Ada jalan yang benar-benar terkenal dengan jajaran restaurant Korea, nah di Wolter Monginsidi ini banyak sekali restaurant Korea...

Authenticnya Sajian Wu Jang Gun

Thursday, June 30, 2016 Han Fauziyah 12 Comments

Wu Jang Gun

Wu Jang Gun

Ada jalan yang benar-benar terkenal dengan jajaran restaurant Korea, nah di Wolter Monginsidi ini banyak sekali restaurant Koreanya. Dari mulai otentik maupun fusion. Bikin saya ngiler dan ingin mampir ke semua restonya huhuhu. Salah satunya yaitu Wu Jang Gun.
Berkunjung ke Wu Jang Gun itu awal bulan Juni pada malam hari. Berawal dari temen yang ngidam barbeque sensasi ala Korea. Akhirnya Wu Jang Gun menjadi pilihan utama. Mencari Wu Jang Gun sama sekali tidak sulit, karena signboard dan simbolnya yang seekor naga sangat terlihat dari jalan Wolter bahkan signboardnya pun menyala pada malam hari, sehingga menonjol sekali. Ah ya.. Wu Jang Gun ini artinya 'The King of Beef', jadi memang dikenal dengan barbequenya dan di sini hanya menyediakan beef, no pork.

Wu Jang Gun

Wu Jang Gun

Wu Jang Gun

Saat melangkahkan kaki ke dalam Wu Jang Gun, akan terasa sekali suasana authentic korea yang sangat kental dengan desain kontemporer. Di dekat pintu masuk kalian akan melihat foto-foto yang berjajar di dinding, mereka sepertinya team Wu Jang Gun dan para pengunjung setia. Terlihat juga beberapa magazine korea di bawah foto-foto itu. Magazine koreanya benar-benar menarik banget, penasaran mau lihat isi magazinenya, tapi malah lupa pas sajian makanannya datang hahahahaha. Maafkan.

Wu Jang Gun

Wu Jang Gun

Wu Jang Gun

Wu Jang Gun memiliki 2 lantai, saya dengar lantai 2 nya memiliki suasana lebih private dan terdapat lesehannya. Tapi saya tidak memotret keadaan interior di lantai atasnya, maaf ya. Ada pohon sakura imitasi yang menghiasi dipojok, dan membuat auranya menjadi lebih cantik. Wu Jang Gun didominasi dengan warna krem dan cokelat tua. Meja dan kursinya menggunakan material kayu furnished. Table settingnya diberi jarak yang cukup sehingga tidak akan saling bersenggolan. Setiap meja memiliki 4-6 kursi. Ada pembatas pada setiap mejanya. Di dindingnya kalian akan melihat hiasan bertulisan full hangul (tulisan korea) yang menyala dan cantik sekali menghiasi dindingnya. Wu Jang Gun memiliki taman kecil, namun saya tidak memotretnya karena gelap banget, nanti kalau dipotret hasilnya malah hitam-hitam hahaha.

Sanitasi ruang di Wu Jang Gun sangat terjaga dengan baik, penataan ruangannya benar-benar baik, pencahayaannya pun sangat cukup dan baik pada siang dan malam hari. Sanitasi pekerjanya pun dijaga, mereka sangat rapi, bersih, dan berseragam berwarna hitam. Para pekerjannya sangat ramah, cepat dan gesit dan para Waitress menyanggul rambut mereka dengan rapi. Mereka pun sebagian fasih berbahasa korea, karena banyak orang korea yang datang dan mampir ke Wu Jang Gun, mereka memesan menggunakan bahasa korea dan para waitress di sini benar-benar bisa melayani mereka dengan bahasa korea yang baik. Super! Saya kalah nih bahasa koreanya dengan para waitress di Wu Jang Gun, seriously mereka keren!

Wu Jang Gun menyediakan power resource, sehingga mempermudah kalian untuk mengisi nyawa gadgetmu yang sering sekali habis. Di sini menyediakan wifi.

SOUP KOREA


Wu Jang Gun

Wu Jang Gun

Wu Jang Gun

Buku menu Wu Jang Gun memiliki ukuran memanjang ke atas, kertas buku menunya tebal, warna buku menunya hitam dengan lembaran kertasnya yang berwarna cokelat muda. Buku menunya terdiri dari deretan menunya, beserta tulisan hangulnya, lalu harga dan visualnya.
Untuk makannya menyediakan beef barbeque, aneka soup, bibimbap dan aneka dishes lain seperti japchae. Range harga makannya IDR 75k-300k. Minumannya tidak terlalu banyak pilihannya, ada tea, mineral, lime juice dan di sini menjual soju (bir korea). Range minuman IDR 10k-150k.
Harga di sini memang pricey ya.. tapi untuk yang mau coba restauraunt korea yang benar-benar authentic, bisa di coba ke sini :)

Akhirnya saya dan teman saya malah memilih untuk order soupnya hahaha, karena teman saya baru kuliner barbeque dengan teman sekantornya sehari sebelumnya.

