Mewabahnya tempat kuliner baru di Sukabumi, bikin saya bahagia tapi juga kerepotan karena harus mencoba satu persatu cafe dan resto b...

Desain Modern Minimalis Praline Coffee & Patisserie

Tuesday, May 10, 2016 Han Fauziyah 8 Comments

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Mewabahnya tempat kuliner baru di Sukabumi, bikin saya bahagia tapi juga kerepotan karena harus mencoba satu persatu cafe dan resto baru. List kuliner pun semakin buanyaaaaaak, karena ada beberapa tempat kuliner yang harus didatangi ulang karena kurangnya bahan foto, atau.... lupa didokumentasikan huhuhu atau.... lupa rasa makanannya (karena lupa dicatat) huhu.
Semakin banyaknya cafe dan resto di Sukabumi benar-benar berbanding lurus dengan pengeluaran untuk kuliner.... akhirnya semakin menipis pula isi dompet ini >.<
Bingungnya lagi kalau sekarang tinggalnya di Jakarta.....pulang ke Sukabumi pun cuma sebulan sekali.


Nah, kuliner yang saya hinggapi datangi berikutnya adalah Praline Coffee & Patisserie, yang saya kunjungi bersamaan dengan K Viesta saat itu.
Hmmm.... sebenarnya post ini cukup lama bersarang di draft, karena selalu merasa bahan blog kurang, akhirnya setelah buang uang kunjungan kedua kalinya ke Praline, baru bisa membereskan draft ini *blogger payah, tidak berbakat, pemalas* >.<
Okay, postingan ini didedikasikan untuk tempat ngopi modern di Kota Sukabumi.


TEMPAT NGOPI MODERN MINIMALIS


Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline merupakan salah satu tempat ngopi di Kota Sukabumi, selain K Viesta Cafe & Coffee HousePraline Coffee & Patisserie baru buka pada akhir tahun 2015. Praline berkonsep tempat ngopi yang terkesan modern minimalis, yang didominasi dengan menyediakan menu coffee dan western food.
Letak Praline sangat strategis, karena berada di dalam Hotel Anugrah, yang letaknya berada di pinggir jalan raya besar. Letak Hotel Anugrah ini tidak jauh dari Brunch Recipe dan rumah sakit Bunut. Praline Tidak memiliki signboard khusus.

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi
Outdoor
Praline didominasi dengan warna krem, hitam, kuning dan putih, warna monocrome >.<. Material kursi dan meja dari kayu, dan kursi ada yang menggunakan sofa. Kursi di Praline berukuran untuk 4-5 orang. Lampu-lampu di Praline menggunakan ukuran kecil.

Dinding Praline ada yang menggunakan keramik berwarna putih. Praline memiliki banyak sekali jendela disekelilingnya, sehingga ruangannya menjadi terang dan cahaya yang masuk pun lebih banyak. Praline pun memiliki spot di luar teras, yang dinaungi atap kaca-kaca, dan kursinya didominasi dengan warna kuning dan hitam.

Praline tidak ada wifi, di Praline ada banyak power resource di beberapa sudutnya, mempermudah mencharge gadget.. dan bisa bikin betah lama-lama di sini. Ada sudut untuk rak, dan disitu belum banyak pajangan sehingga hanya diisi kumpulan koran, sebuah congklak, tabung entah apa dan beberapa pajangan lain. Di Praline terdapat AC, hingga sangat adem di dalam, apalagi sekarang Sukabumi udah panas huhu... enggak sedingin dulu >.<
Di Praline pun disediakan TV, kayaknya bisa dipakai nobar (nonton bareng, red) bola disini suatu saat nanti *eh.

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Disebelah praline ada satu restaurant yang menyatu, saya selalu berpikir bahwa restaurant sebelah masih Praline (tapi sepertinya bukan hmmmm). Karena menyatu dengan restaurant sebelah (saya masih bingung apa itu masih kawasan Praline atau bukan), Praline jadi seperti memiliki dua sisi, sisi pertama untuk ngopi-ngopi keren, sisi satunya lagi didecoration seperti restaurant, dengan nuansa agak gelap dan terkesan sedikit... apa ya... modern klasik?
Di dominasi dengan warna hijau, abu-abu, hitam dan putih. Kursi disini menggunakan jenis sofa, di ruangan ini kursinya untuk 4-6 orang, tidak jauh beda dengan sisi ruangan sebelahnya. Di sisi ini, keramik yang digunakan bermotif monochrome hitam-putih.. unik sekali. Dindingnya seperti bermotif cokelat, dan sebagian menggunakan keramik putih polos.
Overall Praline ini memiliki penataan ruang yang sangat baik, dan sanitasi yang sangat baik sekali.

