Banyaknya Cafe dan Restaurant yang berdiri dari awal 2014 hingga 2016, tidak membuat tempat kuliner yang berdiri lama tersingkir karena p...

Sejak 1973 Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi, Selalu Di Hati

Thursday, May 12, 2016 Han Fauziyah 23 Comments

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Banyaknya Cafe dan Restaurant yang berdiri dari awal 2014 hingga 2016, tidak membuat tempat kuliner yang berdiri lama tersingkir karena perubahan zaman. Bisa jadi ada yang sangat bertahan, karena orang sudah tahu mutu dan rasa yang tak tertandingi. Salah satu contohnya adalah Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece. Berdiri sejak tahun 1973, berarti mama saya pun baru menginjak usia 2 tahun saat itu hmmmm.
Saya menyebutnya 'Sang Legenda' kuliner di Sukabumi, karena sudah berdiri gagah berani selama 43 tahun, menerjang banyak sekali zaman; dari mulai zaman Presiden Bapak Soeharto, orde baru, bahkan hingga saat ini zaman teknologi sudah mulai canggih.
Pelanggan setianya benar-benar banyak!! Rata-rata pelanggannya didominasi umur 30-50 tahun, saya masuk golongan muda umur 20an ya kekekeke. Saya sudah menjadi pelanggan setia sejak saya sedang mengalami jatuh cinta ala-ala monyet ABG labil pada senior dengan inisial sbedjwnk *eh.. oke ehem lupakan.. dari tahun 2007.
Setiap saya ke sana, selalu ada saja yang sedang menikmati semangkuk "surgawi" dari Soto Mie Kocok Mang Ece. Haaaaaa...... mereka satu aliran dengan saya.


Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi
Bersama Pak Ece

Pemilik dan pencetus kuliner legenda ini bernama Ece Purnama, kelahiran tahun 1958. Berarti umurnya sudah 58 tahun. Beliau memulai berjualan soto mie kocok (soto mie & mie kocok maksudnya) pada usia 15 tahun. Orang tuanya mengajarkan beliau untuk bertanggung jawab, mencari uang sendiri agak tidak menyusahkan sanak saudara, dan mengajari kejujuran setinggi-tingginya. Menurut pengakuannya, beliau hanya lulusan SD saja, itu pun hingga menginjak kelas 4 SD.

Pertama berjualan tahun 1973 dengan memikul dagangannya selama 8 tahun. Tahun 1974, umur 16 tahun beliau sudah menikah, benar-benar nikah muda ya! Saya umur 2X saja belum nikah-nikah *mendadakdesperate.
Pada tahun 1981 Pak Ece sudah memiliki gerobak untuk berjualan, hingga akhirnya tahun 1996 sudah bisa memiliki kios sendiri. *Big applause for him!*. Dari mulai berjualan di pikulan hingga membuka kios, beliau tidak pernah berpindah daerah. Beliau pun pencetus pertama soto mie kocok halal di daerah Jl. Pejagalan, karena daerah itu banyak penjual yang menggunakan pork untuk mie kocoknya. Jadi bagi moeslim bisa menikmatinya dengan aman.

KIOS SEDERHANA, MENGHADIRKAN RASA LUAR BIASA


Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi
Pak polisi ini salah satu pelanggan setia sejak pertama berdiri

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Kios mie kocok mang ece ini sangat sederhana, Hanya gerobak, meja, bangku, kulkas, dapur kecil dan spanduk besar yang hadir di ruangannya. Bangkunya pun hanya menggunakan bangku plastik. Semua mejanya menggunakan material kayu, namun ditaruh semacam banner *?* di atas mejanya. Warna ruangannya didominasi dengan hijau dan toska.
Sanitasinya cukup bersih, penataan ruangnya pun tidak sempit dan cukup tertata rapi. Cahaya yang masuk pun baik, karena ruangannya tidak gelap. Gerobak jualannya terlihat dari luar, di gerobak itulah proses pembuatan soto mie kocok terjadi.

Pak Ece curhat kalau dulu Pak Bondan Ahli kuliner pernah ke sini lho, bahkan kru Trans Tv pun pernah mampir mencicipi soto mie kocoknya.

MOUTHWATERING !