BANCHAN (반찬)
(Side Dishes)

Wu Jang Gun

Pertama datang itu adalah banchannya atau side dishes korea, mereka menyajikan 10 banchan. Saya sampai takjub. Seriously, BANYAK BANGET! Saya dengar di Wu Jang Gun sangat menjaga mutu dan sanitasinya, nah.. jika banchan yang disajikan ternyata tidak habis, akan langsung dibuang.
Inilah beberapa nama side dishes yang saya cari namanya, bisa jadi ada penamaan yang salah dan ada yang saya tidak tahu namanya, maaf yaa..

Wu Jang Gun

*Kkaenip Namul (깻잎나물) : Seasoned Perilla Leaves. Ini sifatnya dry, dan dipercantik dengan taburan wijen. Rasanya enak :) 
*???? : Nah saya bingung ini namanya apa. Ini wortel, bawang, dibungkus dengan daun bawang lalu diberi bumbu gochujang di atasnya. Rasanya enak! Ini favorit!
*Gamja Jorim (감자조림): Ini kentang berbentuk kecil atau baby potatoes, kentangnya menggunakan bumbu yang kental seperti madu. Ini enak, apalagi ada sensasi dingin.

Wu Jang Gun

*Kimchi (김치): Kimchinya benar-benar otentik banget! Ada rasa spicy, segar dan asam. Namun spicynya tidak dominan. Ternyata Wu Jang Gun ini memiliki 2 tipe kimchi: Super Spicy dan spicy. Untuk orang Indonesia, Wu Jang Gun tidak memberikan kimchi yang terlalu pedas, seperti kimchi untuk orang Korea.
*Gamja Bokkeum (감자볶음)?: Pan-fried potatoes. Ini teksturnya keras dan rasanya agak manis, ini enak.
*Hobak Bokkeum (애호박 볶음): Stir fried green squash. Potongan ketimun ini dicampur dengan bawang bombai dan katanya diberikan anchovy sauce. Rasanya cukup enak.

Wu Jang Gun

* Oi Muchim (오이무침): Seasoned Cucumber. Ini berbeda dengan hobak bokkeum, ketimunnya pakai bumbu spicy dan lebih rich.
* Dubu Kimchi (두부김치): Tahu dan kimchi. Tahu dan kimchinya benar-benar merah. Rasanya spicy dan rich flavor.
* Gochu Jangajji (고추장아찌): Korean green chili pepper pickles. Ini cabai hijau yang sudah dimasak sebelumnya dan teskturnya dry. Ini kayak makan cabe saja. Hahahaha. Dish ini nggak asing, karena di rumah pun pernah bikin :D

Wu Jang Gun
Chonggak Kimchi (총각김치)
*Chonggak Kimchi (총각김치): Ponytail Radish. Seriously ini pahit dan spicy. Saya benar-benar tidak menikmati karena rasanya yang pahit.

Banchan ini FREE. Seriously free! >.< Tapi memang harus memesan dulu menu main course baru mereka menyajikan banchan ini :)
Makan banchannya saja saya sudah kenyang lho hahaha.


SEOLLEONGTANG (설렁탕)

(Ox bone soup)


Wu Jang Gun

Seolleongtang ini merupakan sup kaldu tulang sapi dan berbagai bagian sapi lainnya seperti kaki, kepala, rusuk dan usus yang direbus dalam waktu yang sangat lama, sehingga warnanya menjadi putih. Cara memasaknya seolleongtang ini beberapa kali perebusan, bahkan proses pemasukan daging dan tulangnya pun bertahap. Proses yang lama membuat sup kaldu ini menjadi kaya akan protein dan kalsium. Menurut Wikipedia, semangkuk seolleongtang ini memiliki kandungan 540 kcal energi, 25 gram protein, 12 gram lemak, 28 gram karbohidrat dan sumber vitamin seperti A (57 RE), vitamin C (11 mg) dan kalsium (45 mg).

Seolleongtangnya menggunakan ttukbaegi atau claypot panas, aromanya benar-benar harum dan lembut, menggoda banget deh! Kalau melihat visualnya hanya akan terlihat kaldu berwarna putih dengan daun bawang yang mengambang, karena daging dan sounnya tenggelam haha. Beefnya dibuat tipis dan super juicy dan empuk! Agak disayangkan dagingnya kurang berlimpah hahaha. Rasa seolloengtang ini benar-benar enak, rasanya rich flavor namun kalem dan lembut, ke tenggorokan terasa hangat dan lembut. FAVORIT! RECOMMENDED!