Saat saya ke sini pertama kali itu jaman imlek *plak.blogger.pemalas*, para pramusajinya menggunakan baju-baju cina dan cantik sekali, di Praline pramusajinya dari restaurant sebelah.
Saat saya ke sini belum tahu sama sekali kalau order di Praline hanya datangi bar saja, order ke baristanya (baristanya wanita btw). Saat itu saya mencoba mengangkat tangan saat order, tapi tidak ada satupun pramusaji yang mendatangi saya (padahal ada seorang pramusaji lelaki yang melihat saya), hmmm karena jumlah pramusajinya yang hanya 2-3 orang, itu bisa bikin rebutan pramusaji huhu. Akhirnya mbak-mbak cantik yang menghampiri dan mencatat order, dan ternyata sebenarnya dia bagian casheer *bisa dilihat foto di atas itu*.
Pegawai di sini sepertinya memiliki tema baju sendiri untuk hari khusus seperti imlek, natal dll.. kreatif!! Para pegawainya sangat rapi dan bersih, sanitasi pekerjanya baik sekali.


ORDER! ORDEEER!!


Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Buku menu di Praline hanya disediakan dua lembar, lembar pertama khusus makanan dan lembar kedua khusus minuman dan dirancang bolak-balik. Ada satu Buku menunya terdapat daftar menu yang disediakan beserta harganya.. hmmm tidak ada visualnya dan detail dari menunya, jadi benar-benar sulit dibayangkan. Untuk harga makanan kisaran IDR 20k - 50k, dengan makanannya seperti pizza, pasta, olahan chicken, dan beberapa pilihan starter. Makanannya ada yang menggunakan nama yang panjang sekali >.<.
Ah ya.. ada satu kertas menu berbentuk ruang segitiga yang ditaruh di setiap meja, menuliskan macam-macam pizza, ternyata Praline menyediakan 18 pizza, dengan kisaran harga pizzanya IDR 38k-50k

Harga minuman kisaran IDR 7k - 85k, minuman Praline jenis Margarita dan Daquiris tidak mengandung alkohol hanya memakai soda, jadi bagi moeslim tidak apa-apa memilih itu, untuk minuman lainnya ada coffee, mocktail, coler mint, tea dan juice.
Patisserie yang disedikan Praline masihlah sedikit (dilihat dari display counter), nanti pasti akan diupdate agar sesuai dengan namanya Praline Coffee & Patisserie.

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Chicken Cordon Bleu Mashed Potato Tomato Cream Sauce


Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Nama menunya panjang sekali hahahahah, pas mesen pasti belepotan, akhirnya cuma bilang "Chicken Cordon Bleu" saja. Presentasi cordon bleunya looks good. Ada veggie segar seperti salada, salada ungu, irisan kubis ungu dan satu sayur entah apa namanya (daunnya bergerigi), semua veggie memiliki kualitas yang baik. Mashed potatonya benar-benar dihancurkan sampai sangat halus, dan sauce tomatnya berbentuk seperti pasta. Disajikan pula dengan roti kering.
Ukuran cordon bleunya sangat mini (sekali lahap pun bisa habis), terdapat dua potong cordon bleu. Tekstur luar cordon bluenya kering, saat dibelah dua ternyata chickennya membalut beef dan lelehan keju. Kejunya mengalir dari dalam, menggoda banget buat dicolek. Kalau keju lebih banyak dan isi lebih terasa mewah keju, akan lebih top!
For you information, veggie yang bergerigi itu rasanya pahit sekali, kayak janjimu! Jadi saya memilih untuk tidak memakannya, dan memilih veggie yang lain. Saucenya tidak terasa pedas, tapi terasa agak asam dari tomat, mashed potatonya hambar kayak cinta kamu. Rasa chicken cordon bleunya savory, gurih, terasa creamy di lidah, dan sedikit juicy. Saat dicampurkan dengan sauce dan mashed potatonya lebih terasa rich dan lumer di mulut.