Menu yang dihadirkan terpampang nyata dan sejelas-jelasnya di banner yang ditempel di dinding, dengan harga makanan yang dibandrol IDR 18k-22k. Makanan yang disediakan di sini memang banyak, seperti baso, yamien dan lomie pun ada. Minuman kisaan IDR 4k-9k yang disediakan seperti jus, teh dan aneka soft drink. Makanan yang diandalkan di sini tentu saja SOTO MIE dan MIE KOCOKnya! Saya pun ke sini selalu mencicipi soto mienya berkali-kali, dan mie kocoknya baru sekali hihi.
Menurut pengakuan Pak Ece, dia tidak pernah membeda-bedakan customer yang mampir ke sini, semua harga sama saja sekalipun itu sekelompok bule-bule yang datang, harganya tetap saja sama dan tidak dinaik-naikan. Salut!

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Rasanya saya bahagia sekali, saat weekend kemarin ke sini, orang yang membuat soto mie kocoknya dalah Bapak Ece sendiri, karena sejak menjadi genk soto mie kocok mang ece dari tahun 2007, saya tidak pernah bertemu dengan pemiliknya huhu. Anugrah sekali saat saya ke sini bisa langsung melihat bagaimana beliau turun tangan menyediakan soto mie kocoknya, dan bisa sedikit interview dan mengajak selfie kekeke.

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi
Bahan-bahan utama Soto Mie Kocok

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Bumbu yang paling jawara itu ini, bawang daun yang digoreng kering, aromanya enak tenan! Saya sebenarnya diberi tahu resep rahasia pembuatan bawang daun kering ini, berapa banyak dibutuh bawag daun, bawang putih dan minyaknya. Tapi.......... ah tidak mau dipublish *plak.
Ehem.. saya takut dipublish nanti malah ditendang dari kios kalau saya mampir ke sana lagi huhu, jadi mau disimpan sendiri saja dan mencoba di rumah *menyeringai.

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Mie yang digunakan di sini merupakan mie buatan pabrik, bukan mie buatan sendiri. Pabrik mie ini letaknya di jalan yang sama dengan Soto Mie Kocok Mang Ece, harga mie memang lebih mahal dibandingkan mie lain, tapi kualitas dan rasanya benar-benar top markotop.

Untuk bahan lain seperti paru, babat, kikil, dan ayam.. semuanya diolah sendiri oleh Bapak Ece, dari mulai pemilihan bahan, hingga perebusan dan penggorengan. Baso yang digunakan bukan buatan sendiri, tapi beli dan pesan dari Bandung, karena baso yang digunakan benar-benar beda dan kualitas basonya sangat baik, harga perbutir basonya pun dibandrol lebih mahal dari pabriknya.

Jaman Pak Seoharto lengser dan krisis moneter melanda, Pak Ece pernah mengalami krisis pembelian bahan baku karena sulit didapatkan, tapi berhasil di atasi dengan baik :)

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Soto mie dan mie kocoknya terlihat sama ya? Susah bedainnya kan? Hoohoho. Saya aja awalnya susah bedainnya... tapi mau tahu bedanya apa? Oke scroll ke bawa... siap-siap KELAPERAN!

MIE KOCOK


Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Lihat fotonya lagi saya mendadak mouthwatering! Duh gila... menulis review ini bikin kelaperan seantero Sukabumi! Tapi oke ehem... harus profesional... *benerin kacamata*
Mie kocok ini bumbu utamanya adalah tomat dan ebi atau udang kering. Bahan lain yang digunakan yaitu mie, tauge, bawang daun, dan topping utama adalah paru, kikil dan beef. Rasanya....... MAMEEEN NGEUNAH PISAN!! (ENAK BANGET!!, red)... rasanya benar benar rich, SUPER GIGA DELICIOUS, dan agak asam karena tomat membuat mie kocok ini segar ke lidah hingga ke kerongkongan, ada sensasi rasa yang lembut sekali dan rempahnya berasa namun kalem.
Semua toppingnya benar-benar top!
SUPER TERA DELICIOUS BYTE!
SUPER RECOMMENDED!!