Price: IDR 95k
Rating: 4,5/5

YUKGAEJANG (육개장)
(Spicy Beef Soup)

Wu Jang Gun

Yukgaejang merupakan sup daging pedas yang dimasak dalam kaldu dan kecap. Bahan utamanya daging sapi dicampur dengan gosari atau bracken (jenis tanaman paku), kecambah, daun bawang, cabai bubuk, bawang putih, minyak wijen, telur, garam, lada hitam dan kecap asin.
Yukgaejang ini terlihat lebih 'ramai' penghuninya dibanding seolleongtang, ada banyak sekali bahan yang hadir di soup ini, ada potongan beef, orak-arik telur, daun bawang, bawang bombay, tauge, etc. Warna kuahnya seksi, aromanya pun enak banget. Rasanya benar-benar rich flavor, terasa gurih, asin, spicy, dan savory. Beefnya pun dipotong berukuran agak kecil. Ini enak!

Price: IDR 90k
Rating: 4.3/5

Yu Cha Cha


Wu Jang Gun

Yu cha cha ini teh yang dibuat dari jagung. Chanya dingin. Bagi penikmat pertama pasti sedikit asing karena saya pun merasakan seperti itu, mirip cha pada umumnya, namun ada rasanya seperti ada sensasi sedikit terasa gosong, padahal ternyata memang begitu rasanya. Hahaha. Lama-kelamaan ternyata ini malah enak >.<

Price: IDR 35k (kemarin saya dapet Free, termasuk free refill juga)




Wu Jang Gun benar-benar memberikan sajian yang super authentic, dengan memberikan mutu yang luar biasa top! Saya ingin sekali mencoba barbequenya lain kali, dan menikmati premium beefnya :)


Tax: 10-15%
Sanitasi Ruang: *****
Sanitasi Pekerja: *****
Service: *****
Halal: Belum dilabeli MUI
NO PORK and NO HAM



Akhirnya post ini selesai, setelah mengalami banyak gangguan di rumah hahahah.
Selama mudik ya semuanya! Sampai jumpa di posting kuliner selanjutnya!
Chuuuu~


CHECK THIS, Guys!


Wu Jang Gun Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato


WU JANG GUN
Jl. Wolter Monginsidi No. 34, Senopati - South Jakarta
Opening Hours: 11 AM-11 PM (Everyday)
No Telp: 021-7256181/021-29126554

12 comments :

  1. Jakarta ? wah aku baru tau kalau ada tempat makan seperti ini waw waw kamu harus ajak aku han kapan kapan *haha siapa gue ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di daerah senopati banyak banget li resto korea otentik gini. Ayo kita coba bareeeeng. Minta kontakmu deh hihihi

      Delete
  2. Tempat baru ya? Kyknya patut dicoba kebetulan saya pecinta makanan korea :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan hehehe. udah lumayan agak lama kok bukanya :)
      waaah kita samaaa... saya pun pecinta makanan korea :D

      Delete
  3. Pecinta korea bangeeet ya mbaa..
    Mulai dari konsep logo blognya sampai ke makanannya
    Kalo saya pecinta mie..mulai dari mie ayam sampe ramen..

    Salam kenal yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe iya pecinta korea banget niih.
      eh iyakah? konsep logonya emang beraroma-aroma korea ya??
      ahhhh aku juga pecinta mie dan ramen.... apapun! hihih

      salam kenal juga.
      maaf baru balas ya :)
      nanti aku blogwalking ke blogmu yaa

      Delete
  4. waduh puasa puasa bikin ngiler aja nih, udah bikin ngiler harus tanggungjawab ajakin ke Wu Jang Gun yee.

    ReplyDelete
  5. aku tuh kalo makanan korea masih bisalah menikmati.. kecuali utk bimbimbap ama kimchi :D.. ga suka blassss.. tapi kalo yg lainnya trutama yg berkuah, sukaaaa ^o^.. wkt itu makan di resto korea di wolter juga, tp bukan wu jang gun, itu enak... itung2 belajar utk nyobain makanannya dulu di sini, krn feb 2017 mau ke sana :D.. biar jd terbiasa hahahah ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah ga suka bibimbap??? kenapa?? itukan nasi sama sayuran aja???
      kalau suka yang berukah wajib nih cobain seolleongtangnya.. enaaaak!!!!
      wah namanya apakah?? di sana banyak sekali soalnya hihi.
      2017 tahun depan mau go to Korea? WUAAAAH ASIKNYAAAAAA >.< IKUUUUUTTTTTTTTTTTTTTT

      Delete
  6. jalan Mongonsidi sana rame sama resto yaa, kalau di Medan malah agak sepi :)


    Keren yaa waitressnya bisa bahsa korea terus aku pingin banget nyoba teh rasa jagung x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhhwaaaah di Medan ada jalan dengan nama sama juga??? :D
      di Jakarta rameee malah sering macet daerah situ hahaha.

      iya waitressnya kereeeeen!
      kalau ke resto korea biasanya korean teanya ada kok tapi rasanya beda tingkat authecticnya :)

      Delete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...