Price: IDR 52k
Rating: 3,5/5


Grilled Chicken Breast Mashed Potato Creamy Deniglase Sauce



Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Grilled chicken breast ini benar-benar dari ayam bagian dada, sangat montok menggoda dan bahenol.. seratnya benar-benar sangat banyak. Presentasinya benar-benar rapi.. ada veggie juga di menu ini, dan veggienya sama dengan menu chicken cordon bleu. Daging chickennya empuk (padahal tebal), dan bumbunya meresap ke setiap serat-seratnya, rasanya cukup gurih dan enak! Hal gila yang bikin lumer di mulut itu mashed potatonya, mashed potato dicampur dengan mayonaisse........ membuat rasanya menjadi lebih enak dan terasa menggiurkan! Sauce deniglasenya walaupun hanya sedikit, tapi rasanya enak, teksturnya kental dan nagih! Really appetizing! Tidak mencolok, kalem namun sangat mengena sekali di lidah!


Price: IDR 48k
Rating: 4,4/5



Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Kunjungan kedua ke Praline, saya datang sendirian.. maklum hari weekday.. ga bisa ngajakin temen satupun.. huhu. Akhirnya menuntaskan ngidam pizzanya Praline dari beberapa hari lalu... dan berniat mencoba seteguk kopinya.

Ratatouille Pizza



Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Ratatouile pizza ini bikin saya tertarik pada pandangan pertama. Walaupun namanya jadi ingat ke movie tikus yang jago masak itu, tapi yang bikin saya order pizza ini karena.... pizza ini menggunakan TERONG sebagai salah satu raw materialnya! Uhuy!! Author A Bowl of Clover ini sangat menyukai terong, jadi tanpa pikir panjang langsung lari ke bar tempat order dan memesan pizza ini.
Pizzanya memiliki ukuran yang cukup besar, ada 6 slice, porsi untuk 2-4 orang. Saya jatuh cinta sama visual dari pizzanya, benar-benar cantik sekali warnanya! Aromanya pun menggoda... sampai mencapai bulu-bulu hidung.
Pizza ini dibuat dari bahan topping utamanya yaitu terong, tomat, keju mozarella, griled zuccini, onion, dan paprika. Keju mozarellanya tumpah tumpah di segala sisi, membuat pizza ini menarik! Warna merah ddari tomat dan saucenya bikin pizza ini terlihat gonjreng sekali.
Okay saatnya review.... pizzanya punya ketebalan yang tipis, dan tekstur yang crunchy namun tidak gosong. Rasa pizzanya enak, agak sedikit asam dari efek tomatnya tapi memberikan sensasi sedikit segar. Terong dan zuccininya pun terasa. Saya tidak merasakan paprika di dalamnya hmm..
Dan... karena menggunakan tomat yang banyak, rasa asamnya membanting rasa dari keju mozarellanya sehingga tidak terasa ada unsur 'keju' di dalamnya. Setiap bahan yang digunakan mutunya masih sangat baik, dan masih terasa segar.


Price: IDR 45k
Rating: 3,2/5

French Vanilla



Praline Coffee & Patisserie Sukabumi
French Vanilla
Minuman yang diincer pada kunjungan pertama itu French Vanilla. French vanillanya disajikan dalam gelas tinggi, dan memberikan sensasi aroma yang lembut.. ada ceres yang colorful memeriahkan french vanilla yang putih bersih. Saya berharap semoga rasanya bisa menenangkan dan membersihkan jiwa saya , akhirnya menyeruputnya.... dan rasanya SUPER MANIS! Manis.. manis banget.. >.<
Berharap vanillanya enggak akan semanis itu. Ternyata tetep aja vanilla manis ahahaha


Price: IDR 32k
Rating: 2/5


Pineapple Margarita



Praline Coffee & Patisserie Sukabumi

Niatnya sih kunjungan kedua itu memesan kopi, tapi apa daya....... mendadak selingkuh tertarik dan ingin mencicipi seteguk margarita. Punya jiwa yang penasaran nyoba berbagai minuman unik, akhirnya sempat bingung antara memilih Jong Ki atau Hyun Bin *eh* margarita atau daquiris, ternyata margarita dan daquiris sama-sama menggunakan garam dipinggir gelasnya, dan keduanya memiliki rasanya yang asam. Jadi yang membedakan apa dong? Bedanya hanya di tingkat keasamannya saja. Daquiris rasanya lebih asam dari margarita, jadi saya memesan margarita aja karena kalau terlalu asam takut minumnya sambil merem-merem seksi.
Pilihan jatuh ke pineapple margarita. Aromanya super enak! Nanasnya tercium harum banget! Saya merasakan aroma yang lembut, segar, dan menggoda sekali dari aroma nanasnya. Warnanya pun benar-benar kuning dengan campuran hijau dipinggir gelasnya.
Rasanya benar-benar enak, segar, dan asam! Di cuaca Sukabumi yang panas, rasa segarnya membantu tenggorokan yang haus akan kasih cinta, dan mengalir ke tenggorokannya benar-benar sangat segar! Kalau langsung meminum dari gelas sepertinya saya akan merasakan sensasi salty dan mulut jadi berwarna hijau hihi.