Price: IDR 18k
Rating: 5/5


SOTO MIE


Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

AHHH INI FAVORIT SAYA!!!!!!!!!!!! SOTO MIENYAAAA!!! Hohohohohoo..
Soto mienya memiliki bumbu utamanya yang berbeda dari mie kocok, yaitu menggunakan bawang daun kering dengan jumlah banyak dan bawang putih. Bahan yang lainnya sama, kecuali topping utamanya. Topping utamanya menggunakan paru, kikil, beef, babat, dan ayam siap-siap kolesterol author naik.
Soto mienya memiliki rasanya yang sangat gurih, terasa asin, rich, SUPER GIGA DELICIOUS, dan rempahnya terasa sekali!!! Pecinta gurih pasti akan jatuh cinta mati dengan rasanya yang tidak main-main ini dan toppingnya yang tidak PHP (Pemberi Harapan Palus, red). Soto mie ini dibuat super komplit karena dunia perdagingannya banyak banget! Bahkan kemarin diberikan ayamnya bukan bentuk cincang tapi diberikan sayap ayam satu potong utuh huhuhu *terharu.
Bahaya.... benar-benar ngidam parah sama soto mienya sekarang!!

SUPER TERA DELICIOUS BYTE!
SUPER EXTRA RECOMMENDED!!

Price: IDR 18k
Rating: 5/5

JUS BELIMBING



Soto Mie & Mie Kocok Mang Ece Sukabumi

Dahsyatnya soto mie kocoknya terasa sampai perut (bahkan menulis review ini pun masih terasa huhu), dan akhirnya karena kehausan akhirnya mencicipi jus yang dipesan, ini jus favorit banget! Saya suka dengan jus di sini, kadar penggunaan bahan buahnya lebih banyak sekali, hingga rasanya super enak, fruity, dan teksturnya kental. Manisnya pun pas! Jusnya benar-benar membantu mengobati kesegaran di tenggorokan. Uhuuuy.


Price: IDR 9k
Rating: 5/5



Semua bahan untuk topping benar-benar empuk, sangat empuk! Tidak berbau amis sedikitpun, juicy dan bumbunya top! Daging paru yang digunakan pun enak, walaupun teksturnya dibuat kering, tapi dilakukan dulu proses perebusan hingga empuk lalu digoreng hingga kering. Babat yang digunakan pun benar-benar bersih, resik dan kinclong, tidak berbau sama sekali.
Kuah yang digunakan untuk soto mie kocoknya dibuat dari kaldu daging sapi, tidak berbau amis sedikitpun dan aroma kuahnya membangkitkan selera!

Kiosnya buka sampai malam, tapi.... hati-hati harus cari aman, datang ke sini harus cepat, karena sore pun sering habis, dan kios akan tutup jika soto mie kocoknya habis.
Hari weekdays Pak Ece bisa menjual 100-120 mangkok perhari, dan weekend bisa menjual 150 mangkok perhari. Hari aktif penjualannya 29 hari (dari 30 hari).. ya bisa bayangkan penghasilan perharinya berapa ya.... bahkan saya yang S1 tidak bisa sehebat Pak Ece huhu *sungkem* Jadikan saya muridmu paaaaaaakkkk >.<

Pak Ece sudah meneruskan resepnya kepada generasi selanjutnya yaitu anaknya, yang akhirnya anaknya pun membuka kedai dan berjualan soto mie kocok ini, dengan jarak tempuh kiosnya dari kios Pak Ece hanya sekitar 2 Km.

Saya selalu jatuh cinta hebat kalau sudah ke sini, itulah kenapa saya bertahan menjadi pelanggan sejak tahun 2007. Rasanya yang luar biasa... bikin lidah dimanjakan, dan bumbunya yang terasa, dan toppingnya yang 'niat' benar-benar patut diacungi jempol!
Always mouthwatering kalau saya membayangkan soto mienya..huhu. Ga tahu diri padahal punya kolesterol tipe hypertrigliserida.





Tax: 0%
Service: *****
Sanitas Ruang: ***
Sanitasi Pekerja: ***
Halal: Belum dilabeli MUI




Ayo lihat bagaimana Bapak Legenda Kuliner soto mie kocok ini beraksi!!






SOTO MIE & MIE KOCOK MANG ECE
Jl. Pejagalan (odeon) - Sukabumi
Cabang 2: Jl. Lettu Bakrie No.08 - Sukabumi
Opening Hours:
09 AM - 09 PM
Everyday (Kecuali Hari Selasa Minggu Ke3 LIBUR)
FACEBOOK 

23 comments :

  1. DEMI APA GUE LANGSUNG LAPER BACA INI. :')
    Give me mi kocok mang ece pleaseeee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAAAHHH MAAFKAN... saya nulis ini dan baca ulang pun ikutan laper hahah...
      *sodorin mie kocok mang ece, soto mie juga, lomienya*
      Jangan lupa banyar kredit ya hihihi....

