lain yang menampilkan jenis makanan di Chingu Fan Cafe, dan sebagian sengaja diberi kesan dinding unfinished, sehingga hanya terlihat batu bata dan hanya di cat warna putih saja.

Di Chingu kita akan disuguhkan MV Korea, variety show dan lagu lagunya lho. Bahkan bisa request lagu juga. Ah ya di Chingu ada Free Wifi, layak dicoba karena speednya lumayan cepat !!!


[UPDATE]






Saya ke Chingu lagi pada tanggal 30 November 2015, dan ternyata Chingu membuat spot terbaru lho, spotnya dinamakan Gangnam, dengan nuansanya seperti di subway. Chic sekali! Tempatnya lumayan agak besar, muat sekitar 14-15 orang, spot ini didominasi warna putih dan biru.


AYO MAKAN ! (밥 먹자!)

Setelah asik menikmati interiornya, dan sudah bisa duduk serta memesan, akhirnya ini saatnya makan!

Menu Book


Saya sangat suka sekali desain menunya, Chingu membuat buku menu yang menarik, dari segi desain dan warna, Chingu pun memakai kertas tebal dan dilaminasi. Setelah dilihat isi menunya... I ADORE IT! Chingu menggunakan harganya dengan won (₩)! Ahh supeeer cool!
Setiap menu pun memiliki pendeskripsiannya dan yang paling penting... ALL MENU UNDER 3000  ₩ (Rp 30.000)!



Finally... makanannya dataaaang~ ayo cicipi~ 

BIBIMBAP(비빔밥)



Dilihat dari visualnya bibimbap ini sangaaat cantik sekali, di Chingu tidak menggunakan dolsot atau mangkuk batu tetapi menggunakan ttukbaegi atau claypot panas khas Korea. Disajikan dalam keadaan masih panas. Terlihat lauknya terdiri dari wortel, tauge, ketimun, daging cincang, gochujang dan telur setengah matang yang super cantik.
Saya mencoba bibimbap ini hanya sedikit. Rasanya setelah diaduk terasa bumbu dasarnya, enaaaak, namun gochujangnya tidak mendominasi dan rasanya sedikit kurang oriental, tapi overall saya suka bibimbapnya.

Price : KRW 2390 / IDR 23.9K
Rating : 3/5

CHEESE BOKKEUMBAP(볶음밥)




Nah ini dia menu yang saya pesan! Cheese Bokkeumbap atau Nasi Goreng Keju khas koreaaaa!!!! Chingu membuat visual bokkeumbap ini sangat cantik dan menawan sekali.. dengan taburan daging sapi cincang, taburan daun bawang dan keju mozarella yang melted di atas nasinya. Membuat mata saya tergiur untuk segera menghabisinya.
Ukuran porsinya ini banyaaak lho. Saya menghabiskannya penuh perjuangan. Untuk orang yang sedang berdiet dan tidak bisa makan banyak disarankan ini dimakan berdua >.<
Oke reviewnya... bokkeumbap ini enak, bumbunya terasa namun tidak terlalu pekat, kejunya ketika diaduk menyatu dengan mudah dengan nasinya... dan setiap kali saya menyendokan nasi, kejunya membuat jaring jaring yang menggoda sekali huhu (saya cheese lovers :p)  kejunya pun lumayan banyak. Hmmm daging cincang pun enak dan gurih serta kematangannya pas tidak gosong, terlalu kering atau mentah, sayangnya kurang berlimpah dagingnya hahaha (maruk :P)
Overall.. saya menikmati cheese bokkeumbap chingu (walaupun ga sanggup menghabiskannya hahaha).

Price : KRW 2990 / IDR 29,9k
Rating : 3,5/5

JAJANGMYEON (자장면)



Nah ini dia noodle korea yang sering sekali hadir di drama korea. Saya selalu ngiler tiap adegan orang korea makan jajangmyeon haha.
Jajangmyeon merupakan noodle dengan black bean atau kedelai hitam. Mie ini dilumuri pasta kedelai hitam yang kentaaaal sekali diatasnya.. rasanya sangat khas korea dan asin serta manis. Jajangmyeon ini biasanya dicampur dengan kentang, daging (di korea menggunakan pork sedangkan di indonesia menggunakan beef), lobak dan ditaburi potongan ketimun.
Tapi... hmmm untuk jajangmyeon chingu tidak sesuai ekspektasi yang saya harapkan.
Sebelumnya saya pernah makan jajangmyeon yang luar biasa khasnya terasa di lidah dari pasta black bean yang digunakan.
Di chingu... mienya direndam dalam pasta black beannya, dan pasta black beannya kurang kental. Visualnya sendiri tidak sesuai seperti di korea huhu.. rasanya sedikit asin, manisnya kurang terasa, dan saya agak sedikit shock melihat ada sambal cabe di dalam jajangmyeon chingu -_- kesan koreanya malah hancur total... di korea tidak ada pemakaian sambal seperti ini, hanya di Indonesia saja huhu. Culture indonesia yang sering sekali makan sambal ternyata dipraktekan di jajangmyeon chingu. Padahal sebenarnya jajangmyeon tidak ada rasa pedasnya. Saya kurang menikmati jajangmyeon ini. Rasanya pun kurang oriental, pasta tidak pekat dan.... tidak sesuai yang saya harapkan huhu.