Price: IDR 35k
Rating: 4,5/5







Tax: 0%
Sanitasi Ruang: *****
Sanitasi Pekerja: ****
Service: ***
Halal: Belum dilabeli MUI
NO PORK, NO HAM OR LARD.



Sampai sekarang rasanya kurang afdol kalau ga icip kopi Praline. Berniat mampir lagi ke sini nanti >.<
Ah yaa.... Jangan lupa nonton videonya, maaf... kalau kualitas videonya kurang baik, >.< *masih pemula dan direkam pakai ponsel*







See you di postingan tentang makanan selanjutnya! Chuuuuuu~~







PRALINE COFFEE & PATISSERIE
Jl. Suryakencana No.82, Sukabumi 43113
Opening Hours: 10.00 - 22.00 WIB
TWITTER

8 comments :

  1. Praline yang buat ngupi ngupi dan sisi satunya yang agak gelap..#wah aku ngetek yang gelap ajaa ahhhh wakakaka
    Soanya klo yg desainnya klasik biasanya anget gitu bangkunya
    Iya ga yaa??

    Untuk makanannya, kebetulan aku ga terlalu suka pizza, tapi ngebaca mass potato yang kebalut mayones kok aku jadi ngiler yaaakkkk
    Uuhhh

    Naaaak bangaddd
    Palagi ngliat vanilla yang diceresin warna warni
    Trus yang ijo...
    Itu minuman kayaknya sayang kalo ga dipoto poto ala blogger dengan berbagai angle #jungkir balik sebelum beneran diteguk sampe kerongkongan ahaiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. kekekeekk disitu emang enak banget, agak berkesan hangat, tapi.... kalau gelap-gelap nanti malah ngantuk *eh. kkekeke bangkunya biasanya pake bangku supeer peweeee biar betah banget naplokin pantat di bangkunya >.<

      wah seriusan ga terlalu suka pizza??
      hihih ayo bikin sendiri mashed potatonya campur mayonaissenya, kayaknya bisa diprakterkin di rumah dan ngasih ke Tamas-mu *wikwiw

      kekekek itu yang margrita kuning-ijo sebenernya fotonya sampai jungkir-balik banget hahaha sampai tangan belepetan gara-gara kena ijo-ijonya. cuma dipostingnya satu aja... nanti kalau banyak kamu beneran haus dan ngidam akut akan margarita ini... hihihihi

      Delete
  2. Akkkk headernya udah gantiiii xD

    Ini blogpost udah massive review banget, ga baca semuanya sih, tapi diliat sekilas dari foto2nya komplit, harga, dan ada Videonya juga, dibawah ada alamatnya, semuanya udah kesusun rapi banget.

    Tinggal nunggu waktu aja inimah udah, bakal hitz banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. YEAAAH SEMUA BERKATMUUUUU ADAAAAAM *salamtempel :p

      aaah kamu muji gitu, aku jadi ketagihan *eh. Makasih adaaaaam!!! sebenernya aku selalu masih kurang sih, selalu pengen ketemu sama pemilik Cafenya dan interview langsung gitu. Tapi apalah statusku belum hebat huhuhu.

      AAAMIIIIN, biar ngehits kayak blogmu, Dam... :D

      Delete
  3. Huaaa... Food blogger emang kebiasannya selalu bikin org ngiler yah :/
    Sukabumi kampungku tuhh.. Eh, bkan deng, kampungg nenekku. Aku blm prnah ke sana :') Dooh, malah curcol!

    Rata2 nama makanannya berbau2 perancis gtu ya? Ada ratatouille nya segala. Si tikus yg jago masak. Aku curiga, jgn2 tuh pizza jg yg bikin tikus :p Hahaha
    Pizza toping terong emg enak ya? Terong kan gak enak:(
    Itu pegawainya msh dikit bgt emg ya? Sampe pramusajinya cuma 3 biji?