      Delete
  2. Ahaiii keren pisan kamohhh..bisa pose sama samg legendaris owner ahihih
    Dah cocok la han ngehost acara kulineran inimah

    E itu tadi aku kaget ada pa pulisi segala, rupaya blio pelanggan..:D

    Mienya kuning terang ya, trus lurus2 lagi
    Babatnya ya Alloh ini mah godaan malam wakakak
    Gilaaaak weekdays ma weekend ga da beda ramenyah, sebelas duabelas, ratusan mangkok tandas dalam sehari
    #kipas kipas duwiid

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. kekekekek lagi jadi lucky woman banget Nit kemarin, setelah 9 tahun mengagumi semangkuk soto mienya hahahaha..

      kekeke iya itu foto pas pak polisinya udah beres makan hahaha.. pelanggan garis keras.

      iya mienya tipe rebondingan lol. enakk bener mienya... empuk!
      waaaah pecinta babat ya? aku mantan pencinta babat huhuh ga bisa makan babat lagi setelah kolesterol, tapi kalau dikit sih... okelah wakakakakakakakakkak.

      bangeeeet nit, sehari bisa dapet sejuta lebih. manteeep pisan kan huhuy.... harus minta ilmunya nih sama beliau.

      Delete
  3. Lho, tak kira pak polisi abis ngegerebek warungnya. Hahaha. Nggak tahan ngeliat gambar makanannya. Langsung pengen makanan berkuah~

    ReplyDelete
  4. Huhehehehe bukaaan... pak polisinya pelanggan tetap ;D
    Mau makanan berkuah? Ayoooo cari juga soto mie untuk makan siang hari ini ;D

    ReplyDelete
  5. foto-fotonya kereen, jadi pengen ke mang ece lagi, eh han fauziyah asli dari sukabumikah?salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo ke mang eceeee Sukabumi .... hihi. Iya aku asli sukabumi Salam kenal jugaaaa ;D

      Delete
  6. Barusan dari suka bumi dan baru baca post ini *kemudian nyesel*


    *dan kemudian laper*

    Mie kocok.. aku belum pernah nyoba tauu kayaknya enak banget ituuu.

    Btw itu foto kamu yang miring miring kenapa ya aku ketawa liatnya, pak ecenya juga ikutan miring soalnya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah baru dari Sukabumi??? Yaaaaaaaaaaaaaaa....... sayang sekali ga menikmati semangkuk soto mie mamg ece huhu.
      Ke sukabumi lagi ya hari ini *eh wkwk.

      Iyaaaa enaaaak bangeeeet... wajib coba kalau ke sana ya hihi.

      Hahahahahha iu gaya khasku karena aku kelebihan ukuran ke atas, jadi suka miring gitu kalau foto. Lol.
      Ga sadar pak ecenya ikut miring miring juga. Hahahahahhaa..

      Delete
  7. boleh dah nih kalo mampir ke sukabumi, mampir ke mie kocok mang ece. Btw, mba foodblogger banget. Gambar n videonya keren !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... harus masukin wishlist banget ini.. soalnya recommended hihi.
      Waaah makasih pujiannya. Aku masih belajar kok dari food blogger lain yang lebih kece dan hebat hihi.
      Thank youuuuuuuu ;D

      Delete
  8. Saya suka daun bawang dan bawang putih. Jadi membayangkan kelezatannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah samaaaaa....
      Kalau gitu harus coba yang Soto mie mang ece ini, soalnya rasa bawangnya kerasaaa bangeeeet :D

      Delete
  9. Astaga ini gue langsung nenggak-nenggak ludah padahal ini cuman mie kocok. Aaaaak. Sayang di Sukabumi, jauh dari rumah. Oh mang eceeee. Ooh tidaaak suatu saat kita harus bertemu. Karena kamu lahir tahun 58 dan sekarang umurmu 58 tahun. Apakah ini sebuah pertanda. Hmmmmm. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh kalau udah nenggak-nenggak ludah harus banget nih nyoba... jauh banget ya ke Sukabumi? ya... tapi masih bisa didatengi pake transportasikan ya? kekekekekekekeke
      iya kebetulan banget tahun ini umur Pak Ece 58 kayak tahun kelahirannya :D
      pertanda....... saya ketemu kali ya hahahah sebelumnya ga pernah ketemu sama empunya nya >.<