Price : KRW 2390 / IDR 23,9K
Range : 2/5

BEEF RAMYEON(라면)



Yay. Ini Ramyeon atau noodle. Chingu menempatkan ramyeon ini di panci kecil berwarna keemasan.. khas seperti di korea. Chingu menggunakan telor, tauge, irisan wortel, irisan daging serta daun bawang ke dalam campuran ramyeonnya.. dihidangkan dalam keadaan panas . Untuk rasanya saya tidak bisa mereview.. karena saya tidak mencoba ramyeon ini hahaha. Ini pesanan teman saya dan saya tidak mencicipinya.

Price : KRW 2390/ IDR 23,9K


[UPDATE ON APRIL]


Kunjungan ketiga saya ke Chingu yaitu bulan Desember, tapi saya baru ingat sekarang untuk update hahahaha *plak. Saya ke Chingu sendirian, dimana saat itu waiting listnya sampai 11 orang huhuhu. Seperti orang baru broken up >.<
Akhirnya memilih 2 menu makanan yang belum dicoba di Chingu yaitu Kimchi jigae dan hmmmm apa ya itu lupa satu lagi namanya hahaha.


KIMCHI JJIGAE (김치찌개)



Kimchi Jjigae adalah sup pedas yang direbus di dalam panci bersama kimchi dan air cabai dan kimchi. Sup ini biasanya berisi sayuran (sawi dan daun bawang), tahu, makanan laut dan daging. Di Chingu kimchi jigaenya terdapat bihun, daging dipotong kotak-kotak kecil, jamur kuping, toge, telor yang sudah hancur, dan kimchi. Kuahnya sangat encer, rasanya agak pedas, segar dan sedikit asin, untuk kimchinya terasa, dagingnya kurang empuk.

Price: KRW 1900 - 2300 / IDR 19k - 23k
Rating: 3/5

JUMUKBAP (Spicy Tuna Mayo)



Terbuat dari nasi yang digulung bersama (remah-remah) norie, dan ditaburi bubuk cabai. Jumlahnya hanya 4 buah. Rasanya sangat enak, ada sensasi sedikit pedas, nasi yang digunakan pun benar-benar lembut dan pulen, ternyata di dalamnya ada mayonnaisenya lho.


Price: KRW 2990/ IDR 29,9k
Rating: 4/5

K-SQUASH


The last review.. saya akan membahas K-Squash chingu, sebenernya beverage di chingu banyaak.. dan ada ice cream juga. Tetapi saya akan membahas ini karena ini yang saya pesan hahaha.
K-Squash ini minuman soda dengan aneka rasa dan tampilan warna-warna yang cantik sekali. K-Squash ini banyak macamnya, namanya pun disesuaikan dengan fandom girlband, boyband dan variety show (contohnya: running man).
Saya memesan Runner's potion (sebelah kiri) fandom dari running man, rasanya itu dari blue pineapple.
K-Squash satu lain yaitu Sone Fantasy (sebelah kanan) fandom dari Girls Generation.. warna saja sesuai dengan warna Sone hihi. K-Squash ini rasanya strawberry.
K-Squash chingu segeeeer banget ditenggorokan.. saya suka sekali rasanya tidak terlalu manis sehingga pas sekali di lidah.

Price : KRW 1090 / IDR 10,9K
Rating : 3,5/5


BIBINGSOO (비빙수)



Bibingsoo atau Bibimbap + Patbingsoo, yaitu dessert korea yaitu patbingsoo yang dibuat bentuknya seperti bibimbap, bahkan penyajiannya pun menggunakan ttukbaegi atau claypot. Di dalam patbingsoonya ada strawberry, kiwi, nata de coco, kacang merah, jelly, dan ice cream.
Cara makannya yaitu diaduk seperti bibimbap, karena di bawahnya itu ada es parut yang jumlahnya banyaak sekali, jangan lupa menuangkan kuah berwarna biru ituu, itu penambah rasa. Bibingsoo Chingu rasnya benar-benar enak bangeet, segar, manisnya pas, agak sedikit asam dari buah. Saya paling doyan topping yang bulat-bulat ijo itu, rasanya enaaak sekali!



Price: KRW 2999 / IDR 29,9k
Rating: 4/5








Sanitasi Ruang : *****
Sanitasi Pekerja: *****
Service : *****
Halal : Belum Dilabeli MUI.


Okay akhirnya kuliner korea murah meriah ini patut untuk dicoba dan didatangi. Saya penasaran dengan odeng chingu serta menu wishlist lainnya.. See you next moment



 정말 감사합니다 (Jeongmal Kamsahamnida), Chingu !!!



[UPDATE APRIL]

Chingu Cafe Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato
CHINGU FAN CAFE

Jl. Sawunggaling no. 10 Dago, Bandung (dekat Baltos)
Telp: (022) 4239963
Instagram : @chingucafe
twitter : @chinguID

2 comments :

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...