    Rajin banget moto2in gini yaah.. Kalo aku ikutan makan di situ mgkin makanannya udah aku sabet dluan sebelum di foto. Tinggal piringnya doangg yg dipoto. Hahaha. Aku psti gak bakal tahan liat makanan yg udh tersaji di meja gtu. Hmm. Ngiler euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah ada keturunan orang Sukabumi niiiiih *peluk.
      Wah kampung neneknya daerah mana? Ayoooo main ke Sukabumiii, aku ajak kulineeeer ..... kuliner baso enak kekekeke..

      Hmmmmm aku juga jadi ikut curiga, jangan-jangan yang masak tikus ratatouille itu...
      iya namanya rata-rata kayak perancis gitu, western yang dominan..
      terooong buatku enaaak hahahahahah. Cuma kalau jadiin pizza emang agak aneh, soalnya ga biasa. Tapi jatuhnya unik sih... :D
      iya......... sedikit,,, itupun pramusaji dari sisi resto sebelah. huhuhuhuh..

      hhahahah kalau ga motoin makanan, ini blog isinnya tulisan doang, ga bakal ada yang mampir nanti... apalah nanti kerjaku :p
      kekekek kamu kalau ku ajak kuliner, aku paling pelototin kalau nyomot duluan LOL. menguji kesabaran emang kalau makan sama orang yang doyan foto makanan, jadi pasti diutamain makanan orang lain dulu yang difoto biar anak orang ga kelaperan hahahahha

      Delete
  4. Han, lihat deretan foto makanan dan minumannya gua jadi ngiler hehe.

    Kalo udah lama ga ke suatu tempat kuliner dan suruh inget rasa makanannya, emang kadang suka lupa ya hehe, gua juga gitu, butuh balik lagi untuk nginget :p Duh, jangan bilang blogger payah dan tidak berbakat dong, reviewnya oke kok, gua aja begitu lihat foto makanan & minumannya langsung semangat 45 mau comment :D

    Wuih, design interior-nya keren, favorit gua tuh, modern minimalis. Dinding keramik putihnya pun terlihat cool. Unik ya, dominasi warna kursinya kuning dan hitam, hm... i wonder why they chose it.

    Okay, no wifi? Seriously? Dan ada sebuah congklak di rak. Wow, bener-bener unik hehe. Mungkin bisa untuk dimaenin sama pengunjung *ya kali maen congklak disana hehe*

    Mata gua langsung tertuju sama menu "mushroom cream soup" di deretan starters, jadi kepengen :p
    Duh, itu chicken cordon bleu-nya keliatan oke banget. Tapi sayang ya, mashed potatonya terasa hambar.

    Oke, dari pemaparan lo, kelihatannya "Grilled Chicken Breast" enak banget, jadi pengen nyobain mashed potato yang dicampur mayonaise.

    Untuk pizza, gua setuju, itu tampilan visualnya keren banget (hasil fotonya juga kelihatan oke), dengan nama yang unik, Ratatouile pizza. Well, ratingnya
    cuma 3,2 dari 5. Karena tomatnya kebanyakan mungkin?

    Wow, yang pineapple margarita skornya 4,5. Enak berarti ya...
    Sip deh ini reviewnya, lanjutkan Han! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. EEEEH ADA BAYUUUU hihihihi...

      nah itulah Bay, foodblogger pasti ngebutuhin banget note, kalau lupa berabe. hahahhaah harus balik lagi ke cafe atau restonya. nanti ujungnya duit jebol huhuhu.
      payah aku bay kalau kelamaan ngedraft lebih dari 2 bulan duuuh...

      warna-warna yang dipake eyecatchy, apalagi aku emang suka warna shock colour like yellow.. mungkin dipake warna itu biar terkesan lebih dinamis dan balance antara warna gelap dan terang :D

      Iya. kemarin ke sana perasaan belum ada wifi. semoga sekarang udah ada.
      huhehehehehe kalau ada yang mau ngajakin aku congklak disana hayuuuuk deh :D

      waaaah harus ke praline kalau gituu. nanti aku jadi guidenya deh hihi.
      sayang cordon bleunya pun kurang besar hahahahahahah.

      mashed potato+mayonaisse COBAAAA BIKIN BAY! itu asliii enaaaaakkkk >.<

      huhuhu itu dia, terong sama zucini kan udah ngasih rasa agak 'unik', nah pas asemnya dominan.... itu rasa kejunya sama sekali ga kerasssaaaaaa. padahal udah looks good gitu kejunya. :(

      ENAAAAKKKK BANGEEEET BAY! hahahahhaah itu malah yang paling berkesan number 1 pas aku udah berkunjung ke sana. entah kalau kopinya belum nyobain hihi

      Delete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...