      Delete
  10. mantap! dilengkapi video segala. Anak muda-anak muda keren euy postnya. Udah nahan mata liat picnya, eh pas baca, gagal. Soto mienya kayaknya yang enak, tapi nggak suka topping gituan. So, pengennya ntar pesen soto mie dengan tampilan layaknya mie kocok.. *ngayal2 dulu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto mienya juga bisa bikin gagal diet hahahahah....
      bisa sih rasa soto mie tampilan mie kocok, tinggal tambah tomat sama kurangin babatnya huhehehehehe >.<
      rasanya bisa seger-guriiih :D *mendadak ikut ngayal juga*

      Delete
  11. addduuuuuhhhh daging sotonya daging babaaaaatttt, ngiler kan jadinyaaaa T.T


    btw itu video nya buat pake filmora ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huheheheh SINIIII,,, nanti kutraktir semangkok soto mie mang ece deeeeehhhhh :D

      Iyes. itu pake filmorago :D

      Delete
  12. Oke, gua mendadak laper di tengah kerjaan menggunung saat mampir liat postingan ini dan wow... jadi mupeng hehe.

    Hebat ya, berdiri sejak tahun 1973, ampe dipajang gitu di bannernya. Jadi, Pak Ece yang lulusan kelas 4 SD mulai jualan mie kocok pada usia 15 tahun! Dan sampe sekarang udah punya kios sendiri, laris, bahkan sampe diturunin ke anaknya pula! Yes, big applause for him. Dan hebatnya, orangtua Pak Ece turut serta menanamkan resep suksesnya lewat wejangan tanggung jawab & cari uang sendiri.

    Pak Ece-nya kelihatan ramah... berarti dia seneng kan lo wawancarain, foto2 dan akhirnya kedainya terpampang manis di blog ini hehe.

    Salut lagi sama Pak Ece, ngga ngebeda-bedain customer, bahkan bule pun dikasih harga sama ama customer lokal, biasanya kan kalo ada bule yang beli, dinaekkin harganya. Bener-bener mengusung kejujuran.

    Wuih, Pak Ece langsung ya yang ngebuatin lo mie kocoknya. Berarti loyalitas lo sebagai pelanggan dari tahun 2007 terbayar manis :D

    Asli, lihat foto mie kocok dan soto mie-nya jadi kepengen juga, dan gua jadi laper pas nulis comment ini haha. Lo memberikan semua hidangannya rating sempurna, dan ada ungkapan "super tera delicious byte", berarti oke banget kayaknya untuk lidah ni :D
    Harganya sama ya untuk dua hidangan di atas, 18rb. Berarti kalo sore aja sering habis, customernya mesti pinter-pinter cari waktu pas untuk mampir ke kedai Pak Ece ya.

    Keren Han review-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehehehe harus makan dulu Bay kalau mau masuk blogku hahahahahaha.

      Nah itu bay! keren gilaaaa kan? Aku terkagum-kagum waktu denger ceritanya beliau, hebat sekali kan perjuangannya hingga saat ini. Didikan orangtuanya bener-bener 'ngena' banget... sampai ngerasa malu sendiri belum bisa kayak gitu >.<

      Heheheh iya Pak Ece emang ramah.. tapi kalau mau wawancara dia jangan pas banyak order, ga akan bisa ngeladenin hahahahha.. akhirnya bisa review ini secara utuh hihi.

      Bener ituuuu!
      aku salut sih beliau bisa kukuh pendirian 'harga sama' pada semua customer, Gils bangeet! kayaknya aku belum tentu bisa gitu ya hahaahahahahahah *ups.
      harus sungkem nih sama Pak Ece.

      I AM LUCKY WOMAN deh pas hari ituuu!
      seneng bangeet pas ternyata ada pemilik kedainya hhihi.

      aku kasih rating sempurna karena emang bisa bikin ketagihan nih hahahah. dan emang rasanya enaaak bangeeeet! Kamu mampir kayaknya bakal doyan juga nih hihihi.
      duh duhh pengen pulang dan icip semangkuk sotomienya lagi >.<
      harganya emang sama untuk semua menu kecuali kalau tambah nasi :p
      harus gesit dan gerak cepat kalau mau ke sini hahaha takut kehabisan!


      MAKASIIIH BAAAAAYYYY!!! *sogok soto mie mang ece*

      Delete

Hi there.. please put your comment on this blog. Tapi tolong untuk tidak mengandung SARA atau berbau pornografi, hacking, obat dan hal-hal buruk lainnya!!! TIDAK BOLEH MENARUH LINK AKTIF!!!!!
And then.. I will appreciate it ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...